Cara Pengurus ESI Lampung Tingkatkan Gairah Esports dan Jaring Atlet

Esports saat ini merupakan salah satu cabang olah raga

Bandar Lampung, IDN Times - Atlet Esports asal Lampung beberapa kali menjuarai kompetisi tingkat nasional beberapa waktu lalu. Bahkan, ada pernah juara internasional. Ada potensi ke depan membawa harum nama Lampung di berbagai ajang lomba esport.

Di sisi lain, pemerintah dapat mendukung dan mendukung kegiatan sehingga apa yang ditargetkan ke depan dapat terwujud. Khususnya penjaringan dan pembinaan para atlet.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Esports Provinsi Lampung Iwan Satriawan saat Pelantikan Pengurus Besar Cabang Olahraga Esports Indonesia (ESI) Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung Periode 2020-2024 beberapa hari lalu.

Baca Juga: Melongok Rahasia Mahasiswa Teknokrat Juara Dua Nasional Mobile Legends

1. Ada fasilitas gedung esport Lampung

Cara Pengurus ESI Lampung Tingkatkan Gairah Esports dan Jaring Atletesportswizard.com

Iwan menjelaskan, esports saat ini merupakan salah satu cabang olah raga, oleh karenanya pihaknya meminta dukungan dari pemerintah daerah. Pelantikan pengurus cabang ESI kabupaten/kota diharapkan bisa menjaring anak-anak muda yang ada di pelosok daerah.

"Agar potensi mereka itu kita bina dengan baik. Sehingga ke depan dapat menghasilkan atlet nasional dan Internasional," harapnya.

Iwan menambahkan, dalam waktu dekat akan mengadakan lomba esports, yang nantinya juara akan mengikuti kejuaraan di tingkat nasional.

""Kami juga ucapkan terimakasih kepada bapak gubernur yang telah memberikan sarana dan prasarana esport berupa gedung esport Lampung beserta fasilitas penunjangnya, dan ini adalah yang pertama di Indonesia," tegasnya.

2. Perlu wadah kompetisi terstruktur dan berjenjang

Cara Pengurus ESI Lampung Tingkatkan Gairah Esports dan Jaring AtletPixabay

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, meminta ke depan upaya-upaya dan kerjasama untuk memajukan olahraga esports dilakukan secara simultan. Harapannya,membawa prestasi bagi esports Kabupaten/ Kota se-Provinsi Lampung.

Menurutnya, Pemprov Lampung mendukung sepenuhnya keberadaan olahraga esports. Tetapi untuk memajukannya diperlukan komitmen dan peran aktif semua pihak sehingga olahraga ini dapat semakin berjaya, baik ditingkat nasional maupun internasional.

"Di Indonesia sendiri, pemerintah telah meresmikan esports sebagai cabang olahraga prestasi. Untuk itu, salah satu pengembangan olahraga ini yakni dengan menghadirkan wadah-wadah kompetisi yang terstruktur dan berjenjang," papar Fahrizal.

3. Butuh peran aktif dan pembinaan dari pengurus cabor

Cara Pengurus ESI Lampung Tingkatkan Gairah Esports dan Jaring AtletPelantikan Pengurus Besar Cabang Olahraga Esports Indonesia (ESI) Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung Periode 2020-2024. (Dok Pemprov Lampung).

Sekdaprov optimistis, adanya peran aktif dan pembinaan pengurus cabang olahraga esports kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, atlet-atlet Esports Lampung dapat berlaga dan mendulang prestasi bahkan hingga ke mancanegara.

Ditambah lagi, olahraga esports sangat populer di kalangan anak muda. Bahkan dalam ajang Asian Games 2018 dan SEA Games 2019 telah menyertakan esports sebagai salah satu cabang olahraga mulai ditandingkan.

Baca Juga: 680 Atlet Menembak se-Indonesia Unjuk Gigi Lomba di Bandar Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya