Mantap! Siwo PWI Lampung Juara Umum Pra Porwanas di Jogja

Ungguli tim kuat asal Pulau Jawa

Bandar Lampung, IDN Times - Kontingen Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) Lampung berhasil menjadi juara umum Pra Porwanas. Ajang bertema “Latihan Bersama Silaturahmi Nasional” itu berlangsung di Kota Jogjakarta 11-13 November 2021.

Lampung berhasil menjadi juara di 5 cabang olahraga setara dengan medali emas. Selain itu tercatat, 6 runner-up setara medali perak dan 6 juara 3 setara perunggu.

Peringkat kedua ajang ini diduduki tuan rumah Daerah Istimewa Yogyakarta. Tim ini memeroleh 4 emas. Peringkat ketiga Jawa Timur dengan 3 emas, lalu Jawa Tengah 2 medali emas. Sementara peserta lainnya Riau dan Banten.    

Lampung mengikuti delapan cabang olahraga di Pra Porwanas kali ini yakni atletik, biliar, bridge, bulu tangkis, catur, futsal, tenis meja dan tenis lapangan. Pra Porwanas ini diikuti 7 provinsi yakni, Jogjakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, DKI Jakarta, Riau dan Lampung.

Baca Juga: Lampung Selatan Didaulat Tuan Rumah Liga 3 Indonesia Zona Lampung

1. Rincian cabor dimenangi kontingen Lampung

Mantap! Siwo PWI Lampung Juara Umum Pra Porwanas di JogjaPixabay/3dman_eu

Lima cabang olahraga dimenangi kontingen SIWO PWI Lampung adalah atletik nomor 5.000 meter atas nama Suparman; biliar nomor Bola 9 Berpasangan atas nama Adi Kurniawan dan Jani Wirsah. Selain itu, Bridge pasangan Ch. Muhlis/Ardy Puronomo, futsal dan tenis lapangan beregu.

Sementara torehan juara kedua atau posisi runner up setara medali perak diraih cabor tenis meja ganda Heri Kodri dan Darul Kuteni; biliar ganda Bola 8, Syahroni Yusuf dan Furkon Ari, Biliar ganda Bola 9 atas nama Gandhi Yusnadi dan Lutfansyah.

Ada juga dari bulutangkis pasangan atas nama Sabda Ilian dan Fiter, serta dari Bridge pasangan Alfi Darwin dan Timbul Febriansyah.

Sedangkan yang berhasil meraih posisi 3 (perunggu), atletik nomor 3.000 Imron; atletik nomor 5.000 atas nama Randy; Catur atas nama Agung DW; tenis Meja atas nama Heri Kodri; dan biliar tunggal 9 bola atas nama Adi Kurniawan.

2. Berharap prestasi berlanjut ajang Porwanas tahun depan

Mantap! Siwo PWI Lampung Juara Umum Pra Porwanas di Jogjabukalapak.com

Terkait posisi i juara umum ini, ketua PWI Provinsi Lampung, Supriyadi Alfian berharap prestasi berlanjut hingga Porwanas di Malang Jawa Timur tahun depan.

“Ini try-out yang sesungguhnya, dimana di Jogja ini bertemu beberapa tim kuat di setia Porwanas, jadi saya berharap teman-teman atlet SIWO terus berlatih sepulang dari Jogja secara rutin. Kita sudah vakum lebih dari setahun. Dan kali ini merupakan pembuktian apakah kekuatan kita masih seperti yang diharapkan. Dengan meraih posisi tertinggi dari 6 provinsi yang kuat, saya optimis Lampung masih mampu bertahan di lima besar, bahkan bisa naik peringkat,” katanya optimis.

Supriyadi menambahkan, kepada seluruh cabor Porwanas memulai pelatda sepulang dari Jogja. “Saya berharap seluruh cabang olahraga segera melakukan pelatda secara khusus mulai Desember 2021. Porwanas diperkirakan pertengahan tahun depan, jadi waktunya sudah sangat mepet,” tambahnya.

3. Evaluasi dan tambal kekurangan

Mantap! Siwo PWI Lampung Juara Umum Pra Porwanas di Jogjasamahitawirotama.com

Supriyadi menilai, Porwanas sebuah even penting empat tahunan, selain sebagai ajang silaturahmi, juga mengukur bahwa wartawan masih bisa berprestasi dengan caranya sendiri.

“Wartawan memang tidak semata-mata ingin meraih prestasi olahraga di Porwanas, namun even ini menjadi sangat penting, karena menjadi perekat SIWO PWI seluruh Indonesia. Kita memang punya keingin berprestasi dengan cara sendiri, namun tetap bermartabat,” ujar owner Harian Momentum itu, Minggu (13/11/2021).

Ketua SIWO PWI Lampung, Edi Purwanto mengapresiasi prestasi yang sangat mentereng ini dari para atlet SIWO Lampung. “Terima kasih teman-teman berjuang sekuat tenaga, serius dan sangat berdedikasi. Semua prestasi untuk Lampung, dan ke depan harus terus dipertahankan untuk di Porwanas Malang. Ini ujicoba yang mendekati Porwanas. Harus ada evaluasi setelah ini dan menambal segala kekurangan yang ada,” katanya.

Baca Juga: Badak Lampung Kalah 2-3 dari PSKC Cimahi, Pelatih: Saya Malu! 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya