Putuskan Mualaf, Gadis Lampung Kembali Dipertemukan Bersama Orang Tua

Pertemuan berlangsung melalui mediasi

Bandar Lampung, IDN Times - Subdit IV Renakta (Remaja, Anak-anak dan Wanita) Ditreskrimum Polda Lampung menggelar mediasi antara Maria Devina dengan kedua orang tuanya. Itu menyusul pengakuan sang orang tua kesulitan bertemu si buah hati usai memutuskan menjadi mualaf.

Permintaan mediasi ini berdasarkan surat pengaduan Lembaga Advokasi Perempuan Nomor: 013/B/PK/AP/Damar/XI/2021 tertanggal 9 November 2021, tentang Audiensi dan Pelaporan Pengaduan Informasi.

"Ya benar, kegiatan mediasi telah kami laksanakan Jumat kemarin (10 Desember 2021) di ruang Subdit IV Renakta. Ini adalah tindak lanjut pengaduan LSM Damar, atas dasar aduan orang tua korban," ujar Kanit 1 Renakta, AKP Andri Gustami mewakili Dirreskrimum Polda Lampung, AKBP Reynold Hutagalung.

1. Mediasi upaya mempertemukan kembali Maria dan kedua orang tua

Putuskan Mualaf, Gadis Lampung Kembali Dipertemukan Bersama Orang Tuawww.pelajaran.co.id

Andri menjelaskan, mediasi pertemuan keluarga antara kedua orang tua Josepina Noerbaity dan Denny Kurniadi dengan sang anak, Maria Devina. Ini disebabkan karena setelah pindah agama (mualaf), Maria tak pernah lagi pulang ke kediaman orang tuanya.

Menurutnya, langkah ini merupakan bantuan hukum Polda Lampung atas permintaan LSM Damar agar dilakukan mediasi untuk mempertemukan kembali keluarga kecil tersebut.

"Pihak orang tua mengalami kesulitan untuk bertemu dengan anaknya, yang mana anak tersebut sempat dititipkan di beberapa pondok pesantren di wilayah Lampung. Dan terakhir Maria Devina berada di Pondok Pesantren Al Hadid 3 di Wilayah Depok, Jawa Barat," terang Andri.

2. Maria memutuskan untuk tetap belajar memperdalam agama Islam

Putuskan Mualaf, Gadis Lampung Kembali Dipertemukan Bersama Orang TuaMembaca Al-Quran

Andri menambahkan, beberapa poin hasil kesepakatan mediasi tersebut yaitu, Maria Devina masih tetap ingin belajar memperdalam agama Islam di Pondok Pesantren Al Hadid 3.

Lembaga pendidikan tempat Maria belajar tersebut, diketahui di bawah pengasuhan dan tanggungjawab Ustaz Yusuf Ismail dan Ustaz Toipi.

"Hasil mediasi tersebut juga dibacakan langsung di hadapan kedua orang tua Maria Devina dan dituangkan dalam surat pernyataan, dengan ditandatangani oleh pihak-pihak terkait," imbuh Andri.

3. Mediasi dihadirkan dari banyak perwakilan

Putuskan Mualaf, Gadis Lampung Kembali Dipertemukan Bersama Orang TuaIlustrasi mediasi. IDN Times/ istimewa

Dalam pelaksanaannya, Andri menjelaskan kegiatan mediasi ini dihadiri beberapa perwakilan dari pihak keluarga dan LSM Damar di antaranya, Ustaz Ansori perwakilan Dewan Daqwah Islam Lampung dan Ustaz Probo Rian, selaku Muallaf Centre Lampung.

"Ada juga perwakilan dari Pondok Pesantren Al Hadid 3 Ustaz Toipin dan LSM Damar Lampung, serta kedua orang tua Maria Devina," tandasnya.

Baca Juga: Mahasiswi di Lampung Pindah Agama, Ada Oknum Larang Bertemu Orang Tua 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya