Kadishub Positif COVID-19, 41 Pejabat Pernah Kontak Jalani Rapid Test

Seluruh pegawai dishub kota segera rapid test massal

Bandar Lampung, IDN Times – Sebanyak 41 pejabat Pemerintah Kota Bandar Lampung mengikuti rapid test, Jumat (25/9/2020). Itu pasca Kadishub Kota Bandar Lampung, Ahmad Husna, terkonfirmasi positif COVID-19 sehari sebelumnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Edwin Rusli, saat dikonfirmasi menjelaskan, para pejabat yang menjalani rapid test pernah berkontak langsung dengan pasien. Di antaranya, Asisten I, II dan III, kepala dinas dan sekretaris daerah.

“Mereka semua dilakukan rapid test sebagai bentuk penelusuran (tracing) karena pernah melakukan kontak dengan kepala dinas perhubungan saat di rumah yang bersangkutan ada acara beberapa waktu lalu. "Tapi, alhamdulillah semuanya nonreaktif setelah dirapid test," ujarnya.

1. Siapkan 150 alat rapid test di kantor Dishub

Kadishub Positif COVID-19, 41 Pejabat Pernah Kontak Jalani Rapid TestIDN Times/Debbie Sutrisno

Dinkes Kota Bandar Lampung menyiapkan 150 alat rapid test. Alat itu akan digunakan untuk memeriksa pegawai Kantor Dishub di Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung yang pernah berkontak langsung Ahmad Husna.

Edwin mengimbau masyarakat tidak mengadakan acara atau perayaan terlebih dahulu. "Di masa pandemi COVID-19 kita jangan dulu mengadakan perayaan atau kumpul-kumpul keluarga besar, karena ditakutkan salah satu dari keluarga kita sudah ada yang kena namun tanpa tanpa gejala," terangnya.

2. Kadishub jalani isolasi mandiri di rumah

Kadishub Positif COVID-19, 41 Pejabat Pernah Kontak Jalani Rapid TestIlustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19 di Gresik, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Kadishub Kota Bandar Lampung, Ahmad Husna, saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah dan kondisinya sehat. Hal tersebut disampaikan Kadiskes, Edwin Rusli.

"Dia OTG (orang tanpa gejala) dan sedang isolasi mandiri. Kita optimis saja terkait kesehatannya, lagian dia masih muda kok," tegasnya.

Edwin menambahkan, Ahmad Husna terkonfirmasi positif setelah hasil tes usap (swab test), Kamis (25/9/2020) sore. Pasien itu akan dimasukkan ke dalam penambahan pasien positif COViD-19 hari ini.

3. Diduga tertular dari sang ibu

Kadishub Positif COVID-19, 41 Pejabat Pernah Kontak Jalani Rapid TestIlustrasi COVID-19 (IDN Times/Sukma Shakti)

Dinkes Kota Bandar Lampung masih menelusuri Kadishub Kota Bandar Lampung terpapar COVID-19.

"Kita masih belum dari mana beliau terpapar tapi sepertinya dari keluarganya sebab ibunya juga terkonfirmasi positif COVID-19. Ibunya menjalani perawatan di rumah sakit swasta yang berada di Jalan Teuku Umar Bandar Lampung," kata Kadiskes Edwin Rusli.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandar Lampung, Ahmad Nurizki, masih menunggu arahan dari wali kota. Itu terkait apakah pemerintah kota berencana menutup sementara kantor dishub pasca Kadishub terkonfirmasi positif.

Baca Juga: Waspada RS Rujukan Dipenuhi Pasien, Kasus COVID-19 Kian Meningkat

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya