Comscore Tracker

GAK Kini Level III Siaga, Bagaimana Penyeberangan Bakauheni?

Masyarakat diminta hindari kawah aktif radius 5 KM

Lampung Selatan, IDN Times - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Lampung Selatan, Provinsi Lampung memastikan aktivitas penyeberangan Pelabuhan Bakauheni tetap berjalan normal. Kepastian itu terkait terhadap peningkatan status Gunung Anak Krakatau (GAK) menjadi level III atau siaga.

"Terkait adanya erupsi GAK yang semakin meningkat aktivitasnya, ini tidak mengganggu pelayanan penyeberangan dari Bakauheni menuju Merak. Artinya, hingga detik ini alhamdulillah semua masih berjalan normal saja," ujar GM PT ASDP Cabang Bakauheni, Suharto saat dimintai keterangan, Senin (25/4/2022).

Baca Juga: Ada Rekayasa Lalulintas dari Pintu Tol ke Dermaga Eksekutif Bakauheni

1. Waktu tempuh dan sandar kapal masih normal

GAK Kini Level III Siaga, Bagaimana Penyeberangan Bakauheni?IDN Times/Hisyam Keleten Kelin

Lebih lanjut Suharto menjelaskan, waktu tempuh penyeberangan dan waktu sandar kapal di dermaga pelabuhan masih relatif normal tanpa terkendal.

Meski demikian, pihaknya tetap mengimbau agar para pengguna jasa penyeberangan Bakauheni-Merak dan sebaliknya untuk terus mewaspadai potensi cuaca buruk hingga susulan erupsi GAK.

"Tetap waspada saja terkait cuaca dan erupsi GAK, seperti telah disampaikan tim pemantau agar masyarakat menghindari aktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif GAK," katanya.

2. KSOP tunggu laporan dampak cuaca dari BMKG

GAK Kini Level III Siaga, Bagaimana Penyeberangan Bakauheni?Ilustrasi (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Bakauheni, Ferry Hendry Yamin menyebut, pihaknya hingga kini masih menunggu terkait imbauan dan laporan BMKG terkait dampak erupsi GAK tersebut.

Namun bila nantinya, terdapat semacam peringatan terkait pelayanan penyeberangan, maka itu akan segera diteruskan ke masing-masing pihak perusahaan pelayaran. Termasuk Pelabuhan Bakauheni ataupun Merak.

"Erupsi Krakatau masih belum berpengaruh dipelayaran pelabuhan penyeberangan. Kalaupun nanti ada, imbauan dari BMKG akan kami teruskan keperusahaan pelayaran, tapi mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa," tandasnya.

3. GAK mulai keluarkan semburan lava pijar

GAK Kini Level III Siaga, Bagaimana Penyeberangan Bakauheni?ANTARA FOTO/Atet Dwi Pramadia

Berdasarkan pantauan terakhir, GAK terus mengeluarkan erupsi dan lava pijar sejak pekan lalu. Merujuk kondisi itu, GAK naik status dari level II atau waspada menjadi ke level III siaga terhitung, Minggu (24/4/2022) malam.

Peningkatan status itu berdasarkan surat Kementerian ESDM Badan Geologi Nomor: 184.Lap/GL.05/BGL/2022.

Kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau di Desa Argo Pancuran, Kabupaten Lampung Selatan, Andi Suardi, mengatakan, secara visual pada malam hari, lava pijar terus dikeluarkan dengan semburan abu membumbung hingga ratusan meter.

"Belum ada tanda-tanda penurunan jumlah letusan. Tercatat ratusan kali dalam satu malam gunung anak krakatau muntahkan lahar panas ke sisi kanan kiri gunung," jelasnya.

Sebelumnya, level Gunung Anak Krakatau yang mengalami erupsi sejak pertengahan Ramadhan berada di level II Waspada atau berjarak aman radius 2 kilometer dari kawah gunung, kini menjadi 5 kilometer dari kawah gunung atau siaga.

Baca Juga: Warning! Gunung Anak Krakatau Naik Status jadi Level 3 Siaga

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya