Comscore Tracker

Mantap! Way Kanan Didaulat Tuan Rumah Kejurnas Arum Jeram 2021

Digelar di Sungai Way Besai 5-10 Desember

Way Kanan, IDN Times - Kabupaten Way Kanan terpilih menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional arum jeram 2021. Ajang itu digelar 5- 10 Desember mendatang Di jalur Sungai Way Besai berada di Kampung Bonglai, Kecamatan Banjit.

Hal tersebut sampaikan Ketua Federasi Arum Jeram Kabupaten Way Kanan Edwin Hendri, Selasa (16/11/2021). Ia mengatakan, kabupaten setempat terpilih sebagai lokasi kejurnas merujuk koordinasi dan kelayakan lokasi.

Edwin mengatakan, sangat bersyukur ditunjuknya Kabupaten Way Kanan menjadi tuan rumah kejurnas arum jeram. Pasalnya, selama pandemik COVID-19 kegiatan kejurnas ini vakum. Kejurnas terakhir digelar di Provinsi Jambi 2019 lalu.

Baca Juga: Profil Raden Adipati Surya, Bupati Way Kanan Ingin Bangkitkan UMKM

1. Momentum atlet Way Kanan unjuk gigi

Mantap! Way Kanan Didaulat Tuan Rumah Kejurnas Arum Jeram 2021Kabupaten Way Kanan terpilih menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional arum jeram 2021. (IDN Times/istimewa).

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Porapar) Way Kanan, Taufik Hidayatno, mengatakan, kejurnas arum jeram akan diikuti atlet nasional dari tiap provinsi. Para atlet akan memberikan penampilan terbaik demi mengharumkan nama provinsi masing-masing.

“Ini juga merupakan kesempatan yang luar biasa untuk atlet – atlet arum jeram Way Kanan untuk menunjukan kemampuan untuk berprestasi di tingkat kejuaraan nasional,” imbuhnya,

Taufik menjelaskan, Kemenpora dan Kemenparekraf juga telah menandatangani nota kesepahaman terkait pengembangan industri pariwisata olahraga September 2020 lalu. Kedua kementerian itu saling berkolaborasi untuk mewujudkan event olahraga di destinasi wisata yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia.

2. Atlet rencana home stay di rumah warga

Mantap! Way Kanan Didaulat Tuan Rumah Kejurnas Arum Jeram 2021Ilsutrasi backpacker. Pexels.com/Andy Vu

Taufik mengatakan, kejurnas arum jeram dapat berdampak positif terhadap perkembangan pariwisata di Kabupaten Way Kanan. Selain sebagai ajang promosi tempat – tempat wisata lainnya di wilayah setempat, juga dinilai positif untuk ekonomi warga sekitar.

“Karena para kontingen akan bermalam di home stay di rumah sudah disiapkan warga. Ini  juga sekaligus jadi momentum menunjukkan kepada atlet dari daerah lain tentang keramahan dan budaya masyarakat Way Kanan,” ujarnya

3. Wisata air unggulan

Mantap! Way Kanan Didaulat Tuan Rumah Kejurnas Arum Jeram 2021wisata arum jeram di Desa Carangsari (instagram.com/desawisatacarangsari)

Wisata air salah satu unggulan pariwisata di Kabupaten Way Kanan.  Arung jeram biasa dilakukan di sungai-sungai Way Kanan menggunakan ban karet atau perahu boat.

Objek wisata ada fasilitas tersebut di seputaran Sungai Banjar Sari atau juga di Kampung Wisata Gedung Batin. Dilokasi ini sudah ada pengelolaan untuk wisata air ini, termasuk penyewaan ban atau juga boat.

Arung jeram dimulai dari pos hulu yang ada Gedung Batin kemudian finis aliran sungai Gedung Batin dibawah jembatan gantung Gedung Batin.

Baca Juga: Kisah Tiga Mahasiswi Darmajaya Mengajar di Kampung Way Kanan

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya