TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Fakta Kura-Kura Bintang India, Punya Pola Cangkang Indah

Hewan ini tidak suka dipegang

kura-kura bintang india (inaturalist.com/ottob-c)

Intinya Sih...

  • Kura-kura bintang india ditemukan di India, Pakistan, dan Sri Lanka dengan habitat beragam.
  • Cangkang kura-kura bintang india berbentuk bintang dan memudahkan adaptasi mereka terhadap lingkungan sekitar.
  • Kura-kura bintang india pemalu, tidak suka dipegang, populer dalam perdagangan hewan eksotik, dan terancam oleh perdagangan ilegal serta predator.

Kura-kura bintang India (Geochelone Elegans) adalah salah satu spesies kura-kura dapat ditemukan di India, Pakistan dan Sri Lanka. Mereka menempati berbagai macam habitat, termasuk hutan dataran rendah semi-kering, hutan semak berduri, semi-gurun dan padang rumput gersang.

Kura-kura bintang india juga diketahui merupakan hewan krepuskular. Selain itu, kerap dijadikan sebagai hewan peliharaan karena keunikan dan keindahan cangkangnya.

Sebagai hewan peliharaan, konon hewan ini tidak suka dipegang. Benarkah demikian? Cek lebih lengkapnya lewat artikel di bawah ini, ya.

1. Pola cangkang berbentuk bintang

Sesuai namanya, kura-kura bintang India memiliki pola berbentuk bintang di cangkangnya. Cangkangnya yang berkubah tinggi menjadi ciri khas kura-kura bintang india.

Selain terlihat cantik, pola pada cangkang kura-kura bintang India memudahkan hewan ini untuk berbaur dengan lingkungan sekitarnya. Bentuk cangkang juga dapat membantu hewan ini untuk kembali ke posisi semula ketika tidak sengaja terjatuh atau terbalik.

2. Mampu beradaptasi segala musim

Meskipun berasal dari iklim kering, kura-kura bintang India mampu beradaptasi ketika musim hujan. Ketika musim hujan, mereka akan aktif mencari makan hampir sepanjang hari. Jika makanan tidak tersedia seperti di musim panas dan kemarau, akan menjadi tidak aktif dan memilih untuk tidak makan untuk waktu yang lama.

Baca Juga: 13 Spesies Ikan Gupi Tercantik, Pola dan Bentuk Ekornya Menawan!

3. Tergolong herbivora

Umumnya, kura-kura bintang India merupakan folivora (pemakan sayuran) dan fruitivora (pemakan buah-buahan). Kura-kura bintang india suka sekali memakan sayuran, rumput, daun, bunga, dan buah. Namun, terkadang hewan ini juga memakan serangga, bangkai, dan kotoran.

4. Bersifat poligini

Kura-kura bintang India memiliki sifat poligini. Artinya, hewan ini dapat memiliki hubungan dengan banyak jantan atau betina. Untuk mendapatkan betina, kura-kura jantan akan bersaing dengan menabrak atau membalikkan jantan saingannya. 

5. Tidak terlalu suka dipegang

Kura-kura bintang India adalah hewan yang kecil dan pemalu. Hewan ini cukup sulit dipelihara dan tidak suka terlalu sering dipegang.

Mereka bisa stres jika terlalu sering dipegang. Hewan ini memang jarang menggigit, tapi mereka bisa saja menggigit karena mengira kuku tangan kita yang cerah adalah kelopak bunga. Selain itu, lebih suka dibiarkan berkeliaran di permukaan terbuka.

Verified Writer

Ghiyas A. Hakim

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya