Comscore Tracker

8 Jajanan Tradisional dan Modern dari Ketan Hitam, Rasanya Legit!

Ternyata ada banyak olahan ketan hitam dan dijadikan jajanan tradisional hingga modern

Ketan hitam kerap dijumpai sebagai hidangan pencuci mulut karena rasanya yang lezat dan legit. Biasanya ketan hitam sering diolah menjadi bubur ketan dan disantap dengan santan.

Ternyata ada banyak olahan ketan hitam dan dijadikan jajanan tradisional hingga modern, lho. Daripada penasaran, yuk, simak jajanan terbuat dari ketan hitam mulai tradisional hingga modern!

1. Es krim ketan hitam

8 Jajanan Tradisional dan Modern dari Ketan Hitam, Rasanya Legit!Gambar Es Krim Ketan Hitam (instagram.com/ikapastuti)

Untuk anak-anak biasanya kurang menyukai jajanan tradisional ketan hitam. Untuk itu, membuat es krim ketan hitam bisa dijadikan solusi, nih. Rasanya yang manis gurih dalam bentuk es krim dijamin bikin nagih, lho.

Untuk membuatnya, kamu perlu memasak ketan hitam seperti biasanya. Kemudian campur ketan hitam dengan bahan es krim. Kamu bisa menambahkan santan agar lebih gurih, lho.


2. Chiffon ketan hitam

8 Jajanan Tradisional dan Modern dari Ketan Hitam, Rasanya Legit!Gambar chiffon ketan hitam (instgram.com/dapoer_nk)

Tampilan chiffon ketan hitam memang selalu nampak lezat dan kekinian, ya. Ketan hitam ternyata juga cocok dijadikan chiffon karena rasa dihasilkan memang lezat dan banyak peminatnya. Tak heran jika olahan satu ini banyak dijual di toko roti dengan tampilan dan rasa yang menggugah selera.

Agar mempermudah dalam pembuatan, kamu bisa menggunakan tepung ketan hitam siap dicampur dalam adonan. Chiffon ketan hitam ini dalam prosesnya dibuat dengan cara dipanggang sehingga akan menghasilkan tekstur dan aroma yang perfect.

3. Mochi ketan hitam

8 Jajanan Tradisional dan Modern dari Ketan Hitam, Rasanya Legit!Gambar mochi ketan hitam (instagram.com/aneka_kuliner_nusan)

Moci menjadi jajanan disukai banyak orang terutama karena teksturnya kenyal dan bentuknya menggemaskan. Rasa ditawarkan dari jajanan ini pun juga lezat, lho. Kamu dapat menjumpai mochi ketan hitam di acara hajatan atau toko oleh-oleh.

Mochi ketan hitam biasanya dibuat dengan isian kacang, kelapa, ataupun bahan lain sesuai selera. Dalam membuatnya, kamu perlu membuat adonan mochi dan beri isian sesuai selera.

Baca Juga: 13 Cafe di Bandar Lampung Paling Favorit Dikunjungi, Banyak Spot Foto

4. Puding ketan hitam

8 Jajanan Tradisional dan Modern dari Ketan Hitam, Rasanya Legit!Gambar puding ketan hitam (instagram.com/sarrah_sp)

Puding merupakan salah satu jajanan basah cocok dibuat dengan berbagai macam bahan, termasuk ketan hitam. Dalam proses membuatnya kamu cukup membuat adonan puding terlebih dahulu dan cetak pada layer pertama. Selanjutnya, buat adonan puding dan campur dengan ketan hitam sudah dimasak. Gak sulit kok, selamat mencoba!

5. Terang bulan ketan hitam

8 Jajanan Tradisional dan Modern dari Ketan Hitam, Rasanya Legit!Gambar terang bulan ketan hitam (instagram.com/terangbulan)

Baru-baru ini menu terang bulan ketan hitam sedang naik daun, lho. Ketan hitam biasanya dijadikan topping dan dicampur dengan kelapa agar makin gurih. Rasa dihasilkan pun lezat khas jajanan Indonesia, lho. Kamu wajib coba, nih, kreasi terang bulan satu ini. Dijamin bikin nagih, deh!

6. Brownis ketan hitam

8 Jajanan Tradisional dan Modern dari Ketan Hitam, Rasanya Legit!Gambar brownis ketan hitam (instagram.com/dapurikobana)

Brownis biasanya identik dengan coklat meluber, namun ada kreasi baru yaitu brownis ketan. Tampilan dihasilkan juga mirip dengan brownis pada umumnya namun hanya beda di cita rasa. Soal rasa, brownis ketan hitam tak kalah lezat dengan brownis coklat. 

Dalam proses pembuatannya jika kamu menginginkan tekstur lembut, kamu bisa menggunakan tepung ketan hitam. Namun jika kamu ingin lebih berasa tekstur ketan hitamnya, kamu bisa menambahkan ketan hitam yang sudah dimasak kedalam adonan, ya.

7. Lupis ketan hitam

8 Jajanan Tradisional dan Modern dari Ketan Hitam, Rasanya Legit!Gambar lupis ketan hitam (instagram.com/anoigma)

Lupis merupakan jajanan tradisional terbuat dari ketan putih pada umumnya. Namun,  lupis juga dapat dibuat dengan bahan ketan hitam, lho.

Lupis ketan hitam ini akan memiliki tekstur lebih padat dan tidak lembek. Untuk cita rasa dihasilkan akan sangat khas dari ketan hitamnya.

Ditambah, taburan parutan kelapa akan menghasilkan cita rasa sangat lezat. Hidangkan lupis ketan hitam dengan segelas teh hangat agar makin mantap.

8. Angku ketan hitam

8 Jajanan Tradisional dan Modern dari Ketan Hitam, Rasanya Legit!Gambar angku ketan hitam (instagram.com/ucihaozoh)

Kue angku ketan hitam adalah jajanan tradisional didalamnya terdapat isian kacang hijau atau ubi telah dihaluskan. Kue ini biasanya dicetak dengan bentuk yang menarik sehingga ada juga yang menyebutnya sebagai kue tok.

Rasanya kenyal dan tidak terlalu manis, sehingga cocok untuk kamu kurang menyukai cita rasa manis. Kue angku biasanya sering dijumpai di pasar tradisional atau acara hajatan. 

Ketan hitam memang cocok dijadikan berbagai macam kreasi jajanan baik tradisional maupun modern. kamu juga bisa mengkreasikan ketan hitam sendiri sesuai selera. Jangan lupa mencoba berbagai jajanan dari ketan hitam, ya. dijamin bikin ketagihan, deh!

Baca Juga: 8 Fakta Unik Resto Rumah Kayu Bandar Lampung, Bisa Makan dalam Pesawat

Erina Syahda Evelyna Photo Community Writer Erina Syahda Evelyna

Be yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya