5 Pemain Manchester United Pakai Nomor 1 Sebelum David De Gea

Kiper-kiper legendaris hadir dalam daftar!

Dengan kehebatannya, David De Gea terus menjadi bagian penting dari Manchester United dari musim ke musim. Sangat sulit rupanya untuk menggantikan posisi De Gea sebagai kiper utama Setan Merah.

Saat ini David De Gea menggunakan nomor punggung 1 di Manchester United. Pertanyaannya, apakah David De Gea merupakan pemain terbaik jika dibandingkan dengan kiper Manchester United lain pernah menggunakan nomor punggung 1?

Untuk mengetahui hal tersebut, simak ulasan performa lima kiper pendahulu David De Gea pernah memakai nomor punggung 1 di Manchester United berikut ini.

1. Peter Schmeichel

5 Pemain Manchester United Pakai Nomor 1 Sebelum David De GeaPeter Schmeichel (manutd.com)

Dedikasi dan performanya membuat Peter Schmeichel sangat melegenda di kota Manchester. Meski bukan berasal dari tim akademi, Peter Schmeichel tumbuh bersama dengan Class of 92 Manchester United.

Selama 8 musim (1991—1999) membela Manchester United, Peter Schmeichel hampir selalu menggunakan nomor punggung 1. Namun, kejutan datang ketika ia memilih untuk pindah dari Manchester United pasca kemenangan Champions League 1999.

Ia memilih untuk pindah ke Sporting CP kala itu. Namun 4 tahun kemudian, Schmeichel justru kembali ke kota Manchester untuk bergabung dan akhirnya pensiun bersama Manchester City. Kiper asal Denmark ini sukses mencatatkan 173 nirbobol dari 385 laga selama berseragam Manchester United.

2. Mark Bosnich

5 Pemain Manchester United Pakai Nomor 1 Sebelum David De GeaMark Bosnich (manutd.com)

Kepergian Peter Schmeichel bisa dibilang cukup mendadak membuat Manchester United dan Sir Alex Ferguson memutar otak untuk mencari pengganti. Banyak kiper potensial pernah didatangkan untuk menambal posisi yang hilang.

Salah satu pemain yang didatangkan untuk mengganti Schmeichel adalah Mark Bosnich, kiper asal Australia yang bermain 2,5 musim untuk Manchester United. Sejatinya, Bosnich juga pernah berseragam Manchester United pada 1990/1991.

Namun, ia memilih untuk pindah ke Aston Villa guna karier yang lebih baik. Pada musim panas 1999, Bosnich kembali bergabung dengan Manchester United. Akan tetapi, 14 nirbobol dari 35 laga yang ia catatkan tak membuat Bosnich bertahan lama.

Baca Juga: 5 Penjaga Gawang Muda Terbaik Premier League, Siapa Saja?

3. Fabien Barthez

5 Pemain Manchester United Pakai Nomor 1 Sebelum David De GeaFabien Barthez (manutd.com)

Jawaban dari pengganti sepadan Peter Schmeichel setidaknya terjawab pada awal musim 2000/2001 ketika Manchester United mendatangkan Fabien Barthez. Kiper yang membawa Prancis juara Piala Dunia 1998 ini bermain selama 3 musim (2000—2003) di Manchester United.

Penampilannya cukup apik ketimbang beberapa kiper sebelumnya sempat didatangkan. Ia sukses mencatatkan 50 nirbobol dari 139 laga. Namun, Barthez akhirnya memilih untuk pulang ke Marseille pada Januari 2004.

4. Tim Howard

5 Pemain Manchester United Pakai Nomor 1 Sebelum David De GeaTim Howard (premierleague.com)

Tim Howard merupakan sosok pesepak bola Amerika Serikat sangat dikenal ketika berseragam Everton. Sebelum bergabung dengan The Tofees, Howard pernah menjadi kiper nomor 1 di Manchester United, tepatnya pada 2003/2004.

Akan tetapi dua musim setelahnya, Howard justru lebih sering menjadi pemain cadangan. Selama 3 tahun (2003—2006), Howard yang pernah dua musim menggunakan nomor punggung 1 di Manchester United ini sukses mencatatkan 31 nirbobol dari 77 laga.

5. Edwin van der Sar

5 Pemain Manchester United Pakai Nomor 1 Sebelum David De GeaEdwin van der Sar (manutd.com)

Edwin van der Sar bisa disebut sebagai kiper terbaik kedua dalam sejarah Manchester United setelah Peter Schmeichel. Ketika bergabung dengan Manchester United dari Fulham pada 2005, Van der Sar sudah tak lagi muda.

Kendati demikian, Van der Sar tampil luar biasa di usianya yang tergolong veteran. Kiper asal Belanda ini akhirnya pensiun bersama The Red Devils pada akhir musim 2010/2011. Ia sukses menorehkan 263 laga dengan catatan 135 nirbobol untuk Manchester United.

David De Gea merupakan sosok besar dan sangat berpengaruh di Manchester United. Performanya mungkin sudah sejajar dengan Peter Schmeichel ataupun Edwin van der Sar. Namun secara prestasi tim, De Gea belum mendapatkan hal tersebut.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Indonesia 2022, Bisa Tebak? 

Mufqi Fajrurrahman Photo Community Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya