7 Outside Hitter Turki Bersaing Ketat demi Dipilih Pelatih Voli

Demi jatah main di Olimpiade Paris 2024!

Pola permainan timnas voli putri Turki telah dirombak oleh pelatih bertangan dingin asal Italia, Daniele Santarelli. Strategi Santarelli menempatkan Ebrar Karakurt mengisi posisi outside hitter dan Melisa Vargas berposisi opposite, terbukti berhasil membuat Filenin Sultanlari, julukan timnas wanita kebanggaan Turki melenggang di ranking 1 klasemen dunia. 

Kesuksesan timnas Turki membawa pulang medali emas pertama di VNL 2023 dan Eurovolley tentu karena konsistensi para pemainnya yang seakan telah mengunci nama mereka di the starting six laga-laga penting. 

Sang kapten Eda Erdhem dan Zehra Gunes seakan paten mengisi middle blocker. Setter utama, ada Cansu Ozbay setelah Naz Aydemir Akyol memutuskan pensiun dari timnas. Di posisi Opposite jelas telah dikunci oleh Melisa Vargas.

Libero Fenerbahce, Gizem Orge menjadi anak emas bagi Danielle Santarelli. Terakhir, posisi Outside hitter telah ada nama Ebrar Karakurt. Nah, tinggal satu lagi nih posisi outside hitter yang berdampingan bersama Ebrar seakan menjadi rebutan.

Ini dia 7 kandidat outside hitter yang harus bersaing menjadi pilihan pelatih Danielle Santarelli melengkapi the starting six timnas turki di VNL 2024 dan Olimpiade Paris 2024!

1. Hande Baladin

Spiker Eczacibasi berusia 26 tahun ini telah dipercayakan Santarelli tampil duet bersama Ebrar Karakurt sebagai outside hitter utama di final Eurovolley 2023. Namun belum hilang dari ingatan penggemar voli, Hande tidak bermain konsisten di VNL 2023 yang mengakibatkan dirinya banyak digantikan oleh Ilkin Aydin dan Derya Cebecioglu.

Hal ini membuat Hande harus memperjuangkan posisinya yang seakan goyah di starting six timnas Turki.

2. Meliha Diken

Nama Meliha sempat pudar usai cedera 2 tahun silam. Namun di musim yang sedang berlangsung, atlet yang dulu bernama Meliha Ismailoglu ini terlihat kembali bermain agresif di klub Fenerbahce.

Sepertinya Meliha memanfaatkan momentum Ana Cristina yang sedang cedera, sehingga ia mendapat lebih banyak jatah pertandingan. Sebagai outside hitter yang cukup senior di timnas Turki, Meliha tentu turut dilirik sebagai opsi spiker di ajang internasional tahun depan.

Baca Juga: 6 Spiker Ngetop Dipastikan Tidak Tampil di Olimpiade Paris 2024

3. Saliha Sahin

Kakak kandung Elif Sahin ini, sempat menjadi pilihan utama di era Giovanni Guidetti. Namun, nampaknya Saliha belum meyakinkan Santarelli, terbukti Saliha tidak dipanggil bermain di Eurovolley 2023.

Saliha telah meninggalkan klub Eczacibasi dan menimba pengalaman baru di liga Polandia bersama klub Grupa Azoty Chemik Police. Deni tampil di olimpiade pertamanya, Saliha harus bersaing ketat dengan mantan rekannya Hande Baladin.

4. Tugba Senoglu Ivegin

Sering menjadi pemain kunci ketika masih di Vakifbank, kini Tugba Senoglu telah menjadi andalan klub Kuzeyboru. Sebelum mantap di Kuzeyboru, Tugba juga sempat bermain 1 musim di liga jepang.

Kemampuan serangan dan defense Tugba tidak diragukan lagi, namun ketika mesti rehat pasca operasi jari yang cedera. Tugba sempat kehilangan beberapa pertandingan penting timnas Turki.

Walaupun begitu, sepertinya Tugba kini siap bersaing membuktikan skill demi mengulang pengalaman bertanding di olimpiade setelah Tugba pernah gagal membela Turki masuk semifinal Olympic Tokyo 2020.

5. Yaprak Erkek

Namanya mungkin terdengar masih asing. Namun Yaprak Erkek adalah atlet Turki yang namanya berhak menjadi pertimbangan Santarelli untuk dibawa ke Paris tahun depan!

Yaprak Erkek mengokohkan namanya sebagai pemain Filenin Sultanlari sejak tahun ini. Walaupun ia belum dipercayakan tampil di VNL maupun Eurovolley yang lalu, Yaprak adalah serve specialist andalan Eczacibasi.

Semoga konsistensi Yaprak di pertandingan bersama Eczacibasi dilirik oleh Santarelli dan berpeluang menjadi outside hitter andalan Turki.

6. Ilkin Aydin

Ilkin tentu adalah kandidat kuat yang siap melengser nama Hande Baladin, Meliha Diken dan Tugba Senoglu demi menjadi outside hitter utama negaranya.

Sepak terjang Ilkin di VNL 2023 di bawah asuhan Santarelli melesat tajam. Tak seperti era Guidetti dimana pemain yang masih berusia 23 tahun ini jarang mendapat kesempatan.

Di karir klub, Ilkin adalah Spiker berbakat Galatasaray sejak 2017 silam.

7. Derya Cebecioglu

Setali tiga uang dengan Ilkin Aydin, diasuh oleh Daniele Santarelli, Derya yang masih pemain muda mampu mendapat kesempatan menunjukkan serangan-serangan yang thunderous.

Di pertandingan pamungkas Final VNL 2023 Turki melawan China, Deryalah yang dipilih Santarelli melengkapi starting six alias pemain utama hingga Turki meraih medali emas pertama dalam sejarah voli dunia.

Mantan Outside hitter klub raksasa Vakifbank  yang kini membela klub jepang Kurobe Aqua Fairies ini, menambah deretan daftar pemain yang membuat Santarelli punya stok spiker level di atas rata-rata!

Menurut kamu, kira-kira sang maestro Daniele Santarelli menjatuhkan hatinya pada siapa? 

Baca Juga: Akuatik Indonesia Lampung Dorong Realisasi Kolam Renang Prestasi Atlet

Sarah Michelle Vanesa Kalangi Photo Community Writer Sarah Michelle Vanesa Kalangi

nulis nulis aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya