Nadiem Makarim Tunjuk Mohammad Sofwan Effendi Plt Rektor Unila

Menggantikan Prof Karomani tersandung kasus suap

Bandar Lampung, IDN Times - Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Nadiem Makarim resmi menunjuk Mohammad Sofwan Effendi, sebagai pelaksana tugas (Plt) Rektor Universitas Lampung (Unila).

Penunjukkan pejabat Direktur Sumber Daya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi itu menggantikan Prof Karomani tersandung kasus suap penerimaan mahasiswa baru (PMB) jalur mandiri melalui sistem Seleksi Mandiri Masuk Universitas Lampung (Simanila) periode 2022.

"Kapasitas saya di sini berbicara sebagai Plt Rektor Unila. Baru saja hari ini ditandatangani surat perintah oleh Mas Menteri (Nadiem Makarim)," katanya saat dimintai keterangan awak media.

Terkait penunjukkan ini, Sofwan melanjutkan bakal langsung bekerja untuk memimpin dan memastikan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, terdiri dari Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat berjalan dan lancar.

"Tadi sudah saya kumpulkan seluruh wakil rektor, dekan, ketua Satuan Pengawas Internal (SPI), direktur pasca, dan beberapa pejabat untuk berkoordinasi agar layanan terhadap mahasiswa tidak boleh berhenti, tidak boleh terhambat karena masalah ini," imbuhnya.

Selain itu, dirinya bersama jajaran juga akan bekerja memulihkan kepercayaan masyarakat, terkhusus warga kampus Unila. "Unila sebagai garda moral bangsa dan menjaga etika akademik, tidak boleh terganggu untuk melaksanakan Tri Dharma apapun kejadiannya," tandas Sofwan.

Baca Juga: Rektor Unila Tersangka Suap, Mahasiswa Tabur Bunga di Gedung Rektorat

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya