Comscore Tracker

Tips Mudah Belajar Bahasa Lampung, Langsung dari Gawaimu

Belajar kosa kata, aksara, tebak-tebakan dll #LokalIDN

Bandar Lampung, IDN Times - Setiap daerah tentu memiliki bahasa daerah masing-masing. Bahasa daerah tersebut perlu dilestarikan supaya tetap digunakan hingga generasi mendatang.

Tak terkecuali bahasa daerah Lampung, yang memiliki dua dialek bahasa yaitu dialek A digunakan pada suku Lampung Sai Batin dan dialek O digunakan oleh suku Lampung Pepadun. 

Meski belajar bahasa Lampung dikenal sulit karena memiliki dua dialek dan suku kata yang banyak, kamu jangan putus asa dulu, berikut tips dari IDN Times untuk mempelajari bahasa Lampung secara bertahap menggunakan metode sederhana dan menyenangkan. 

1. Kamus Bahasa Lampung Dialek A & O

Tips Mudah Belajar Bahasa Lampung, Langsung dari GawaimuIDN Times/Istimewa

Di aplikasi ini kamu bisa menerjemahkan Bahasa Indonesia ke dialek A,  Bahasa Indonesia ke dialek O.  Serta Bahasa Lampung dialek O ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Lampung dialek A ke Bahasa Indonesia.  Selain itu ada juga aksara lampung dan tanda baca.

Apilkasi ini dibuat oleh Hasroni yang merupakan guru Bahasa Lampung SMPIT IBS Permata Bunda Bandar Lampung. Aplikasi ini mempermudah kamu untuk mencari kosa kata yang ingin kamu pelajari dalam Bahasa Lampung sekaligus belajar aksaranya.

2. Aplikasi Bahasa Lampung

Tips Mudah Belajar Bahasa Lampung, Langsung dari GawaimuIDN Times/Istimewa

Dalam aplikasi ini isinya lebih lengkap dari aplikasi yang pertama. Selain kamu bisa mencari kosa kata dari dua dialek bahasa Lampung atau menerjemahkan bahasa Indonesia ke Bahasa Lampung, aplikasi ini juga dilengkapi dengan table untuk menulis langsung aksara Lampung. Jadi tidak hanya contoh tetapi bisa langsung praktik menulis dan ada cara pelafalannya.

3. Kaganga mobile aksara Lampung

Tips Mudah Belajar Bahasa Lampung, Langsung dari GawaimuIDN Times/Istimewa

Aplikasi yang satu ini cocok untuk anak-anak yang ingin belajar bahasa Lampung. Karena di dalamnya tidak hanya terdapat fitur mencari kosa kata saja tetapi juga ada fitur bermain, menulis, belajar dan cawa Lampung atau berbicara.

Menarik bukan? jadi kamu bisa langsung belajar cara berbicara bahasa Lampung yang dipandu oleh aplikasi ini. Cawa Lampung yang disediakan dalam aplikasi ini seperti nama buah atau nama hewan. Kemudian untuk belajar menulis juga diberi contoh penulisan yang benar dan kamu bisa mengikutinya.

4. Tebak bahasa Lampung

Tips Mudah Belajar Bahasa Lampung, Langsung dari GawaimuIDN Times/Istimewa

Setelah belajar aksara dan kosa kata Lampung kamu bisa menggunakan aplikasi yang satu ini untuk menguji kemampuan kamu dalam memahami bahasa Lampung. Karena di dalam aplikasi ini akan ada tebak-tebakkan dalam bahasa Indonesia yang menginstruksikan kamu untuk menulisnya dalam bahasa Lampung.

5. Wa stiker Lampung

Tips Mudah Belajar Bahasa Lampung, Langsung dari GawaimuIDN Times/Istimewa

Untuk menunjukkan kalau kamu sudah jago dalam berbahasa Lampung kamu bisa loh menggunakan stiker bahasa Lampung yang ada di aplikasi ini untuk di membalas pesan teman-teman kamu.

Dalam aplikasi ini ada beragam stiker yang lucu dengan kata-kata dalam bahasa Lmpung yang pas buat membalas pesan WhatsApp. Dan tentunya sangat khas sekali dengan bahasa yang digunakan anak muda Lampung. Misalnya seperti iya tah yai? dang lupa yai? serah niku dan masih banyak lagi.

Topic:

  • Silviana
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya