Fakta-fakta Pembangunan GOR PKOR Way Halim dan Lampung Sport Center 

GOR di PKOR Way Halim pengganti GOR Saburai

Bandar Lampung, IDN Times - Gelanggang Olah Raga (GOR) Saburai di Enggal Bandar Lampung dialihfungsikan menjadi Masjid Raya.

Alih fungsi Pemanfaatan eks GOR Saburai ini telah mendapatkan Rekomendasi dari Menteri Pemuda dan Olahraga, sesuai dengan Surat Menteri Pemuda dan Olahraga RI Nomor : B-HK.02/9.1.39/ MENPORA/IX/2022 tanggal 1 September 2022 perihal Rekomendasi Peniadaan dan/atau Pengalihfungsian GOR Saburai bahwasanya Gedung Olahraga (GOR) Pengganti GOR Saburai akan dibangun pada PKOR Way Halim, Bandar Lampung.

"Yang dilakukan oleh Gubernur Lampung telah sesuai dengan amanat dari undang-undang keolahragaan, dengan dibongkarnya GOR Saburai yang dialihfungsikan menjadi Masjid Raya, maka pak Gubernur menggantinya dengan membangun GOR di PKOR Way Halim ini," ucap Staf Ahli Bidang Hukum Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Dr. Samsudin, M.Pd mewakili Menpora melakukan Groundbreaking GOR di PKOR Way Halim, Bandar Lampung, Senin (20/2/2023).

Berikut IDN Times rangkum fakta-fakta seputar pembangunan GOR di PKOR Way Halim dan Lampung Sport Center.

1. Kapasitas GOR PKOR Way Halim 1.500 penonton

Fakta-fakta Pembangunan GOR PKOR Way Halim dan Lampung Sport Center IDN Times/Doni Hermawan

GOR PKOR Way Halim ini akan dibangun di atas lahan seluas 17.307,7 meter persegi, dengan luas bangunan 6.049,5 meter persegi, luas parkir 6.521,8 meter persegi dan kapasitas tribun 1.500 penonton.

GOR tersebut juga akan dibangun beberapa fasilitas di antaranya, lapangan serbaguna, ruang official & meeting, ruang pemain, ruang loker, ruang kontrol/komentator, musala, ruang genset, ruang servis, ruang ticketing, ruang pengelola, toilet, dan store.

Pembangunan GOR di PKOR Way Halim ini rencananya berkonsep lebih modern dan multifungsi. Tujuannya, agar selain dapat memajukan dunia olahraga juga memajukan perekonomian masyarakat.

Pada lokasi GOR juga akan dibangun perpustakaan, cafe-cafe dan sarana lainnya, yang akan dijadikan satu dengan Pusat Pasar UMKM.

Baca Juga: 5 Pemain Kejutan Harganya Meroket Setelah Piala Dunia 2022

2. Lampung Sport Center dibangun di atas lahan seluas 170 hektare

Fakta-fakta Pembangunan GOR PKOR Way Halim dan Lampung Sport Center Rencana pembangunan GOR di PKOR Way Halim dan Lampung Sport Center. (Dok Diskominfotik Provinsi Lampung).

Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia beserta jajaran Forkopimda Provinsi Lampung melakukan kunjungan ke lokasi rencana pembangunan kawasan sport center di sebelah gerbang tol Kota Baru Lampung Selatan, Senin (20/2/2023). Rencana Pembangunan Kawasan Lampung Sport Centre ini merupakan salah satu realisasi dari 33 program kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung untuk mewujudkan olah raga Lampung berjaya.

Kawasan Lampung Sport Center direncanakan akan dibangun di atas lahan seluas 170 hektare dan akan mendukung beberapa kawasan prioritas di Provinsi Lampung antara lain, kawasan kesehatan internasional Bandara Raden Inten II, Bakuheni Harbour City, kawasan Teluk Lampung, Pusat Pemerintahan Provinsi Lampung dan Kawasan Industri Lampung.

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia mengapresiasi rencana pembangunan kawasan Lampung Sport Center. Ia ingin pembangunan itu menjadi harapan bagi seluruh masyarakat Lampung agar dapat memanfaatkan sarana ini khususnya di bidang olah raga.

"Khususnya di bidang olah raga ini akan menjadi sebuah harapan agar prestasi olah raga di Lampung lebih baik di kancah nasional maupun internasional", ucapnya.

3. Lampung Sport Center terdiri beberapa bagian

Fakta-fakta Pembangunan GOR PKOR Way Halim dan Lampung Sport Center Rencana pembangunan GOR di PKOR Way Halim dan Lampung Sport Center. (Dok Diskominfotik Provinsi Lampung).

Chusnunia menambahkan, proses pembangunan ini bertahap atau multiyears dan diawali pembangunan gedung olah raga indoor pada tahun ini.

Kepala BAPPEDA Provinsi Lampung Mulyadi Irsan, menjelaskan, Lampung Sport Centre  terdiri dari beberapa bagian. Rinciannya, Stadion utama, sarana olah raga, hotel dan mall, sarana pendukung, convention center dan exhibition hall.

Direktur PTPN VII, Ryanto Wisnuardy mendukung pembangunan kawasan Lampung Sport Center ini. "Tentunya dalam rangka pembangunan kawasan Lampung Sport Center kami pastikan bahwa lahan ini kami peruntukkan untuk pembangunan kawasan Lampung Sport Center dan ini sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RJPM) kami," ucapnya. 

4. Kemenpora harap Lampung raih prestasi 5 besar PON Aceh-Sumut

Fakta-fakta Pembangunan GOR PKOR Way Halim dan Lampung Sport Center Hatra menjadi maskot PON 2024 di Sumut. (ANTARA Foto/Yudi)

Staf Ahli Bidang Hukum Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Dr. Samsudin juga menyampaikan apresiasi dari Menpora kepada Pemerintah Provinsi Lampung. Itu lantaran menggiatkan pembangunan sarana olahraga sebagai bukti olahraga semakin maju di Provinsi Lampung.

"Provinsi Lampung 10 besar saat PON di Papua, tentu dengan adanya pembangunan penggantian GOR Saburai di PKOR ini dan sebentar lagi pak gubernur juga akan membangun Sport Center yang ada di dekat Itera, ini akan memacu olahraga lebih baik lagi, bisa jadi Lampung meraih prestasi 5 besar PON di Aceh dan Sumatera Utara mendatang," jelasnya.

Baca Juga: Dear Erick Thohir, PSSI Lampung Titip Pesan Benahi Infrastruktur

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya