5 Pemain Muda Berpotensi jadi Andalan Timnas Inggris

Siap membawa Inggris meraih prestasi

Inggris telah lama menjadi salah satu negara dengan sistem pengembangan pemain muda terbaik di dunia sepak bola. Ini merupakan hasil dari komitmen akademi klub-klub Inggris mempersiapkan pemain muda berkualitas.

Dari deretan pemain muda asal Inggris, ada sejumlah nama mencolok dan telah menjadi andalan di klub-klub top Eropa. Melihat performanya, mereka siap menjadi andalan Timnas Inggris pada masa mendatang.

1. Levi Colwill

5 Pemain Muda Berpotensi jadi Andalan Timnas InggrisLevi Colwill (twitter.com/levi_colwill)

Levi Colwill, pemain jebolan akademi Chelsea, berhasil mendapatkan tempat di tim utama Chelsea pada 2023/2024. Ia telah tampil dalam delapan pertandingan di semua kompetisi musim ini, baik sebagai bek tengah ataupun bek kiri.

Performa impresif pemain usia 20 tahun ini selama masa peminjamannya ke Huddersfield (2021/2022) dan Brighton & Hove Albion (2022/2023) membantunya mendapatkan kesempatan ini.

Melihat permainannya, Colwill sering disandingkan dengan legenda Chelsea, John Terry. Keduanya sama-sama menimba ilmu di akademi Cobham dan bermain sebagai bek tengah. Colwill bahkan mewarisi nomor punggung 26 pernah dipakai Terry.

Tak hanya di klub, Colwill juga tampil mengesankan di level timnas. Pemain berusia 20 tahun tersebut merupakan salah satu pemain penting bagi skuad Inggris U-21 menjuarai Euro U-21 2023.

Berkat performa cemerlangnya tersebut, Colwill mendapat panggilan membela tim utama Inggris pada Agustus 2023. Sekarang, hanya tinggal menunggu waktu baginya mendapat debut bersama The Three Lions.

2. Rico Lewis

5 Pemain Muda Berpotensi jadi Andalan Timnas InggrisRico Lewis (instagram.com/rico.lewis)

Rico Lewis mulai menjadi sorotan setelah debutnya bersama skuad utama Manchester City pada Agustus 2022. Setelahnya, Lewis menjadi pemain reguler The Citizens dalam 23 laga pada 2022/2023.

Ia turut menjadi bagian dari skuad Manchester City memenangi English Premier League, Piala FA, dan Liga Champions Eropa musim itu. Lewis dikenal sebagai pemain serba bisa yang dapat bermain di semua posisi bek dan posisi gelandang tengah maupun bertahan.

Pada usianya yang masih 18 tahun, Lewis sudah memiliki pemahaman taktikal dan kualitas teknik yang mumpuni. Kemampuannya ini akan menjadi aset berharga bagi skuad The Three Lions.

Baca Juga: Deretan Selebritis Beken Ternyata Memiliki Klub Sepak Bola

3. Jacob Ramsey

5 Pemain Muda Berpotensi jadi Andalan Timnas InggrisJacob Ramsey menjadi pemain penting Aston Villa. (avfc.co.uk)

Jacob Ramsey merupakan salah satu gelandang muda berbakat dimiliki Inggris. Ia menjadi pemain penting di Aston Villa saat ini.

Setelah promosi dari akademi The Villans pada Februari 2019, Ramsey mulai tampil reguler sejak 2020/2020. Kini, pemain berusia 22 tahun tersebut telah mencatatkan 104 penampilan dengan 13 gol dan 10 assist.

Ramsey juga menjadi bagian dari Timnas Inggris U-21 memenangi Euro U-21 2023. Dari 3 laga yang dilakoninya, ia mampu mencetak 1 gol serta 1 assist pada kompetisi itu.

Sayang, Ramsey harus menepi dari lapangan sejak babak semifinal karena cedera yang dialaminya. Cedera tersebut juga membuatnya belum bisa bermain sepenuhnya bersama Aston Villa pada 2023/2024.

4. Cole Palmer

5 Pemain Muda Berpotensi jadi Andalan Timnas InggrisCole Palmer mulai jadi andalan Chelsea pada 2023/2024. (instagram.com/colepalmer10)

Cole Palmer, produk akademi Manchester City, secara mengejutkan pindah ke salah satu rival, Chelsea, pada akhir bursa transfer musim panas 2023. Padahal, Palmer merupakan pahlawan Manchester City pada Piala Super Eropa 2023 di mana ia mencetak gol penyeimbang kedudukan atas Sevilla FC.

Gol Palmer membuat laga tersebut dilanjutkan hingga adu penalti, yang akhirnya dimenangkan oleh wakil Inggris itu. Persaingan ketat di lini serang dan minim kesempatan bermain bersama tim utama Manchester City menjadi alasan Palmer pindah ke Chelsea.

Bersama The Blues, ia telah tampil dalam 6 laga dengan 3 di antaranya menjadi starter pada 2023/2024. Dari penampilannya, Palmer mampu menyumbangkan 1 gol dan 2 assist sehingga turut membantu Chelsea mengakhiri catatan buruk mereka.

Di level internasional, pemain berusia 21 tahun tersebut menjadi andalan di Timnas Inggris U-21. Pada Euro U-21 2023, Palmer tampil dalam 5 laga dengan catatan 1 gol dan 3 assist. Ia menjadi salah satu pemain yang bersinar di partai final dengan memberikan assist untuk gol Curtis Jones.

Gol yang dicetak Jones tersebut akhirnya membawa Inggris menang 1-0 atas Spanyol. Alhasil, tim muda The Three Lions keluar sebagai pemenang Euro U-21 2023.

5. Curtis Jones

5 Pemain Muda Berpotensi jadi Andalan Timnas InggrisCurtis Jones merupakan pemain didikan akademi Liverpool. (instagram.com/curtisjr)

Sejak debutnya pada Januari 2019, Curtis Jones telah membuktikan kualitasnya bersama Liverpool. Ia menjadi bagian dari skuad The Reds memenangi English Premier League 2019/2020, Piala Dunia Antarklub 2019, Piala FA 2021/2022, dan Community Shield 2022.

Bermain sebagai gelandang tengah, Jones telah mencatatkan 104 penampilan dengan 24 gol dan 16 assist bersama Liverpool. Jones juga merupakan bagian dari skuad Inggris U-21 meraih gelar juara Euro U-21 2023.

Pada laga final, ia menjadi pahlawan dengan mencetak gol tunggal untuk kemenangan 1-0 Inggris atas Spanyol. Melihat performa mengesankan pemain berusia 22 tahun ini, bukan tak mungkin Jones akan segera mendapat panggilan membela tim utama The Three Lions.

Dari kelima pemain di atas, mayoritas merupakan bagian dari Timnas Inggris U-21 yang menjuarai Euro U-21 2023. Dengan bakat-bakat muda terbaik ini, Inggris siap bersaing di level Eropa dan dunia.

Baca Juga: Cuan! 5 Penjualan Pemain Termahal AC Milan Sepanjang Masa

Gilang Rama W. Photo Community Writer Gilang Rama W.

Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya