TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Imbas Pandemik COVID-19 Ada 352 Janda dan 413 Duda di Lampung

Paling banyak terjadi di Lampung Tengah

Ilustrasi pernikahan (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

Bandar Lampung, IDN Times - Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Lampung mencatat sebanyak 765 orang harus kehilangan pasangan dan kini berstatus duda dan janda. Itu dipicu meninggal dunia usai terpapar COVID-19.

Rincian dari catatan tersebut, 352 perempuan kehilangan suami dan harus menjanda, serta 413 laki-laki mesti menduda usai ditinggal sang istri lantaran meninggal dunia pasca dikonfirmasi COVID-19.

"Ini merujuk pencatat kita di tengah masa penanganan dan penanggulangan pandemik COVID-19 di Provinsi Lampung," ujar Kepala Dinsos Provinsi Lampung, Aswarodi, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga: Sepasang Sejoli Usia 14 Tahun, Sudah 4 Hari Hilang dari Rumah

1. Meninggal dunia saat berjuang melawan COVID-19

Ilustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Merujuk pendataan diperoleh dari 15 kabupaten/kota tersebut, Aswarodi menjelaskan, status janda ini paling banyak terjadi di Kabupaten Lampung Tengah yaitu, 75 dari 352 wanita se-Lampung.

"Ya, pasangan mereka tersebut meninggal dunia saat harus berjuang melawan virus Corona," imbuh Aswarodi.

2. Status janda paling banyak terjadi di Lampung Tengah dan Lampung Timur

instagram.com/hendra.klasik

Aswarodi lebih lanjut merincikan, status janda yang disandang di masing-masing kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. Riciannya, Kabupaten Lampung Tengah 75 orang; Lampung Timur 73; Pringsewu 49; Tulangbawang Barat 31; Pesawaran 28, Tulangbawang 20, dan Tanggamus 20.

Lalu di Mesuji 15; Lampung Barat 14; Lampung Selatan 8; Bandar Lampung 8; Lampung Utara 5; Pesisir Barat 4; Way Kanan 1; dan Metro 1.

"Begitu juga dengan catatan status duda yang kita peroleh, 413 pria menduda juga tersebar di 15 kabupaten/kota se-Lampung," terangnya.

Baca Juga: PTM Terbatas, Disdikbud Lampung Minta Sekolah Bentuk Satgas COVID-19

Berita Terkini Lainnya