PTM Terbatas, Disdikbud Lampung Minta Sekolah Bentuk Satgas COVID-19

Upaya cegah klaster baru COVID-19 di sekolah

Bandar Lampung, IDN Times - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung mendorong tiap sekolah membentuk dan menjalankan fungsi Satgas COVID-19 tingkat sekolah. Itu guna mendukung efektivitas pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di Sai Bumi Ruwa Jurai.

Kepala Disdikbud Provinsi Lampung, Sulpakar mengatakan, peran Satgas COVID-19 di tiap satuan pendidikan penting untuk memperkuat pengawasan penerapan protokol kesehatan (prokes) dan kebiasaan baru di lingkungan sekolah.

"Satgas sekolah ini terdiri dari dewan guru, memberdayakan tenaga kesehatan atau koordinasi dengan pihak puskesmas terdekat, dan siswa-siswi," ujar Sulpakar kepada IDN Times, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga: PTM Terbatas Bandar Lampung, Pelajar: Ini Pertama Pakai Seragam SMA

1. Tugas Satgas COVID-19 sekolah

PTM Terbatas, Disdikbud Lampung Minta Sekolah Bentuk Satgas COVID-19Kadisdikbud Provinsi Lampung, Sulpakar. (IDN Times/Istimewa)

Sulpakar menjelaskan, Satgas COVID-19 sekolah bertugas mengawal dan menjamin keamanan serta keselamatan warga sekolah. Itu melalui pengawasan prokes secara ketat.

Selain itu, Satgas COVID-19 sekolah juga akan berperan penting mengkomunikasikan setiap perkembangan PTM terbaru kepada Satgas daerah dan dinas terkait.

"Satuan tugas seperti ini akan memperkuat pengawasan protokol kesehatan untuk menghindari penularan COVID-19 di lingkungan sekolah," imbuh Sulpakar.

2. Libatkan pegiat ekstrakurikuler PMR

PTM Terbatas, Disdikbud Lampung Minta Sekolah Bentuk Satgas COVID-19Disdikbud Provinsi Lampung mendorong tiap sekolah membentuk dan menjalankan fungsi Satgas COVID-19 tingkat sekolah.

Dalam pelaksanaan, Sulpakar menjelaskan, rekrutmen pembentukan Satgas COVID-19 di lingkungan sekolah dari unsur pelajar. Itu melibatkan pegiat bidang ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR).

"Jadi ini tidak semua pelajar terlibat, untuk shift masuk PTM semestinya sore, maka kita tugaskan pagi hari. Begitu juga sebaliknya. Sehingga pelaksanaan Satgas ini tak mengganggu kegiatan belajar mereka," terang dia.

Menurutnya, kegiatan Satgas COVID-19 sekolah ini juga dapat mendidik para pelajar menempa keahlian di bidang prokes COVID-19, menanamkan rasa tanggung jawab, dan kepedulian. "Terutama rasa perhatian terhadap kesehatan orang lain. Ini tujuan kita," sambung Sulpakar.

3. Upaya cegah klaster baru di lingkungan sekolah

PTM Terbatas, Disdikbud Lampung Minta Sekolah Bentuk Satgas COVID-19Pelajar SD Negeri 2 Rajabasa Kota Bandar Lampung mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka di ruang kelas, Senin (13/9/2021). (IDN Times/Tama Wiguna).

Mantan Plt Bupati Lampung Selatan ini menyebutkan, pembentukan Satgas COVID-19 ini juga bertujuan memperkecil kemungkinan lingkungan sekolah menjadi klaster baru penyebaran virus Corona di tengah kegiatan PTM terbatas.

"Bisa kita lihat antusiasme anak-anak mengikuti belajar tatap muka langsung sangat tinggi. Ini yang harus sama-sama kita jaga dan dukung," tandas dia.

Baca Juga: Kisah Guru SMAN 2 Bandar Lampung Terharu Bisa Mengajar Siswa di Kelas

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya