Comscore Tracker

Itera Raih Green Metric Kampus Baru Paling Berkelanjutan

2021 bangun pembangkit listrik tenaga sampah

Bandar Lampung, IDN Times - Institut Teknologi Sumatera (Itera) meraih predikat The Most Sustainably Improved University in Indonesia atau kampus baru paling berkelanjutan di Indonesia versi UI Green Metric World University Rankings 2020.

Penghargaan tersebut diumumkan oleh Chairperson of UI GreenMetric, Riri Fitri Sari, dalam acara Pengumuman Peringkat UI GreenMetric Indonesia 2020, Senin (7/12/2020).

“Atas penghargaan yang Itera terima, kami sampaikan terima kasih atas apresiasi panitia UI Green Metric. Penghargaan ini menjadi lecutan semangat sekaligus evaluasi bagi kami untuk lebih cepat berlari dan berbuat lebih baik lagi,” ujar Rektor Itera, Ofyar Z Tamin.

Baca Juga: Cerita Dosen Itera Olah Limbah Tahu Jadi Pupuk Raih Penghargaan

1. Dari peringkat 24 naik menjadi peringkat 19

Itera Raih Green Metric Kampus Baru Paling BerkelanjutanInstitut Teknologi Sumatera (Itera) memperingati Dies Natalis ke-6 digelar dalam jaringan (daring), Selasa (6/10/2020). (IDN Times/Istimewa).

Rektor Itera juga menyampaikan terima kasih kepada Tim UI Green Metric World University Rankings yang telah menganugerahkan predikat kampus baru paling berkelanjutan.

Selain meraih penghargaan tersebut, tahun ini Itera menempati peringkat ke-19 dari 88 kampus di Indonesia dalam pemeringkatan UI GreenMetric Indonesia 2020. Prestasi ini meningkat dari tahun sebelumnya, saat menjadi pendatang pertama menempati peringkat ke-24.

“Penghargaan dan peringkat yang meningkat ini merupakan kebanggaan bagi Itera, sebagai kampus yang baru berusia enam tahun. Ini akan menjadi lecutan semangat bagi kami, untuk terus meningkatkan diri menjadi kampus berwawasan lingkungan dan berkelanjutan,” ujar Ofyar.

2. Itera bangun tenaga surya

Itera Raih Green Metric Kampus Baru Paling BerkelanjutanIDN Times/Istimewa

Rektor Itera, Ofyar Z Tamin, menyampaikan, beberapa upaya yang telah dilakukan kampus ini menciptakan kampus berkelanjutan. Di antaranya membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 1Mwp, yang kini menjadi sumber energi listrik Itera dan mampu memenuhi 80% kebutuhan listrik ITERA.

“Dengan beroperasinya PLTS tersebut, Itera menjadi satu-satunya kampus pertama di Indonesia yang mampu melakukan kemandirian energi,” ujar Rektor.

3. Bakal bangun pembangkit listrik dari sampah 2021

Itera Raih Green Metric Kampus Baru Paling Berkelanjutan(Ilustrasi/CNBC Indonesia)

Selain itu, kampus Itera juga memiliki Kebun Raya sebagai pusat konservasi flora Sumatera, tujuh embung sebagai lokasi konservasi air, hingga 40 persen gedung telah dilengkapi dengan instalasi pembuangan air limbah.

Bahkan, kampus ini berencana kembali membangun Pembangit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa), sebagai sumber energi terbarukan di kampus 2021 mendatang.

Baca Juga: Sederet Fakta Menarik Capaian ITERA di Ajang Taekwondo 2020

Topic:

  • Silviana
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya