Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksi

MotoGP bukan hanya tentang Rossi dan Marquez

Dari awal mula balapan di awal 1890-an, hingga asal usul MotoGP di tahun 1949. Dari era GP 500cc, hingga era MotoGP. Dari Mike Hailwood sampai Barry Sheene. Dari Valentino Rossi hingga Marc Marquez. Semua ada bukunya.

Dirangkum dan dipilih dari BookAuthority, BikerRated, Visordown, dan MotorsportMagazine, inilah daftar buku tentang MotoGP yang mengulasnya secara dalam. Mulai dari sejarah balap, sejarah MotoGP, sampai dengan biografi-biografi para legendanya.

Ini dia 22 buku tentang MotoGP wajib kamu tahu dan baca.

1. Never Say Never: The Inside Story of the Motorcycle World Championships

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksibookauthority.com

Penulis: Nick Harris2019

Buku yang merangkum sejarah MotoGP dari awal kelahirannya di tahun 1949. Saat itu, MotoGP berawal dari balapan road race paling ternama di dunia, Isle of Man TT. Buku ini juga membahas tentang pembalap-pembalap terbaik pada masanya: dari Geoff Duke yang menang dengan Norton buatan Inggris, Mike Hailwood dengan Honda 250-cc, Kenny Roberts, hingga era Valentino Rossi.

Tak hanya pembalap, drama-drama di balik layar pun dijelaskan: tentang mekanik, sampai pabrikan sebagai pemodal. Dari buku ini bisa diketahui bahwa drama di luar lintasan terkadang sama menegangkannya dengan saat balapan.

2. Suzuki RG 500: The Racing Myth 1974-1980

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksibookauthority.com

Penulis: Massimo Cuffiani2018

Ini adalah buku monografi paling lengkap tentang balapan MotoGP pada era 1974 sampai tahun 1980. Buku ini terdiri dari 262 halaman, 165 foto berwarna dan 46 foto hitam putih.

Kisahnya dimulai dari Barry Sheene yang memenangkan Juara Dunia ganda. Setiap tahunnya, setiap sesi MotoGP diilustrasikan secara detail lewat foto-foto asli Suzuki RG 500, RGA 500, dan RGB 500 yang sedang beraksi.

3. Speed: The One Genuinely Modern Pleasure

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksicyclenews.com

Penulis: Mat Oxley2018

Buku yang menelusuri awal kelahiran balap motor pada tahun 1890-an hingga awal Perang Dunia Kedua.

Banyak orang berpendapat, balapan era 1960-an dan 1970-an adalah era balapan yang liar, berbahaya dan minim piranti keselamatan. Tapi menurut penulis buku ini, bahayanya tidak sebanding dengan kegilaan balapan di tahun 1920-an.

Saat itu banyak sekali kisah bikin bengong. Salah satunya kisah perlombaan yang mematikan untuk mengadu rekor kecepatan di darat, antara Brough Superior dari Inggris, BMW yang didukung oleh Nazi, dan Gilera yang didukung oleh Musolini.

4. Feel: My Story

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksigasgriffsalat.com

Penulis: Freddie Spencer2017

Feel: My Story adalah buku berkisah tentang bagaimana seorang anak kota kecil dari Louisiana menjadi salah satu pembalap motor terhebat di awal 1980-an. Selain itu, dia satu-satunya pembalap yang memenangkan kejuaraan GP 500cc dan GP 250cc di tahun yang sama. Dia adalah Freddie Spencer.

Lewat buku ini, Freddie Spencer bercerita tentang kisah pasang surut dan perjuangannya untuk menjadi salah satu pembalap terhebat sepanjang masa.

Baca Juga: Segera Luncurkan Buku, Mapel Antikorupsi Jadi Mulok SD dan SMP

5. MotoGP The Illustrated History

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksibookauthority.com

Penulis: Michael Scott2017

Buku menyajikan gambar-gambar mengesankan. Foto-foto legenda balap seperti Valentino Rossi, Barry Sheene, Casey Stoner, dan John Surtees ditampilkan secara gemilang dalam buku sejarah bergambar yang unik ini.

Buku ini mengemas lebih dari 150 foto MotoGP sejak dimulainya tahun 1949. Menariknya, terdapat pula wawancara dengan Marc Marquez dan pembalap besar lainnya tentang bagaimana rasanya balapan dengan motor tercepat di dunia.

6. Casey Stoner, Pushing the Limits

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksibikerrated.com

Penulis: Casey Stoner2014

Buku biografi yang bercerita tentang kisah menarik dari juara dunia dua kali MotoGP. Dalam kariernya yang singkat, Casey Stoner mampu mencapai lebih banyak daripada yang dapat dilakukan banyak pembalap lain seumur hidupnya.

Casey Stoner berkisah tentang hidupnya, dari balita yang gila motor di Queensland, Australia, sampai mengejar mimpinya menjadi juara dunia. Ia pun berbicara tentang pandangannya terhadap dunia balap hingga alasannya pensiun muda pada usia 27 tahun.

7. Motorcycle GP Racing in the 1960s

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksicover buku Motorcycle GP Racing in the 1960s (bookauthority.com)

Penulis: Chris Pereira2014

Dekade 1960-an adalah era unik dalam sejarah MotoGP. Era ini menandai periode terakhir balapan jalanan “tradisional”.  Pada dekade ini pula, awal kebangkitan pabrik-pabrik Jepang yang pada akhirnya akan mendominasi olahraga roda dua paling bergengsi ini.

Buku ini membahas secara penuh MotoGP di tahun1960-an, dari mulai pembalap, motornya, hingga jalannya balapan. Semua yang perlu diketahui tentang MotoGP pada era tersebut, dikupas tuntas dalam buku karya Chris Pereira ini.

8. Marc Marquez: Dreams Come True: My Story

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksibikerrated.com

Penulis: Marc Marquez2014

Marc Marquez pernah mengguncang dunia balap. Ia meraih prestasi luar biasa menjadi juara dunia termuda pada musim pertamanya di MotoGP. Saat itu, Marc Marquez baru berusia 20 tahun.

Ini adalah autobiografi resmi pertama Marc Marquez yang mendokumentasikan perjuangannya, dari seorang anak yang terobsesi dengan sepeda motor hingga menjadi juara dunia MotoGP yang bersejarah.

9. The Valentino Rossi Files: Everything I've Ever Written about VR

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksibikerrated.com

Penulis: Mat Oxley2014

Mantan pemenang Isle of Man TT dan juga jurnalis MotoGP, Mat Oxley, telah menaruh perhatian pada Valentino Rossi sejak debutnya di MotoGP pada tahun 1996.

Buku ini adalah kumpulan artikel, cerita dan pengamatannya tentang Valentino Rossi dan MotoGP. Terbagi dalam dua bagian, buku pertama berisi kumpulan tulisan tentang Rossi dari tahun 1996 hingga 2007. Buku keduanya, berisi tulisan pilihan tentang Rossi pada periode hingga 2014.

Baca Juga: Mengulas Buku Demokrasi di Indonesia: Dari Stagnasi ke Regresi?

10. Barry Sheene 1950-2003: The Biography

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksibikerrated.com

Penulis: Stuart Baker2011

Banyak buku tentang Barry Sheene, salah satunya adalah buku ini. Ia seorang juara dunia dengan karakter unik tanpa rasa takut dan bergaya hidup playboy. Ia salah satu pembalap terbaik dan ikonik yang pernah ada.

Buku ini mendokumentasikan kisah hidupnya. Berawal dari kesederhanaan, lalu melalui hari-hari sebagai mekanik, hingga akhirnya menjadi pembalap tim dengan gelar juara dunia. Di bagian akhir adalah kisah perjuangannya melawan kanker.

11. The Art of the Racing Motorcycle

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksimotorsportmagazine.com

Penulis: Philip Tooth2010

Judul panjangnya, The Art of the Racing Motorcycle: 100 Years of Designing for Speed. Buku ini menelusuri perkembangan sepeda motor sport. Dari sepeda motor Prancis paling awal, dominasi mesin Inggris pada era 1930-an, sepeda motor Italia yang eksotis pada 1950-an dan 1960-an, pengaruh balap Amerika pada 1970-an dan 1980-an, hingga era dominasi motor-motor Jepang sampai saat ini.

Lebih dari lima puluh sepeda motor klasik disajikan secara kronologis dengan ilustrasi foto-foto yang menakjubkan.

12. Ring of Fire: The Inside Story of Valentino Rossi and MotoGP

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksibikerrated.com

Penulis: Rick Broadbent2010

Para penggemar MotoGP di dekade 2000-an pasti akan senang dengan buku ini. Ring of Fire mencakup sejarah MotoGP dari mulai kemenangan Nicky Hayden terhadap Valentino Rossi, hingga munculnya pembalap muda Casey Stoner, dan persaingan sengit antara Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo.

13. Jorge Lorenzo My Story So Far

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksigoodreads.com

Penulis: Ernest Riveras Tobia2009

Karir Jorge Lorenzo termasuk gemilang di MotoGP. Sebagai orang yang pernah menjadi rekan setim Valentino Rossi, Lorenzo memiliki kehidupan yang pernuh warna di paddock MotoGP.

Buku ini menceritakan Jorge Lorenzo dan kisahnya tentang konflik, ketegangan, dan naik turunnya emosi saat menjadi pembalap di kelas papan atas MotoGP.

14. The Grand Prix Motorcycle: The Official Technical History

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksibookauthority.com

Penulis: Kevin Cameron2009

Buku ini ditulis oleh pakar yang ahli di bidangnya. Membahas secara detail teknis balapan MotoGP sejak awal Kejuaraan Dunia Grand Prix pada tahun 1949 hingga akhir musim MotoGP tahun 2008.

Baca Juga: Dosen Itera Harits Setyawan Terbitkan 14 Buku Setahun Terima Penghargaan

15. Stealing Speed: The Biggest Spy Scandal in Motorsport History

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksipetrolicious.com

Penulis: Mat Oxley2009

Kisah tentang intelijen dan mata-mata tidak hanya terjadi dalam dunia politik dan militer. Buku ini membahas tentang skandal-skandal besar dalam dunia balap.

Salah satunya adalah kisah nyata tentang pencurian rahasia mesin dari ilmuwan roket Nazi. Pembalap Jerman Ernst Degner membelok ke pihak Blok Barat dan menjual rahasia tersebut pada Suzuki. Ini adalah salah satu skandal spionase terbesar dalam sejarah MotoGP.

16. The Fast Stuff: Twenty Years of Top Bike Racing Tales from the World's Maddest Motorsport

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksibikerrated.com

Penulis: Mat Oxley2008

Buku yang ditulis oleh seorang jurnalis balap sekaligus mantan juara balap Isle of Man TT. Buku ini mendokumentasikan dua puluh kisah balap motorsport yang paling gila. Perspektif dari penulisnya, yang merupakan mantan pembalap, memberikan pandangan unik tentang dunia motorsport roda dua.

17. MotoGP Technology

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksimotorsportmagazine.com

Penulis: Neil Spalding2010

Buku yang dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang aspek teknis dari balap motor. Buku ini menawarkan analisis rinci tentang teknologi mutakhir yang digunakan di kelas motor paling bergengsi. Pada edisi keduanya, buku ini memasukkan perkembangan tiga tahun pertama dari teknologi mesin balap 800cc MotoGP, yang baru diperkenalkan pada tahun 2007.

18. Valentino Rossi Autobiography: What If I Had Never Tried It

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksibikerrated.com

Penulis: Valentino Rossi2006

Ini adalah buku wajib para penggemar MotoGP, khususnya fans dari Valentino Rossi.

Buku autobiografi ini berkisah tentang bagaimana Rossi tumbuh di jalan-jalan Tavullia, Italia, dan perjuangannya menjadi seorang legenda. Buku ini adalah sumber terbaik untuk mengetahui seluk beluk hidup dari Valentino Rossi.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Buku ala Maudy Ayunda Wajib Kamu Baca

19. Daijiro Kato The Official Tribute Book

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksigoodreads.com

Penulis: Yoko Togashi, Hiromi Sato2006

Daijiro Kato, pembalap rising star asal Jepang yang menjadi Juara Dunia kelas 250cc. Secara mengejutkan ia tewas dalam kecelakaan setelah menabrak tembok pembatas sirkuit dengan kecepatan 200 km/jam. Kejadian ini terjadi saat ia berlaga di kelas MotoGP seri Suzuka, Jepang.

Buku ini adalah bentuk penghormatan baginya. Berisi kumpulan kenangan dari orang-orang terdekat, keluarga, teman, dan rivalnya. Buku ini pun mengisahkan tentang perjalanan Kato tumbuh berkembang menjadi pembalap harapan Jepang untuk menjadi Juara Dunia MotoGP.

20. Fifteen Times

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksipicclickimg.com

Penulis: Giacomo Agostini, Luca Delli Carri2004

Buku yang tidak seperti buku autobiografi kebanyakan. Narasinya seperti novel dengan cerita tentang seorang penulis fiktif yang menulis tentang legenda MotoGP. Buku yang termasuk langka ini menyajikan kisah alternatif tentang kehidupan Giacomo Agostini, peraih Juara Dunia lima belas kali.

21. Mike Hailwood: A Motorcycle Racing Legend

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksibookauthority.com

Penulis: Mick Woollett, Giacomo Agostini2000

Mike Hailwood adalah salah satu pembalap terhebat dalam sejarah balap motor. Pada usia 18 tahun ia sudah menjadi juara Inggris dalam empat kelas. Pada usia 21 tahun, ia memenangkan kejuaraan dunia pertamanya. Ia kemudian memenangkan delapan gelar dunia lagi di kelas 250 cc, 350cc, dan 500cc.

Meskipun Hailwood sempat membalap di Formula 1, buku ini hanya berfokus pada karir balap motornya.

22. Wayne Rainey, His Own Story

Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksimotorsportmagazine.com

Penulis: Michael Scott1997

Buku biografi ini berkisah tentang Wayne Rainey, legenda yang menjuarai tiga kali Grand Prix 500cc. Kisahnya dimulai ketika ia bangkit di kancah balap flat-track di California. Lalu kepindahannya ke Eropa untuk menjadi salah satu pembalap terbaik di dunia.

Buku ini juga mengisahkan tentang kelumpuhan yang dideritanya pada tahun 1993, serta perjuangannya menyesuaikan diri dengan kehidupan barunya tersebut.

Itulah 22 buku tentang MotoGP yang layak koleksi atau kamu baca. Ada kah buku yang sudah kamu baca? Atau, ada buku tentang MotoGP lain yang sudah kamu tahu? Tambahkan di kolom komentar ya.

Baca Juga: Rekomendasi Buku Bacaan Bakal Merubah Hidup Kamu, Dibaca Jutaan Orang!

Ryan Budiman Photo Community Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya