Comscore Tracker

40 Mahasiswa Unila Atlet PON XX Papua, Raih Medali Diganjar Insentif?

Ada kebijakan terkait SKS juga gak ya?

Bandar Lampung, IDN Times - 40 mahasiswa Universitas Lampung (Unila) bakal mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua digelar 2-15 Oktober 2021 mendatang. Para mahasiswa tersebut merupakan bagian dari 138 atlet kontingan Lampung siap berkompetisi ajang olahraga empat tahunan itu.

Rektor Unila, Prof Karomani mengatakan akan memberi kelonggaran akademik pada atlet terpilih itu. Tujuannya, tidak mempersulit prestasi mahasiswa di bidang akademik maupun nonakademik.

Baca Juga: Dies Natalis ke-56, Rektor Percaya Diri Sebut Unila Kampus Besar

1. Selaras kebijakan kampus merdeka

40 Mahasiswa Unila Atlet PON XX Papua, Raih Medali Diganjar Insentif?Kampus Universitas Lampung (Unila). (IDN Times/Silviana).

Menurut Karomani, kebijakan kelonggaran akademik untuk atlet berlaga di kancah nasional itu selaras dengan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Sehingga SKS yang diambil akan dihitung dan ekuivalen dengan jumlah kompetisi mewakili provinsi atau negara.

“Tidak bisa sembarang anak berlaga di sana, masa tidak dihargai?. Jangan sampai ketika anak ini karirnya bagus, tapi mati secara akademik,” ujarnya.

2. Jalin silaturahmi dan sportivitas

40 Mahasiswa Unila Atlet PON XX Papua, Raih Medali Diganjar Insentif?40 mahasiswa Universitas Lampung (Unila) bakal mengikuti PON XX di Papua 2-15 Oktober 2021. (IDN Times/Istimewa).

Karomani juga berpesan, selain belajar dan berjuang pada perhelatan PON, mahasiswa juga harus merajut persaudaraan sesama anak bangsa khususnya, saat di Papua.

Menurutnya, kompetisi olahraga sangat menjunjung tinggi nilai sportivitas dan rasa persaudaraan sebagai sesama anak bangsa

"WR 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof Yulianto, juga sudah mengalokasikan anggaran untuk memberi insentif bagi para juara peraih medali, baik di tingkat nasional maupun internasional," jelasnya.

3. Waktu tepat beri yang terbaik

40 Mahasiswa Unila Atlet PON XX Papua, Raih Medali Diganjar Insentif?Pengguna jasa bandara melintas di dekat media promosi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (1/7/2021). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Frans Nurseto, selaku Ketua Satuan Tugas PON XX Papua 2021 Lampung menyampaikan, tim dijadwalkan berangkat 16 September mendatang.

Menurutnya, ini kesempatan terbaik bagi para atlet untuk menunjukkan yang terbaik, di momentum terbaik, menuju ajang bergengsi PON yang dihelat empat tahun sekali.

“Kami mohon doa restu dari para pimpinan, Rektor Unila, mudah-mudahan perjuangan kami membawa nama harum Provinsi Lampung, khususnya Universitas Lampung, dapat tercapai,” harapnya.

Baca Juga: 63 Pemakalah Berpartisipasi Konferensi Internasional 5th Shield Unila

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya