2 Putra Daerah Raih Medali SEA Games, Pemprov Lampung Usul Tali Asih

Keduanya sabet medali perak dan perunggu

Bandar Lampung, IDN Times - Dua putra daerah asal Provinsi Lampung berhasil membawa harum nama Indonesia gelaran ajang SEA Games ke-32 2023 di Kamboja. Keduanya masing-masing menyumbangkan medali perak dan perunggu.

Ari Saputra, atlet karate berhasil mempersembahkan mendali perak bagi Indonesia di nomor Men's kumite Individual -60 kg dan Muhammad Husni menyumbangkan medali perunggu dari cabor angkat beban di nomor Men's 55 Kg.

Ari dan Husni merupakan putra daerah tergabung aktif dalam pembinaan atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Provinsi Lampung.

Baca Juga: Pemprov Lampung Konfirmasi Wagub Nunik Penuhi Undangan Klarifikasi KPK

1. Pemerintah daerah apresiasi prestasi atlet Sea Games asal Lampung

2 Putra Daerah Raih Medali SEA Games, Pemprov Lampung Usul Tali AsihPlt Kepala Dispora Provinsi Lampung, Descatama Paksi Moeda saat dimintai keterangan awak media. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Terkait capaian prestasi keduanya tersebut, Plt Kepala Dispora Provinsi Lampung, Descatama Paksi Moeda mewakili pemerintah daerah menyampaikan apresiasi atas torehan prestasi Ari dan Husni di ajang SEA Games tersebut.

"Kita mempersembahkan apresiasi kepada atlet kita setinggi-tingginya, yang sudah mempersembahkan prestasi terbaik sampai tingkat internasional," ujarnya saat dimintai keterangan di Pemprov Lampung, Selasa (16/5/2023).

2. Bakal ajukan pemberian tali asih

2 Putra Daerah Raih Medali SEA Games, Pemprov Lampung Usul Tali AsihKantor Pemerintah Provinsi Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Ihwal bakal bonus diberikan kepada atlet peraih medali di ajang SEA Games, Descatama menjelaskan, setiap ajang kompetisi kelas internasional merupakan kewenangan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Yang namanya KONI itu (pemberian bonus) sampai dengan batas nasional, untuk internasional itu sudah domainnya Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga)," imbuhnya.

Meski demikian, pemerintah daerah melalui kebijakan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tidak menutup kemungkinan akan tetap memberikan tali asih bagi atlet peraih medali Sea Games. "Besarannya akan dibahas dulu (dengan gubernur dan KONI) dan akan diperhatikan terkait dengan keuangan daerah," sambung Descatama.

3. KONI akui sudah siapkan tali asih

2 Putra Daerah Raih Medali SEA Games, Pemprov Lampung Usul Tali AsihSea Games Cambodia 2023.(Detik Sport/Kris Fathoni W)

Ketua Harian KONI Lampung, Amalsyah Tarmidzi turut menyambut positif wacana pemerintah daerah untuk memberikan tali asih kepada atlet asal Provinsi Lampung dalam ajang dua tahunan tersebut.

"InsyaAllah ada (tali asih) sedang disiapkan, belum nanti tunggu aja (besaran jumlah nominal)," tandasnya.

Baca Juga: Pemprov Klaim Gubernur Arinal Minta Jurnalis Hapus Video Hanya Candaan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya