Comscore Tracker

Sejarah Jaka Utama FC, Pernah 'Bertaring' Kancah Nasional

Perkembangan tiap klub sepak bola disorot

Bandar Lampung, IDN Times - Sejarah Jaka Utama FC rupanya menjadi hal yang menarik terutama di Provinsi Lampung. Itu karena besarnya minat masyarakat pada dunia sepak bola.

Bukan hanya permainan dan pertandingan sepak bola saja yang disaksikan oleh banyak orang. Bahkan, sejarah perkembangan klub juga seringkali menjadi pusat perhatian bagi banyak orang sehingga perkembangan tiap klub sepak bola disorot.

Termasuk pula dengan Jaka Utama FC yang pernah sempat hadir dan dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia. Berikut IDN Times rangkum sejarah Jaka Utama FC pernah berkompetisi di sepak bola nasional

Baca Juga: Sejarah Badak Lampung FC, dari Liga 1 Kini Degradasi ke Liga 3

Sejarah terbentuk

Klub berasal dari Lampung ini kiprahnya sempat menjadi perhatian bagi para penggemar olah raga sepak bola yang terus mengikuti perkembangan banyak klub di negara ini. Termasuk pula klub dari lampung bernama Jaka Utama FC.

Jaka Utama FC ini rupanya pernah eksis di dunia sepak bola tepatnya 1979 hingga 1982. Tentu saja kehadiran klub ini di masa silam smpat menorehkan suatu hasil yang cukup membanggakan seperti misalnya kiprahnya yang mencapai ajang Liga Sepak Bola Utama atau Galatama. 

Kiprahnya di masa lalu

Sejarah Jaka Utama FC, Pernah 'Bertaring' Kancah Nasionalpixabay

Jaka Utama FC ini pernah menjadi salah satu tim atau klub peserta ajang Galatama sekalipun mungkin bisa pula dikatakan bahwa kiprahnya tersebut tidaklah gemilang. Dalam perjuangannya di ajang Galatama ini ternyata Jaka Utama FC tidak pernah mendapatkan gelar juara. 

Hal ini mungkin menjadi berita yang sangat disayangkan dan tidak memuaskan terutama bagi kalangan supporter pendukungnya. Sekalipun karier klub ini di Galatama tidaklah cemerlang namun rupanya Jaka Utama FC memiliki nasib baik lainnya terutama pada saat mengikuti PON 1981. 

Saat itu klub dari Lampung ini dipercaya untuk menjadi wakil dari Provinsi Lampung hingga bisa bermain di ajang PON yang digelar pada tahun 1981. Jaka Utama FC dari Lampung sempat mewakili Lampung dalam PON 1981 tepatnya cabang olah raga sepak bola. 

Di ajang inilah Jaka Utama FC berhasil mendapatkan gelar juara tepatnya setelah melaju hingga ke laga final. Di laga final ini diketahui bahwa Jaka Utama FC mampu mengalahkan tim sepak bola dari Provinsi Sumater Utara dengan kemenangan yang diraih melalui babak adu penalti. 

Bubarnya Jaka Utama FC

Sayangnya grup ini tidak dapat terus berlanjut dan harus dibubarkan. Di tahun 1982 rupanya Jaka Utama FC ini bubar karena adanya masalah finansial dialaminya dan membuatnya bubar.

Masalah finansial yang dihadapi klub ini kemudian membuatnya harus dijual ke Bogor lalu berganti nama menjadi Yanita Utama. Pergantian nama ini sudah tentu tetap diikuti dengan kiprahnya yang berlaga di berbagai pertandingan sehingga nama Yanita Utama juga dikenal oleh masyarakat khususnya apra penggemar sepak bola Indonesia. 

Bubarnya Jaka Utama yang kemudian berganti menjadi Yanita Utama ini mungkin cukup mematahkan hati para penggemar klub ini hingga sangat disayangkan. 

Sejarah Jaka Utama FC yang turut diwarnai dengan banyaknya kisah seru di dalamnya tentu menjadi nilai bersejarah tersendiri. Sekalipun dalam kisahnya diketahui bahwa Jaka Utama tidak pernah menjadi juara di Galatama namun rupanya namanya jaya setelah menjuarai PON 1981. 

Jaka Utama pernah menjadi harapan dan idola masyarakat Lampung dalam dunia sepak bola tentunya bisa memberikan suatu hal tersendiri bagi klub sepak bola masa kini.  Perjuangan yang dilaluinya hingga bubar bukanlah merupakan suatu hal yang mudah. Namun semangat klub ini sudah selayaknya tetap diteruskan terutama oleh berbagai klub sepak bola masa kini.

Baca Juga: Sejarah Klub Sepak Bola Lampung Ikut Kompetisi Nasional, Tak Cuma BLFC

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya