Comscore Tracker

Jadwal Muktamar ke-34 NU, Said Aqil Siradj: Masih akan Kita Rapatkan

Sebut saran pelaksanaan di 17 Desember hanya sebatas opsi

Lampung Tengah, IDN Times - Keputusan penjadwalan ulang terkait pelaksanaan kegiatan Muktamar ke-34 Nahdatul Ulama (NU) di Provinsi Lampung hingga kini masih belum ditentukan.

Pernyataan itu disampaikan langsung Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siradj saat meninjau kesiapan lokasi muktamar di Pondok Pesantren Darussa’adah, Seputih Jaya, Gunung Sugih, Lampung Tengah, Senin (29/11/2021).

"Insyaallah persiapan (Muktamar ke-34 NU) jalan terus, untuk jadwal belum ditentukan. Belum," ujarnya, saat dimintai keterangan oleh awak media.

Baca Juga: Ketua Panitia Beberkan Keputusan Jadwal Muktamar ke-34 NU di Lampung

1. Keputusan masih harus dirapatkan

Jadwal Muktamar ke-34 NU, Said Aqil Siradj: Masih akan Kita RapatkanLogo Muktamar ke-34 NU. (dok. Panitia Muktamar ke-34 NU)

Aqil Siradj melanjutkan, pihaknya masih harus merapatkan kembali terkait wacana penjadwalan ulang forum permusyawaratan tertinggi NU tersebut.

Rencana itu menyusul seiring penyelenggaraan kegiatan Muktamar ke-34 NU telah dijadwalkan berlangsung 23-25 Desember 2021 mendatang harus mengalami perubahan. Itu pasca pemerintah mengumumkan akan menerapkan PPKM Level 3 pada semua wilayah di tanggal tersebut.

"Ya, minggu-minggu ini kita rapatkan dulu," singkat pria kelahiran Cirebon, Jawa Barat 3 Juli 1953 tersebut.

2. Tanggal 17 Desember hanya semata sebagai opsi

Jadwal Muktamar ke-34 NU, Said Aqil Siradj: Masih akan Kita RapatkanKH Miftachul Akhyar Jadi Ketum MUI Periode 2020-2025 (Website/mui.or.id)

Terkait Surat Perintah penyelenggaran muktamar tahun ini terbitkan oleh Rais Aam Syuriyah PBNU, KH Miftachul Akhyar yang meminta untuk mempercepat pelaksanaan menjadi 17 Desember 2021, Aqil Siradj mengaku masih harus mempertimbangkannya.

"Ya kalau orang berpendapat boleh saja. Artinya kan opsi, walau opsi ya itu sah-sah saja," imbuh Aqil Siradj.

Meski demikian, pihaknya bersama Panitia Nasional dan Daerah Muktamar ke-34 NU menegaskan telah siap menggelar kegiatan di tahun ini. "Siap, ya jelas kita siap," sambung dia.

3. Sederet kegiatan Aqil Siradj di Lampung

Jadwal Muktamar ke-34 NU, Said Aqil Siradj: Masih akan Kita RapatkanKetum PBNU Said Aqil Siradj Jadi Komisaris Utama PT KAI (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Agenda kedatangan Aqil Siradj dalam kunjungan kerja ke Provinsi Lampung kali ini, salah satunya untuk meninjau langsung kesiapan salah satu lokasi pelaksanaan Muktamar ke-34 di Lampung yaitu, Pondok Pesantren Darussa’adah.

Sebelumnya ia lebih dulu melakukan silaturahmi dengan Bupati Lampung Utara yang kemudian dilanjutkan melantik struktur Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) kabupaten setempat masa khidmah 2021-2026. Mereka resmi dilantik pasca hasil Konferensi Cabang NU diselenggarakan 21 Oktober 2021.

Selain itu, Aqil Siradj turut menyempatkan diri bersilaturahmi dengan 103 pengasuh pesantren di Kabupaten Pesawaran. Itu dipusatkan di Pesantren RMINU, sekaligus menandatangani prasasti pondok pesantren dan memberikan mauidzah hasanah terhadap masyarakat Bumi Andan Jejema.

Baca Juga: Ketua Umum NU Aqil Siroj ke Lampung, Tinjau Kesiapan Lokasi Muktamar? 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya