Comscore Tracker

Skema Pembagian Bantuan PPKM 2021 Pemprov Lampung, Kamu Sudah Tahu? 

Ada sebanyak 676.788 keluarga penerima manfaat

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Lampung telah menyiapkan skema kucuran sejumlah bantuan pelaksanaan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Itu meliputi keluarga penerima manfaat Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Program Bantuan Beras PPKM 2021.

Skema bantuan akan disalurkan meliputi, rapel program BST Rp300 ribu per bulan, bantuan sembako Rp200 ribu per bulan, dan bantuan beras PPKM sebanyak 10 Kg per KPM (keluarga penerima manfaat).

"Peluncuran bantuan tunai dan beras ini diselenggarakan terkait pemberlakuan PPKM Darurat, PPKM Diperketat, dan PPKM Mikro yang berdampak terhadap masyarakat rentan," ujar Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, Senin (19/7/2021).

1. Sebanyak 676.788 keluarga penerima manfaat siap terima bantuan

Skema Pembagian Bantuan PPKM 2021 Pemprov Lampung, Kamu Sudah Tahu? Ilustrasi bantuan bahan pangan untuk masyarakat terdampak COVID-19. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Berdasarkan data pemerintah setempat, penerima manfaat bantuan untuk wilayah Lampung sebanyak 676.788 KPM. Itu terdiri atas 450.315 KPM PKH dan 226.473 KPM BST.

Oleh karena itu, Arinal meminta dan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Metro dan Pemkot Bandar Lampung, agar secepatnya mendistribusikan bantuan sosial dan jaring pengaman sosial.

"Pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, harus bisa melakukan percepatan realisasi pendistribusian bansos COVID-19 bagi KPM yang sumber dana berasal dari dana APBD daerah masing-masing," jelas Arinal.

2. Paket bantuan disalurkan secara serentak

Skema Pembagian Bantuan PPKM 2021 Pemprov Lampung, Kamu Sudah Tahu? Kadinsos Provinsi Lampung, Aswarodi (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Provinsi Lampung, Aswarodi berharal, agar paket-paket bantuan dari pusat kali ini dapat dikolaborasikan dengan paket bansos dianggarkan oleh pemerintah kabupaten/kota dan provinsi.

Pasalnya, melalui kucuran bantuan ini, diharapkan mampu meringankan beban masyarakat terdampak aturan PPKM 2021. "Kita semua berharap semoga pandemi COVID ini bisa segera berlalu dari Bumi Lampung," ucapnya.

Baca Juga: Warga Bandar Lampung, Ini Nomor Satgas COVID-19 tiap Kecamatan

3. Polda Lampung siapkan 3.721 paket sembako

Skema Pembagian Bantuan PPKM 2021 Pemprov Lampung, Kamu Sudah Tahu? Polda Lampung salurkan ribuan baksos untuk masayarakat terdampak PPKM Darurat (IDN Times/Istimewa)

Bantuan di tengah penerapan PPKM Darurat sebelumnya juga telah dilakukan pihak Polda Lampung. Sebanyak 3.721 paket sembako dibagikan ke masyarakat terdampak di Kota Bandar Lampung.

"Paket-paket sembako ini baru tahap pertama dan tahap kedua berikutnya akan segara kami distribusikan, untuk waktunya kita akan lihat situasi," kata Kapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno.

Pembagian ribuan paket sembako tersebut bakal melibatkan sejumlah personel Polda Lampung, terdiri dari pers Bhayangkara Pembina Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) terlibat dalam Operasi Aman Nusa II dan ratusan anggota Polresta Bandar Lampung, serta dibantu aparat Pemkot Bandar Lampung.

"Polda Lampung berharap bantuan paket sembako ini, bisa membantu meringankan beban warga Bandar Lampung. Khususnya bagi warga kurang mampu di PPKM Darurat sejak 12 Juli lalu," imbuh jenderal bintang dua tersebut.

4. Pemkot beri paket sembako bagi para Isoman

Skema Pembagian Bantuan PPKM 2021 Pemprov Lampung, Kamu Sudah Tahu? Pembagian paket sembako untuk warga Bandar Lampung yang terinfeksi COVID-19 (IDN Times/Istimewa)

Sebagai salah satu dari 15 kabupaten/kota daerah non Jawa-Bali melaksanakan PPKM Darurat, Pemkot Bandar Lampung juga telah menyatakan sikap guna membantu masyarakat menjalani aturan tersebut.

Pasalnya, pemerintah setempat telah menyiapkan bantuan sosial. Itu berupa paket sembako bagi bagi masyarakat terpapar COVID-19. Menurut rencana, bantuan-bantuan ini akan distribusikan melalui Satgas COVID-19 di tingkat kelurahan dan kecamatan ke orang tanpa gejala (OTG) tengah menjalani isolasi mandiri (Isoman) di rumah.

"Bunda berharap bantuan sembako bisa meringankan beban dan membantu warga selama di rumah," jelas Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana

5. Bantuan diharapkan tepat sasaran

Skema Pembagian Bantuan PPKM 2021 Pemprov Lampung, Kamu Sudah Tahu? Persiapan paket sembako untuk warga Bandar Lampung yang terinfeksi COVID-19 (IDN Times/Istimewa)

Politis Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu melanjutkan, paket sembako akan disalurkan ke warga sesuai lokasi isolasi mandiri masing-masing.

Eva menyebut, petugas nantinya akan mendokumentasikan pemberian bantuan dengan cara mengambil foto. Itu sebagai bukti penyaluran sembako tersebut berjalan sesuai harapan da tepat sasaran. "Harapan kita bantuan ini dapat membantu bagi masyarakat Kota Bandar Lampung yang benar-benar membutuhkannya," ucap dia.

Isi bantuan sembako terbungkus dalam kantong plastik berwarna merah itu berisi seperti telur 1 Kg, mie instan 10 bungkus, minyak goreng 1 liter, sarden 3 kaleng, saus sambal 1 botol, kecap 1 botol, dan beras 5 Kg.

Baca Juga: Hore! 96.700 Warga Lampung Selatan Masing-masing Terima 10 Kg Beras

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya