Comscore Tracker

Lampung Berkabut, BMKG Minta Warga Tak Olahraga Berat di Luar Ruangan

Diimbau mengenakan masker

Bandar Lampung, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung mengimbau masyarakat wilayah setempat tidak melakukan aktivitas olahraga berat di ruang terbuka saat pagi hari. Imbauan itu terkait cuaca kabut pekat terjadi beberapa hari terakhir.

Prakirawan BMKG Stasiun Maritim Panjang, Eka Suci Puspita W mengatakan, cuaca kabut pekat tersebut disebabkan aliran udara dingin menyebabkan terbentuknya kondensasi dekat permukaan tanah yang biasa disebut kabut.

"Baiknya masyarakat tidak melakukan aktivitas olahraga di luar atahu ruang terbuka saat pagi hari, atau saat kabut sedang pekat," ujarnya, saat dimintai keterangan, Senin (4/7/2022).

Baca Juga: Warning! BMKG Imbau Masyarakat Pesisir Lampung Waspada Banjir Rob

1. Suhu udara permukaan Lampung menurun atau terasa lebih dingin mulai dari pagi hingga malam hari

Lampung Berkabut, BMKG Minta Warga Tak Olahraga Berat di Luar RuanganPexels.com/Kristin Vogt

Eka melanjutkan, wilayah Provinsi Lampung saat ini didominan angin timuran pada dasarnya memiliki karakter kering dan dingin. Itu bertiup dari Australia melewati Indonesia khususnya Provinsi Lampung.

Akibatnya, suhu udara di permukaan Provinsi Lampung menurun atau terasa lebih dingin mulai dari pagi hingga malam hari.

"Fenomena kabut di sebagian wilayah Lampung terjadi karena adanya pengendapan udara dekat permukaan. Meski demikian masyarakat tidak perlu terlalu panik, ini hanya fenomena alam," katanya.

2. Masyarakat diimbau mengenakan masker

Lampung Berkabut, BMKG Minta Warga Tak Olahraga Berat di Luar RuanganIlustrasi memakaikan masker pada anak (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Selain imbauan tidak berolahraga di ruang terbuka saat cuaca kabut pekat, Eka Suci turut menyarankan masyarakat di Provinsi Lampung terus menggunakan masker di luar ruangan agar terhindar dari gangguan saluran pernafasan.

"Uap air di dekat permukaan bercampur dengan partikel debu dan lainnya, kami sarankan menggunakan masker agar terhindar dari gangguan pernafasan," pintanya.

3. Sebagai besar wilayah Lampung berpotensi terjadi hujan lebat disertai kilat atau petir

Lampung Berkabut, BMKG Minta Warga Tak Olahraga Berat di Luar RuanganIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Berdasarkan prakiraan cuaca wilayah Lampung, Senin (4/7/2022), BMKG Provinsi Lampung meminta masyarakat mewaspadai potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada siang dan malam hari. Cuaca itu terjadi di Kabupaten Lampung Selatan, Kota Bandar Lampung, Lampung Timur, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Lampung Barat, Pesisir Barat, dan Lampung Tengah.

Selain itu suhu udara juga diperkirakan mencapai 22,0°C–32,0°C, untuk wilayah Barat Lampung berkisar antara 16,0°C–30,0 °C. Sementara untuk tingkat kelembapan udara 58-100 persen dan Angin Timur–Selatan dengan kecepatan 03–20 knots (5-38 Km/jam).

Baca Juga: Fenomena Cuaca Panas dan Terik di Lampung, BMKG: Bukan Gelombang Panas

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya