Comscore Tracker

10 Makanan Khas Lampung Paling Enak dan Digemari

Enaknya kebangetan!

Berbicara tentang makanan khas di berbagai daerah di Indonesia, tak lengkap rasanya bila tidak membahas mengenai makanan khas Lampung. Makanan yang berasal dari provinsi di ujung Pulau Sumatera ini terkenal memiliki rasa yang gurih dan pedas.

Pilihan menunya pun beragam. Mulai dari menu ikan, sayuran, dan olahan buah. Maka tak heran jika banyak orang yang menyukai kuliner khas Lampung. Penasaran? Berikut 10 makanan khas Lampung paling enak dan digemari masyarakat.

1. Seruit

10 Makanan Khas Lampung Paling Enak dan DigemariSeruit, Makanan Khas Lampung (malahayati.ac.id)

Seruit merupakan makanan khas Lampung yang sering disajikan ketika ada acara keluarga, pernikahan, acara adat, acara keagamaan, dan acara besar lainnya.

Makanan ini berbahan dasar ikan yang dibakar kemudian dicampur dengan olahan sambal terasi khas Lampung yang berisi tempoyak dan mangga.

2. Gulai Taboh

10 Makanan Khas Lampung Paling Enak dan DigemariGulai Taboh, Makanan Khas Lampung (carabuatresep.blogspot.com)

Jika gulai identik dengan daging kambing, gulai khas Lampung yang satu ini menggunakan ikan bahan dasarnya. Ikan tersebut kemudian dicampur dengan umbi-umbian, kacang-kacangan, dan ditambah santan.

Gulai taboh paling pas disantap dengan nasi putih hangat. Gulai taboh bisa Kamu temui di daerah pesisir di Lampung.

Baca Juga: Kue Tradisional Lampung Saat Hari Raya Idul Adha, Ada Favoritmu?

3. Panggang Lampung

10 Makanan Khas Lampung Paling Enak dan DigemariPanggang Lampung, Makanan Khas Lampung (wadaya.rey1024.com)

Panggang Lampung merupakan hidangan ikan diolah dengan cara dipanggang atau diasapi. Proses pemanggangan yang cukup lama membuat panggang Lampung tidak cepat basi.

4. Pindang Patin

10 Makanan Khas Lampung Paling Enak dan DigemariPindang Patin, Makanan Khas Lampung (yummy.co.id)

Pindang patin merupakan olahan makanan khas Lampung menggunakan ikan patin sebagai bahan dasarnya. Ikan patin segar direbus dengan bumbu bawah merah, bawang putih, jahe, kunyit, serai, daun salam, dan belimbing sayur.

Kamu mungkin bisa menemukan makanan pindang patin di Palembang. Namun yang khas dari pindang patin Lampung adalah ditambahkannya tempoyak sebagai campuran bumbu sehingga menimbulkan rasa pindang patin yang khas.

5. Gabing

10 Makanan Khas Lampung Paling Enak dan DigemariGabing, Makanan Khas Lampung (triplampungku.blogspot.com)

Makanan khas Lampung selanjutnya adalah gabing. Makanan ini terbuat batang kelapa muda yang diiris tipis berbentuk persegi. Kelapa muda yang sudah diiris kemudian direbus menggunakan bumbu khas dan santan.

Baca Juga: Lima Kuliner Sehat di Bandar Lampung Wajib Kamu Coba

6. Pandap

10 Makanan Khas Lampung Paling Enak dan DigemariPandap, Makanan Khas Lampung (malahayati.ac.id)

Pandap adalah olahan ikan dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai. Pandap kemudian dikukus sekitar 8 jam untuk mendapatkan tingkat kematangan yang maksimal.

7. Kue Segumpal

10 Makanan Khas Lampung Paling Enak dan DigemariKue Segumpal, Makanan Khas Lampung (mytrip123.com)

Kue segumpal jadi salah satu panganan wajib khas Lampung yang hanya bisa kamu jumpai diwaktu-waktu khusus saja, seperti bulan Ramadan. Makanan ini terbuat dari santan dan beras ketan yang dibungkus dengan daun dan dikukus.

8. Geguduh

10 Makanan Khas Lampung Paling Enak dan DigemariGeguduh, Makanan Khas Lampung (yummy.co.id)

Salah satu makanan olahan pisang favorit masyarakat Lampung adalah gegaduh. Kue tradisional bisa kamu jumpai di acara-acara besar ini terbuat dari pisang yang dihaluskan kemudian dibalut tepung dan digoreng.

9. Umbu

10 Makanan Khas Lampung Paling Enak dan DigemariUmbu, Makanan Khas Lampung (budaya-indonesia.org)

Apakah kamu pernah memakan olahan dari rotan? Jika belum, harus mencoba makanan khas Lampung bernama Umbu ini. Rotan muda yang sudah direbus sampai lunak kemudian dijadikan bahan dasar berbagai olahan masakan, mulai dari sayur oseng sampai dijadikan lalapan.

10. Kemplang

10 Makanan Khas Lampung Paling Enak dan DigemariKemplang, Makanan Khas Lampung (triplampungku.blogspot.com)

Kemplang merupakan jajanan tradisional khas Lampung berbahan dasar ikan. Dengan dicampur dengan berbagai bahan, kemplang kemudian dapat diolah dengan cara dipanggang atau digoreng dengan pasir. Rasanya yang enak dan gurih, ditambah dengan cocolan sambal yang biasanya disediakan di dalam kemasan kemplang semakin membuat lahap siapa saja yang memakan kemplang.

Itulah 10 makanan khas Lampung wajib kamu coba ketika sedang berada di Lampung. Rasanya enak dan cenderung pedas akan semakin menambah nafsu makanmu ketika menyantapnya. Ingin mencoba?

Penulis: Ridwan Saleh Fadillah

Baca Juga: 5 Kuliner Bahari di Bandar Lampung yang Terkenal Sedap, Yuk ke Sini! 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya