Comscore Tracker

Imlek 2021, Tak Ada Bazar dan Perayaan di Vihara Thay Hin Bio

Umat tetap diizinkan ibadah di vihara terapkan prokes ketat

Bandar Lampung, IDN Times - Tahun baru Imlek 2572 diperingati Jumat (12/2/2021) mendatang merupakan tahun Kerbau Logam. Namun di tengah pandemik COVID-19 ini, perayaan Imlek 2021 tak semeriah tahun-tahun sebelumnya.

Berikut IDN Times rangkum pendapat warga Bandar Lampung dan pengelola vihara terkait Imlek 2021.

1. Hanya kumpul dengan keluarga terdekat

Imlek 2021, Tak Ada Bazar dan Perayaan di Vihara Thay Hin BioIDN Times/Silviana

Cindy Fransiba salah satu warga Bandar Lampung yang merayakan Imlek mengatakan, tahun ini tak melakukan banyak persiapan seperti tahun sebelumnya. Namun ia bakal tetap melakukan tradisi seperti memakai baju baru, bagi ampao dan makan bersama keluarga inti.

"Karena dirumah aja dan gak bakal ada ngumpul saudara atau tamu jadi persiapannya gak banyak. Kalau biasanya kan kumpul keluarga besar," jelasnya.

Hal yang sama juga akan dilakukan Cici Anel. Rencananya, ia hanya kumpul bersama keluarga terdekat, tak seperti perayaan tahun-tahun sebelumnya menyambangi ke rumah saudara, teman atau kerabat lainnya.

"Jadi hanya kumpul di rumah nenek aja untuk saudara-saudara yang satu kota. Saat ketemu pun gak bisa sebebas biasanya, harus tetap pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan, begitu," katanya.

Baca Juga: Gak Melulu Merah, Ini 10 Referensi Baju Imlek Anggun yang Layak Dicoba

2. Ibadah terapkan prokes ketat

Imlek 2021, Tak Ada Bazar dan Perayaan di Vihara Thay Hin BioIDN Times/Silviana

Pantauan IDN Times pada Kamis (4/2/2021) siang, ruang ibadah di Vihara Thay Hin Bio di Jalan Ikan Kakap Nomor 35, Kelurahan Pesawahan, Kecamatan Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung sudah mulai melakukan persiapan menyambut Imlek.

Sejumlah pengurus vihara membersihkan ruangan serta memasang lilin besar yang akan digunakan untuk ibadah.

Tak hanya itu, di halaman depan Vihara juga dipasang tenda yang akan digunakan sebagai ruang tunggu umat yang akan melalukan ibadah. Itu lantaran ibadah dilakukan secara bergantian menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Menurut pengurus Vihara Thay Hin Bio, Virya Varama, jemaat sudah diinstruksikan untuk melakukan ibadah di rumah. Namun apabila ada yang mau berdoa di vihara tetap diizinkan.

"Iya tenda nantinya di pasang lilin kecil dan juga kursi untuk ruang tunggu umat. Karena ibadah di ruangan dibatasi 10-20 orang saja. Umat juga wajib menerapkan protokol kesehatan," jelas Virya. 

3. Tak ada perayaan bazar seperti tahun sebelumnya

Imlek 2021, Tak Ada Bazar dan Perayaan di Vihara Thay Hin BioIDN Times/Silviana

Pada 11 Februari nanti Virya mengatakan jam operasional Vihara sampai pada pukul 21.30 WIB. Namun di hari selanjutnya kembali normal pukul 17.00 WIB.

Selain itu, Imlek tahun ini tentu saja tak ada perayaan bazar seperti tahun sebelumnya. Hal itu dilakukan untuk mendukung Surat Edaran yang dikeluarkan pemerintah Kota Bandar Lampung terkait penyebaran COVID-19.

Pengurus Vihara juga sudah melakukan koordinasi dengan BPBD Kota Bandar Lampung dan Kapolresta Bandar Lampung untuk mengawal pelaksanaan ibadah di Vihara.

"Untuk umat yang akan beribadah kita juga sudah sosialisasikan melalui grup WhatsApp dan banner serta kepada umat yang rutin beribadah di vihara," terang Virya.

4. Tahun kerbau harus bekerja

Imlek 2021, Tak Ada Bazar dan Perayaan di Vihara Thay Hin BioPersiapan ibadah Imlek di Vihara Thay Hin Bio Bandar Lampung (IDN Times/Silviana)

Dalam pelaksanaan Imlek yang sederhana ini Virya hanya berharap pandemik segera berlalu. Meski tanpa perayaan tak akan mengurangi makna tahun baru Imlek kali ini.

Selain itu di tahun kerbau ini merupakan tahun untuk bekerja keras dan kerja cerdas agar bisa memulihkan kembali kondisi ekonomi yang terpuruk.

"Lebih semangat karena kerbau kan lambang kerja juga. Jadi di tahun 2021 ini gak boleh lengah, gak boleh bermalas-malasan karena situasi yang sulit dan tidak pasti ini tentu mendorong kita untuk berupaya apa pun meski berada di rumah tidak duduk diam dan pasrah tapi tetap melakukan banyak hal kebaikan," paparnya.

Baca Juga: 10 Ucapan Tahun Baru Imlek 2021, Semoga Kita Semua Berbahagia

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya