Fellix Ruzain, Atlet Sepatu Roda Lampung Raih Emas Kualifikasi PON

Padahal menekuni olahraga sepatu roda belum setahun!

Bandar Lampung, IDN Times – Menekuni hobi apabila tekun dijalani dapat menorehkan prestasi gemilang. Apalagi prestasi direngkuh bakal kian berkesan apabila hobi yang ditekuni baru atau hitungan bulan saja.

Hal itu dialami remaja usia 13 tahun Bandar Lampung bernama Fellix Fathul Ruzain. Ia hobi olahraga sepatu roda. Hobi itu baru ia tekuni Agustus 2022 lalu berawal dari ikut ekstrakulikuler di Sekolah Baitul Jannah.

Guna mengasah bakat, ia juga bergabung di Club Wheeling Academy November 2022. Berbekal latihan tekun, Fellix pun mengikuti sejumlah lomba sepatu roda dan meraih prestasi mumpuni.

Teranyar, ia merengkuh medali emas babak kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) diselenggarakan di Yogyakarta, akhir Agustus 2023. Ia meraih juara 1 freestyle slide putra zona 2

Kepada IDN Times, Fellix berbagi cerita seputar hobi disukainya itu dan prestasi diraih.

Baca Juga: Kisah Granata, Anak Pedagang Lampung Diterima 9 Kampus Top Luar Negeri

1. Menang BK PON bakal wakili Lampung PON 2024

Fellix Ruzain, Atlet Sepatu Roda Lampung Raih Emas Kualifikasi PONFellix Fathul Ruzain (13) atlet sepatu roda berbakat Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Fellix mengatakan, saat lomba BK PON menjalani beberapa babak yakni kualifikasi, semi final dan final. Pada tiap babak, siswa Bilal bin Rabah SMP IT Baitul Jannah itu menampilkan lima trik.

“Saya tampilkan sejumlah trik andalan seperti cross parallel 8 wheels, savannah 8 wheels, dan cross acid heel toe,” jelas remaja kelahiran Bandar Lampung 2 Maret 2010 ini, Minggu (10/9/2023).

Kebahagiaan Fellix kian membucah meraih emas BK PON. Pasalnya, ia akan mewakili Lampung pada ajang PON 2024 digelar di Aceh dan Sumatra Utara September tahun depan.

“Saya atlet paling muda dari Lampung yang dapat emas karena yang lain sudah kuliah. Bahkan yang dapat perak di kategori Fellix ikuti ini umur 29 tahun,” paparnya.

2. Persiapan bakal kian intens hadapi PON

Fellix Ruzain, Atlet Sepatu Roda Lampung Raih Emas Kualifikasi PONFellix Fathul Ruzain (13) atlet sepatu roda berbakat Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Coach sepatu roda Meidi mengatakan, cabang freestyle sepatu roda baru pertama kali ada di ajang pra PON. "PON 2024 adalah perdana mengadakan sepatu roda freetyle, sebelumnya hanya ada kategori speed," kata dia.

Menurut dia, persiapan Fellix akan semakin intens agar dapat memberikan penampilan terbaik saat PON mendatang. "Pada BK PON kemarin, emas zona 1 diraih Yogyakarta. Fellix akan dilatih dengan metode yang lebih intensif dengan tambahan durasi untuk memperbanyak trik dan memperindah gerakan," kata dia.

Meidi menambahkan, selain latihan, Fellix juga harus menjaga performa dengan istirahat cukup dan asupan dengan gizi seimbang. Salah satunya makanan berprotein yang bisa menambah massa otot.

"Semoga Fellix dan atlet sepatu roda lainnya bisa mengharumkan nama Lampung di PON 2024," ujarnya.

3. Hampir tiap hari latihan 8 jam

Fellix Ruzain, Atlet Sepatu Roda Lampung Raih Emas Kualifikasi PONFellix Fathul Ruzain (13) atlet sepatu roda berbakat Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Terkait tips dilakukannya hingga meraih prestasi olahraga sepatu roda Fellix mengatakan, latihan hampir setiap hari selama delapan jam. Setiap latihan diawali sejumlah pemanasan antara lain jogging, push up, sit up dan jumping jack.

Saat akan mengikuti lomba pun, persiapan dilakukan lebih intens. Misalnya, latihan fisik, pematangan trik slide, strategi slide dan persiapan mental dan alat sepatu roda seperti sepatu, protector, roda, frame dan lain-lain.

“Tantangan belajar trik sepatu roda tingkat kesulitan dan keseimbangan. Kalau saya pribadi suka trik slides cross ufo trick,” jelas Fellix.

4. Nonton YouTube pelajari trik atlet dalam dan luar negeri

Fellix Ruzain, Atlet Sepatu Roda Lampung Raih Emas Kualifikasi PONFellix Fathul Ruzain (13) atlet sepatu roda berbakat Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Fellix menyatakan, kini terus mematangkan trik-trik terbaiknya dalam latihan bersama klub maupun KONI Pemprov Lampung. "Dengan latihan dan persiapan yang intensif saya optimistis bisa meraih emas PON 2024. Mohon doa dari semua," ujarnya.

Ia juga kerap menonton konten YouTube seputar atlet sepatu roda dalam dan luar negeri. Tujuannya, menambah referensi trik sepatu roda.

Saya suka sepatu roda karena suka kegiatan fisik dan ini positif.  Harapan Fellix ke depan menekuni olahraga ini bisa berprestasi, mendapatkan medali emas di PON 2024 dan bisa mengikuti perlombaan di luar Indonesia,” jelasnya.

Veni Octaviani, orang tua Fellix berharap, kegiatan sepatu roda dijalani Fellix menjadi kegiatan positif. “Dan menghasilkan prestasi bisa mengharumkan nama Fellix, sekolah, Lampung dan Indonesia,” jelasnya.

Biodata: 

Nama: Fellix Fathul Ruzain

Tempat Tanggal Lahir: Bandar Lampung, 2 Maret 2010

Pendidikan: Bilal bin Rabah SMP IT Baittul Jannah Bandar Lampung

Hobi: sepatu roda

Prestasi:

  • Juara 1 category Skate Cross Kejurda BJ in Action
  • Juara 2 category Speed Slalom Kejurda BJ in Action
  • Juara Runner up 3 nasional category Speed Slalom di Cirebon
  • Juara 1 Babak Kualifikasi PON XXI battle slide zona 2 di Yogyakarta

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya