Cuan! 5 Penjualan Pemain Termahal AC Milan Sepanjang Masa

Tonali bukan yang termahal!

AC Milan adalah salah satu klub tersukses di Italia Bahkan Eropa. Banyak pemain berlabel bintang yang hijrah dan berkarier di klub ini. Sejarah mencatat sederet nama beken macam Ricardo Kaka, Alexandro Nesta, van Basten hingga trah Maldini dengan 3 generasi berbeda yang membela Milan.

Sederet bintang tersebut tentu menjadi tulang punggung klub dalam meraih prestasi baik di Serie A dan kompetisi Eropa lainya. Financial klub yang mulai goyah di akhir masa kepemilikan Silvio Berlusconi mengharuskan menejemen melego beberapa pemain.

Hal ini dilakukan untuk menyeimbangkan keuangan klub. Terhangat musim kompetisi 2023/2024 ini,  AC Milan melepas Sandro Tonali ke klub kaya asal Inggris, Newcastle United, dengan harga yang fantastis.

Selain Tonali, ada sederet bintang dijual Rossoneri dengan harga yang mahal. Adakah idolamu?

1. Ricardo Kaka

Cuan! 5 Penjualan Pemain Termahal AC Milan Sepanjang MasaRicardo Kaka (instagram.com/kaka)

Superstar asal Brazil ini dilego ke Real Madrid pada musim 2009/2010. Kaka ditebus dengan mahar 67 juta euro dan menjadikannya pemain termahal yang pernah dijual Rossoneri. Kala itu, Madrid sedang gencar mendatangkan pemain bintang untuk proyek Los Galacticos-nya.

Setelah kesulitan di Real Madrid, Kaka kembali ke AC Milan. Ia pindah dengan status bebas transfer pada musim 2013/2014. Sinar terang Kaka yang meredup membuat ia hengkang ke MLS untuk membela Orlando City dan hanya bertahan satu musim saja di AC Milan.

2. Sandro Tonali

Cuan! 5 Penjualan Pemain Termahal AC Milan Sepanjang Masapotret Sandro Tonali bersama AC Milan (forzaitalianfootball.com)

Terbaru adalah Tonali dilego ke klub kaya Inggris, Newcastle United sebesar 64 juta euro ada musim panas 2023. Pemain berposisi sebagai gelandang bertahan ini tampil apik bersama Rossoneri dan meraih scudetto pertamanya pada musim 2020/2021.

Tercatat ia bermain sebanyak 130 pertandingan dengan membukukan 7 gol di semua ajang. Dana segar dari penjualan Tonali dipakai AC Milan untuk mendatangkan sederet nama baru seperti Noah Okafor, Christian Pulisic, Luca Romero dan Yunus Musah.

AC Milan mendapatkan untung besar dari penjualan Tonali. Ia dibeli Milan dengan mahar 14,5 juta euro pada musim 2021/2022 setelah semusim menjalani masa pinjaman dari Brescia.

Baca Juga: Kagendra Wakili Indonesia Call of Duty Mobile World Championship 2023

3. Andry Shevchenko

Cuan! 5 Penjualan Pemain Termahal AC Milan Sepanjang MasaAndriy Shevchenko (uefa.com)

Pemain berkebangsaan Ukraina ini ditebus Chelsea sebesar 43 juta euro musim 2006/2007. Dua musim di Inggris, ia kembali ke AC Milan dengan status pinjaman selama setengah musim saja. Shevchenko menjadi top scorer Serie A musim 1999/2000 dan 2003/2004

Pemain yang akrab dipanggil Sheva ini tercatat bermain sebanyak 322 kali di semua kompetisi untuk AC Milan dengan sumbangsih 175 gol. Satu Scudetto dipersembahkannya untuk AC Milan pada musim 2003/2004.

Selain itu satu trofi Liga Champions dan satu trofi Super Eropa ia raih ketika berseragam merah hitam khas AC Milan.

4. Thiago Silva

Cuan! 5 Penjualan Pemain Termahal AC Milan Sepanjang Masagoal.com/Getty Images

AC Milan mendatangkan Silva dari Fluminense pada musim 2008/2009 dengan harga 10 juta euro. Bek asal Brazil membantu Milan menjuarai Serie A musim 2010/2011. Ia tercatat bermain sebanyak 119 pertandingan di semua kompetisi dengan sumbangan 6 gol dan 2 assist.

Manajemen melego sang pemain ke klub prancis, Paris Saint-Germain dengan harga 42 Juta euro. Di PSG ia berhasil mempersembahkan 7 kali juara League 1 dan 5 kali piala Perancis. Pemain yang saat ini berusia 39 tahun ini bergabung dengan Chelsea pada musim 2020/2021 hingga saat ini.

5. Leonardo Bonuci kembali ke Juventus setelah hanya semusim di AC Milan

Cuan! 5 Penjualan Pemain Termahal AC Milan Sepanjang Masahttps://web.facebook.com/Juventusfcid/

Datang ke San Siro pada musim 2017/2018 dari Juventus, Bonuci langsung menjadi kapten di AC Milan. Tercatat ia tampil sebanyak 51 kali membela AC Milan disemua ajang dengan kontribusi 1 gol dan 1 assist. Semusim berikutnya, ia kembali ke Juventus dengan mahar 35 juta euro.

Bonuci menjadi legenda di Juventus dengan meraih 8 kali Scudetto dan 4 kali Coppa Italia sepanjang kariernya. Pemain berposisi sebagai center back ini mengahiri karier di Juventus hingga musim 2022/2023. Saat ini Dia bergabung dengan Union Berlin dengan status bebas transfer.

Patut ditunggu apakah uang penjualan Tonali akan mendongkrak prestasi Milan musim ini. 

Baca Juga: SMAN 4 Metro Siap Unjuk Gigi Grand Final AXIS Nation Cup 2023

YOGA JULIANSYAH Photo Community Writer YOGA JULIANSYAH

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya