Comscore Tracker

Sejarah Klub Sepak Bola Lampung Ikut Kompetisi Nasional, Tak Cuma BLFC

Mungkin kamu penasaran, gak cuma Badak lampung FC ya

Bandar Lampung, IDN Times - Sejarah klub Lampung di kasta tertinggi sepak bola mungkin saja selama ini membuat kamu penasaran. Terutama bagi penggemar permainan olah raga sepak bola selalu mengikuti bukan hanya pertandingannya saja tetapi juga berbagai klub pemain sepak bola. 

Termasuk pula klub sepak bola Lampung yang juga memiliki sejarahnya tersendiri. Bahkan klub ini pernah menghiasi kasta tertinggi sepak bola di Indonesia. 

Banyak hal yang sudah dilalui hingga klub dari Lampung ini diperkirakan dapat segera kembali bisa tampil dalam kasta tertinggi di dunia sepak bola Indonesia. Terlebih lagi sejak munculnya nama Badak Lampung FC yang tadinya bernama Perseru Serui.

Tidak hanya itu saja namun masih ada sejarah lain dari klub sepak bola Lampung yang perlu dikenang.

Baca Juga: Profil Stadion Sumpah Pemuda, Markas Badak Lampung FC

1. Jaka Utama Lampung

Sejarah Klub Sepak Bola Lampung Ikut Kompetisi Nasional, Tak Cuma BLFCpixabay.com/flooy-715497

Di masa lalu rupanya jagat sepak bola Indonesia pernah mengenal klub Jaka Utama Lampung tepatnya 1979-1982. Klub yang satu ini rupanya merupakan salah satu tim peserta dari ajang Galatama atau Liga Sepak Bola Utama. 

Klub ini sempat eksis di dunia sepak bola Indonesia dan kiprahnya pertama kali memang tidaklah gemilang. Bahkan klub ini tidak pernah meraih gelar juara. 

Kemudian klub ini dipercaya untuk mewakili Provinsi Lampung  ajang PON 1981. Dari sinilah akhirnya klub Jaka Utama Lampung memperoleh kejayaannya hingga menjadi juara dalam laga final. Malang, klub ini bubar karena masalah finansial. 

2. Lampung Putra

Sejarah Klub Sepak Bola Lampung Ikut Kompetisi Nasional, Tak Cuma BLFCpixabay

Hadir pula klub sepak bola lainnya yang juga berasal dari Lampung tepatnya 1988-1990 bernama Lampung Putera. Mungkin nama klub ini tidak begitu dikenal dan tidak banyak beredar sejarahnya. 

Namun dari perjalanan klub ini rupanya ada banyak hal yang bisa dikenang terutama mengenai debutnya bisa dibilang cukup pahit. Saat itu klub Lampung Putera ini haruslah bertanding melawan klub Bandung Raya di kompetisi Galatama. 

Namun dalam kompetisi ini rupanya klub dari Lampung tersebut harus menyatakan menyerah dengan skor 2-0. Hal ini mungkin menjadi kisah sejarah yang cukup mengecewakan dan sangat disayangkan hingga akhirnya kisah klub ini pun berakhir.

3. PSBL Bandar Lampung

Sejarah Klub Sepak Bola Lampung Ikut Kompetisi Nasional, Tak Cuma BLFCIlustrasi wasit. (Pixabay.com/planet_fox)

Di tahun 90an rupanya hadir pula klub sepak bola dari Lampung bernama PSBL Bandar Lampung. Klub PSBL Bandar Lampung ini diketahui berkiprah tepatnya di tahun 1996-2002. 

Klub ini juga memiliki kisah sejarah yang cukup seru tepatnya di tahun awal kompetisi Liga Indonesia bergulir. Di tahun 1996 hingga 1997 klub yang satu ini bahkan sempat meroket Divisi Utama. 

Selain itu klub ini juga telah sukses mengakhiri kompetisi yaitu di urutan enam klasemen. Sayangnya prestasi terbaik dari PSBL Bandar Lampung ini haruslah berakhir dan terhenti di tahun 2002.  Klub ini mengalami degradasi hingga akhirnya tak bisa lagi menjadi kasta tertinggi.

Sejarah klub Lampung di kasta tertinggi sepak bola yang telah tertera di atas agaknya mengingatkan kita kembali terhadap berbagai klub yang pernah jaya di Indonesia khususnya di Lampung. Rupanya kehadiran beberapa klub Lampung yang pernah menjadi mengukir prestasi di dunia sepak bola tersebut turut mewarnai sejarah dunia sepak bola di Indonesia. 

Sudah selayaknya semangat dan prestasi tersebut bisa diteladani dan diteruskan oleh generasi penerus selanjutnya. Hingga akhirnya dunia sepak bola di Indonesia terus diwarnai dengan berbagai klub terbaik yang bisa tampil di kasta tertinggi. 

Baca Juga: Sejarah Badak Lampung FC, dari Liga 1 Kini Degradasi ke Liga 3

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya