Comscore Tracker

Cara Daftar Online Vaksin COVID-19 Polda Lampung, Dibuka Senin-Jumat

Kuota vaksin cepat habis, warganet 'serbu' IG Polda Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Polda Lampung kembali membuka pendaftaran 'Gerai Vaksin Presisi' penyuntikan tahap pertama untuk masyarakat umum. Itu diumumkan langsung melalui akun instagram resmi @humas_poldalampung.

Pendaftaran vaksin bisa diakses langsung oleh masyarakat secara daring (online), melalui halaman telah disediakan pihak Polda Lampung di https://bit.ly/vaksindokkespoldalampung.

"Nanti setelah masyarakat melakukan pendaftaran akan menerima barcode, di mana masing-masing akan mengetahui pencantuman jadwal dan tempat pelaksanaan vaksinasi," ujar Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, Sabtu (31/7/2021).

1. Pendaftaran vaksin online dibuka Senin-Jumat

Cara Daftar Online  Vaksin COVID-19 Polda Lampung, Dibuka Senin-JumatProgram vaksin COVID-19 (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Pandra mengatakan, proses pendaftaran Gerai Vaksin Presisi dibuka Senin-Jumat. Itu berlangsung mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Namun apabila kuota sudah mencukupi, maka secara otomatis link pendaftaran bakal ditutup sementara.

Menurutnya, setiap pendaftar yang berhasil mendapatkan kuota, akan diminta mengisi formulir pendaftaran online. Kemudian peserta wajib hadir sesuaitanggal, waktu, dan tempat tertera dalam link tersebut.

"Rencananya launching pertama di El's Cafe Jalan Soekarno-Hatta (Bandar Lampung) awal Agustus mendatang. Sedangkan untuk jumlah dosis vaksin sesuai ketersediaan pada Biddokes Polda Lampung," terangnya.

Baca Juga: Polda Lampung Bagi 3.721 Paket Sembako ke Warga Terdampak PPKM Darurat

2. Upaya menghindari kerumunan masyarakat

Cara Daftar Online  Vaksin COVID-19 Polda Lampung, Dibuka Senin-JumatKerumunan di Kesawan City Walk berpotensi menjadi klaster baru penularan COVID-19 di Kota Medan. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Mantan Kapolres Meranti Polda Riau tersebut mengungkapkan, kepolisian sengaja membuka akses pendaftaran vaksin secara online. Itu bertujuan guna menghindari terjadinya penumpukan hingga kerumunan di lokasi vaksinasi.

Maka dari itu, masyarakat juga diharapkan untuk bisa lebih tertib dalam proses pelaksanaan kegiatan vaksinasi ini.

"Kita di sini sebagai pelayan masyarakat, maka dimohon tertib. Masyarakat tinggal datang dan menunjukkan hasil pendaftaran atau barcode dalam link, nanti akan segera kita layani," kata Pandra.

3. Sebanyak 100-300 dosis vaksin per hari

Cara Daftar Online  Vaksin COVID-19 Polda Lampung, Dibuka Senin-JumatVaksin COVID-19 (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Hal serupa ikut disampaikan, Kasubiddokpol Biddokes Polda Lampung, AKBP Legowo Hamijaya. Ia menyebut, dalam proses pelaksanaan vaksinasi akan tergantung dari jumlah stok ketersediaan vaksin Polda Lampung.

"Tergantung stok vaksin kita. Kemungkinan per harinya bisa melayani 100-300 vaksinasi," terang Legowo.

4. Link pendaftaran ditutup sementara waktu

Cara Daftar Online  Vaksin COVID-19 Polda Lampung, Dibuka Senin-JumatHalaman pendaftaran Gerai Vaksin Presisi milik Polda Lampung (IDN Times/Istimewa)

Berdasarkan pantauan IDN Times melalui link pendaftaran Gerai Vaksin Presisi milik Polda Lampung, sayangnya pendaftaran online telah ditutup sementara waktu. Itu dikarenakan jumlah kuota sudah tercukupi alias maksimal.

"MOHON MAAF KUOTA SUDAH TERCUKUPI TERIMAKASIH ATAS PARTISIPASI ANTUSIAS UNTUK SELURUH MASYARAKAT, UNTUK PEMBUKAAN LINK PENDAFTARAN AKAN DIINFOKAN LEBIH LANJUT" keterangan tertulis pada halaman utama pendaftaran.

Tak ayal, unggahan pengumuman pendaftaran vaksin online di akun Instagram @humas_poldalampung tersebut, dalam kurun waktu kurang dari 24 jam mendapat kurang lebih sebanyak 74 komentar dari warnanet. Umumnya mereka mengungkapkan kekecewaan karena urung mendapatkan kuota vaksin.

Seperti halnya disampaikan akun @ajisaputra321, ia mempertanyakan jumlah ketersediaan kuota vaksin, sehingga pendaftaran telah ditutup.

"Cepet amat penuhnya,,emang kuotanya berapa pak??3 orang?..susah amat sih mau vaksin aja muter2 cari vaksin (emoticon sedih). Mau keluar lampung dipersulit alasan vaksin, giliran mau vaksin susah," tulisnya.

Hal sama ikut disampaikan akun @gstantine "baru dibuka sudah penuh?". Senada dengan akun @adambradjawiyah, yang ikut mempertanyakan pendaftaran vaksin penuh. "Masa sih udah penuh. Padahal linknya baru 20 menit di share ke IG gimana lah.

Baca Juga: Hore! Polda Lampung Vaksinasi Warga di Objek Wisata Pulau Pahawang

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya