Cara Kreatif Itera Kenalkan Program Kampus ke Calon Mahasiswa Baru

Itera akan tambah enam prodi baru 2021

Bandar Lampung, IDN Times - Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menggelar kegiatan Open House secara virtual Sabtu-Minggu, 6-7 Februari 2021. Itu ajang mengenalkan kampus kepada calon mahasiswa baru. 

Melalui kegiatan tersebut calon mahasiswa dari seluruh Indonesia diajak hadir ke kampus berlokasi di Lampung Selatan itu secara virtual dan mengenal lebih dekat kehidupan kampus.

1. Ajang mengenal jurusan di ITERA

Cara Kreatif Itera Kenalkan Program Kampus ke Calon Mahasiswa BaruRektor Itera Prof.Ofyar Z Tamin (IDN Times/Istimewa)

Open House ITERA 2021 dibuka langsung oleh Rektor ITERA Prof Ofyar Z Tamin tersebut diikuti lebih dari 1.300 peserta. Menurut rektor, kegiatan virtual bagi calon mahasiswa tersebut untuk memantapkan pilihan jurusan yang akan menjadi jembatan menuju kesuksesan.

“Kami membuka kesempatan bagi calon mahasiswa dan para guru untuk bertanya, dan mencari tahu tentang ITERA. Jangan sampai salah menentukan jurusan, karena sangat penting mengenal prodi, sehingga ketika lulus kalian dapat bekerja sesuai bidang yang diminati,” ujar pria asal Sumatera Barat ini. 

Baca Juga: Begini Strategi Itera Meningkatkan Jumlah Riset Dosen 

2. Bakal menambah enam prodi baru

Cara Kreatif Itera Kenalkan Program Kampus ke Calon Mahasiswa BaruIDN Times/Istimewa

Rektor juga menyampaikan, ITERA lahir karena keinginan pemerintah pusat agar para calon mahasiswa tidak lagi ke Pulau Jawa untuk mengenyam pendidikan sains dan teknologi berkualitas.

Sehingga kampus inihadir untuk menjadi institut pilihan masyarakat dan menjadi center of excellence atau pusat unggulan di Pulau Sumatera. Saat ini ITERA memiliki 35 program studi

Ofyar mengatakan, tahun ininITERA akan menambah enam prodi, dan akan berkembang hingga menjadi 50 prodi di tahun 2025.

“Kami mengusung misi ITERA for Sumatera. Prodi yang dihasilkan adalah betul-betul sesuai kebutuhan Sumatera sebagai salah satu pulau dengan potensi dan permasalahan yang besar yang membutuhkan SDM ahli yang akan diluluskan ITERA,” kata pria hobi bermusik ini.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) ITERA, Eko Satria, dalam laporannya menyampaikan, kegiatan open house menjadi kesempatan ITERA melakukan sosialisasi sebagai upaya pemerataan kesempatan belajar bagi seluruh anak bangsa.

Melalui sosialisasi ini diharapkan calon mahasiswa, orang tua, dan guru mendapatkan informasi lengkap, benar, dan jelas tentang sistem penerimaan mahasiswa baru.

3. Jalur penerimaan ada jalur prestasi khusus

Cara Kreatif Itera Kenalkan Program Kampus ke Calon Mahasiswa BaruIDN Times/Istimewa

Wakil Rektor Bidang Akademik ITERA, Prof Mitra Djamal, menyampaikan, jalur penerimaan mahasiswa baru kampus ini terdiri dari jalur SNMPTN melalui nilai rapor dengan kuota 45 persen, SBMPTN dengan tes 45 persen dan jalur mandiri 10 persen. Jalur Mandiri terdiri dari jalur SMMPTN PTN Barat, dan jalur prestasi khusus.

“Adik-adik dengan prestasi khusus, misal memiliki prestasi di bidang olahraga, atau olimpiade, atau penghafal Alquran dapat memanfaatkan jalur khusus ini,” ujarnya.

Mitra menjelaskan 35 program studi di ITERA, sistem pembiayaan kuliah melalui skema uang kuliah tungga (UKT) hingga kesempatan mendapatkan beasiswa bagi para mahasiswa ITERA.

4. Mahasiswa tak perlu khawatir kuliah di tengah kenormalan baru

Cara Kreatif Itera Kenalkan Program Kampus ke Calon Mahasiswa Baruunsplash.com/terrence thomas

Staf Ahli Rektor sekaligus Ketua BPAKB ITERA, Prof.Deny Juanda Puradimaja, menyampaikan secara rinci tentang konsep ITERA for Sumatera. Tujuannya, memandu percepatan pembangunan Sumatera, lebih maju dan meningkatkan daya saing Sumatera dengan SDM yang mumpuni.

Selain itu, ia juga menyampaikan seputar tatanan kehidupan baru di ITERA di tengah pandemik COVID-19. Calon mahasiswa diharapkan tidak khawatir, dan dapat tetap menuntut ilmu dengan maksimal, tentunya dengan beradaptasi dengan kenormalan baru di ITERA.

ITERA Open House 2021 juga diberikan kesempatan bertanya secara langsung kepada para narasumber, tentang sistem penerimaan mahasiswa, hingga berbagai kegiatan penunjang perkuliahan yang langsung dijawab saat acara.

Baca Juga: Dosen Itera: Batu Meteorit Jangan Dijual, Serahkan ke Negara untuk Diteliti

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya