Comscore Tracker

10 Pesepak Bola Usia di Bawah 20 Tahun Paling Berharga Saat Ini 

Mereka sudah menjadi andalan di klubnya!

Musim ini kompetisi di liga top Eropa semakin menarik untuk disaksikan. Alasan utamanya tentu karena kian kompetitifnya persaingan antar klub di liga top Eropa tersebut serta pertunjukan aksi-aksi menawan dari pemain-pemain kelas dunia merumput di sana.

Namun tak hanya itu, kehadiran para pemain muda berbakat juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari liga top Eropa sayang untuk dilewatkan. Di musim ini, banyak pemain muda yang tampil menonjol dan menarik atensi publik sepak bola Eropa.

Potensi besar dimiliki para pemain muda tersebut tak ayal turut mengerek harga jual mereka di bursa transfer. Bahkan beberapa pemain muda masih berusia di bawah 20 tahun ditaksir memiliki harga jual yang tinggi.

Siapa saja mereka? Berikut daftar 10 pemain muda di bawah 20 tahun dengan nilai pasar tertinggi dilansir dari situs Transfermarkt.

1. Endrick - 20 juta euro

10 Pesepak Bola Usia di Bawah 20 Tahun Paling Berharga Saat Ini Endrick (twitter.com/sportbible)

Pemain belia Palmeiras ini digadang-gadang akan menjadi penyerang top di masa depan. Musim ini torehan golnya cukup mengesankan untuk seorang penyerang baru berusia 16 tahun.

Endrick sudah mencetak 3 gol dan 1 assist hanya dari 7 laga di Liga Serie A Brasil bersama Palmeiras. Enrick merupakan tipikal penyerang asal Brasil memiliki skill dan kecepatan yang mumpuni.

Kelebihan lainnya ia bisa bermain di semua posisi di lini depan. Meski berposisi asli sebagai penyerang tengah, namun Endrick juga mampu bermain sama baiknya ketika ditempatkan sebagai penyerang sayap.

Bakat besar sang wonderkid pun sudah menarik minat beberapa klub top Eropa seperti Real Madrid, Chelsea, Barcelona dan PSG. Mereka mulai berlomba merayu Endrick untuk pindah dari Palmeiras dan melanjutkan karier sepak bolanya ke Benua Biru.

2. Destiny Udogie - 22 juta euro

10 Pesepak Bola Usia di Bawah 20 Tahun Paling Berharga Saat Ini Destiny Udogie (instagram.com/udogiethree)

Penampilan solid Destiny Udogie mengawal sisi kiri pertahanan Udinese musim lalu berhasil menarik perhatian Tottenham Hotspur. Pemain berusia 19 tahun itu pun kemudian dibeli Spurs seharga 18 juta euro pada bursa transfer musim panas kemarin.

Namun Udogie langsung dipinjamkan kembali ke Udinese dan baru akan bergabung dengan skuad Tottenham Hotspur musim depan. Musim ini bek kiri keturunan Nigeria itu kembali tampil menjanjikan.

Ia tak hanya tangguh dalam bertahan tapi juga bagus ketika membantu serangan. Sejauh ini Udogie sudah menyumbang 2 gol dan 1 assist untuk Udinese dari 11 penampilan di Serie A.

Baca Juga: 12 Momen Tak Terlupakan Valentino Rossi Sepanjang Karier Balap Motor

3. Roméo Lavia - 25 juta euro

10 Pesepak Bola Usia di Bawah 20 Tahun Paling Berharga Saat Ini Romeo Lavia (instagram.com/lavizzy6)

Gelandang bertahan asal Belgia ini baru direkrut Southampton musim ini. Southampton menebusnya seharga 12,3 juta euro dari Manchester City. Sebuah transfer yang terbukti tepat dari The Saints, karena Roméo Lavia langsung tampil mengesankan di lini tengah mereka.

Keuntungan lainnya bagi Southampton adalah Lavia merupakan pemain yang versatile. Ia juga bisa bermain di posisi bek tengah berkat kemampuan defensifnya yang bagus.

Menurut situs Transfermarkt, kini harga pemain berusia 18 tahun itu berada di kisaran 25 juta euro, naik dua kali lipat dari nominal dikeluarkan Southampton saat membelinya dari Manchester City musim panas lalu.

4. Youssoufa Moukoko - 30 juta euro

10 Pesepak Bola Usia di Bawah 20 Tahun Paling Berharga Saat Ini Youssoufa Moukoko (instagram.com/Youssoufa_10)

Penyerang muda Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko sedang menjadi sensasi di sepak bola Jerman musim ini. Pemain berusia 17 tahun itu tampil mengesankan bersama Dortmund di Bundesliga dengan torehan 6 gol dan 4 assist dari 14 laga.

Berkat performa impresifnya tersebut, Moukoko pun dipanggil Hansi Flick untuk memperkuat Timnas Jerman di Piala Dunia Qatar 2022. Kini Moukoko mulai menjadi incaran beberapa klub top Eropa seperti Liverpool, Barcelona, Manchester United dan PSG.

Klub top Eropa tersebut kesengsem dengan potensi besar sang wonderkid. Terlebih kontrak Moukoko akan habis akhir musim nanti di Dortmund. Harga Moukoko ditaksir sekitar 30 juta euro.

5. Harvey Elliott - 35 juta euro 

10 Pesepak Bola Usia di Bawah 20 Tahun Paling Berharga Saat Ini Harvey Elliott (twitter.com/RedFab_)

Harvey Elliot merupakan gelandang serang berbakat bermain untuk Liverpool. Setelah musim lalu sempat absen lama karena cedera, musim ini Harvey Elliot kembali unjuk gigi.

Pemain berusia 19 tahun itu mampu tampil konsisten di tengah menipisnya skuad The Reds akibat badai cedera mereka alami. Elliot sejauh ini telah mencetak 3 gol dan 1 assist dari 22 laga di semua kompetisi.

Ia turut membantu Liverpool kembali bersaing di papan atas Liga Inggris serta lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Oleh situs Transfermarkt, pemain jebolan akademi sepak bola Fulham itu ditaksir memiliki banderol senilai 35 juta euro.

Baca Juga: Kaya Sejak Lahir, 11 Pesepak Bola Berasal dari Keluarga Tajir Melintir

6. Florian Wirtz - 70 juta euro

10 Pesepak Bola Usia di Bawah 20 Tahun Paling Berharga Saat Ini Florian Wirtz (twitter.com/talkfcb_)

Musim lalu gelandang muda bernama Florian Wirtz ini bersinar terang di Bundesliga. Ia tampil ciamik di lini tengah Bayer Leverkusen dan berandil besar membawa klub berjuluk Die Werkself itu bersaing di papan atas klasemen Bundesliga.

Namun sayang Wirtz mengalami cedera ACL (anterior crucial ligament) cukup parah pada Maret 2022. Cedera itu memaksanya absen sampai saat ini.

Florian Wirtz memang belum bermain satu kali pun musim ini, tapi potensi besar dimiliki sang pemain membuat harga pasarannya tetap tinggi. Situs Transfermarkt menaksir harga pemain berusia 19 tahun itu di kisaran 70 juta euro, mengingat ia terikat kontrak jangka panjang dengan Leverkusen sampai tahun 2027.

7. Gavi - 90 juta euro

10 Pesepak Bola Usia di Bawah 20 Tahun Paling Berharga Saat Ini Gavi (instagram.com/pablogavi)

Gavi adalah wonderkid baru Barcelona, ia produk asli La Masia, akademi sepak bola milik Barcelona. Pemain bernama lengkap Pablo Martín Páez Gavira ini dikenal mempunyai visi permainan dan kemampuan umpan yang jempolan.

Selain itu, ketenangannya bermain juga mengagumkan meski ia masih berusia 18 tahun. Musim ini Gavi menjadi andalan pelatih Xavi Hernandez di lini tengah Blaugrana dan turut berjasa mengantarkan klubnya bertengger di puncak klasemen La Liga.

Penampilan impresif diperlihatkan Gavi dalam dua musim terakhir bersama Barcelona membuatnya diganjar dua penghargaan prestisius, yaitu Kopa Trophy 2022 sebagai pemain muda terbaik rangkaian Ballon d'Or Award dan Golden Boy 2022, penghargaan untuk pesepak bola muda terbaik Eropa.

8. Jamal Musiala - 100 juta euro

10 Pesepak Bola Usia di Bawah 20 Tahun Paling Berharga Saat Ini Jamal Musiala (twitter.com/squawka)

Jamal Musiala merupakan gelandang serang Bayern Munchen sedang on fire musim ini. Ia menjadi pemain Munchen dengan kontribusi gol terbanyak di semua kompetisi. Sejauh ini Jamal Musiala telah mencetak 12 gol dan 10 assist dari 22 pertandingan.

Namun bukan hanya itu pencapaian Musiala musim ini. Pemain blesteran Jerman-Inggris itu baru saja memecahkan sebuah rekor di Munchen.

Ia tercatat sebagai pemain termuda membuat 100 penampilan untuk Munchen ketika tampil di pertandingan Bundesliga melawan Schalke, Sabtu (12/11/2022). Musiala menorehkan rekor tersebut di usia 19 tahun 259 hari.

Melihat potensi besar Jamal Musiala, Die Roten pun telah mengikat sang pemain dengan kontrak jangka panjang berdurasi hingga tahun 2026. Saat ini Musiala yang juga pernah menimba ilmu di akademi sepak bola Chelsea itu ditaksir memiliki nilai pasaran sekitar 100 juta euro.

9. Jude Bellingham - 100 juta euro

10 Pesepak Bola Usia di Bawah 20 Tahun Paling Berharga Saat Ini Jude Bellingham (twitter.com/bellinghamjude)

Performa menawan Jude Bellingham dalam dua musim terakhir bersama Borussia Dortmund berhasil menasbihkannya sebagai salah satu gelandang muda paling berbakat di sepak bola Eropa. Nilai jual pemain berusia 19 tahun ini pun melonjak drastis.

Kini ia ditaksir memiliki banderol 100 juta euro oleh situs Transfermarkt. Nilai itu jauh melebihi nilai transfer dikeluarkan Dortmund ketika memboyongnya dari Birmingham City seharga 25 juta euro dua tahun silam.

Sejumlah klub top Liga Inggris seperti Manchester United, Liverpool, Manchester City dan Chelsea dikabarkan mengincarnya di bursa transfer musim depan. Namun bisa dipastikan klub peminat harus merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan tanda tangan seorang Jude Bellingham.

10. Pedri - 100 juta euro

10 Pesepak Bola Usia di Bawah 20 Tahun Paling Berharga Saat Ini Pedri (twitter.com/pedri)

Gelandang muda bernama lengkap Pedro González López ini merupakan punggawa Barcelona. Kendati masih berusia 19 tahun, namun Pedri sudah menjadi sosok penting di lini tengah Barcelona yang bertugas mengatur serangan dan ritme permainan.

Musim ini Pedri tak tergantikan di lini tengah Barca. Ia sudah tampil di 19 laga di semua kompetisi dan mengemas 3 gol.

Permainan Pedri semakin matang plus usianya masih muda membuat nilai jual sang pemain melambung tinggi. Oleh situs transfermarkt, pemain yang dijuluki 'the next Andrés Iniesta' Ini ditaksir memiliki nilai pasaran sebesar 100 juta euro.

Itulah daftar pesepak bola di bawah usia 20 tahun nilai pasar termahal menurut situs Transfermarkt. Ada sudah pernah kamu lihat aksinya guys?

Baca Juga: 5 Penjaga Gawang Muda Terbaik Premier League, Siapa Saja?

rgn Photo Community Writer rgn

A Bibliophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya