5 Alasan Mengapa Cowok Enggan Split Bill dengan Pasangannya

Split bill atau gak? Ini dia alasan di balik pilihan cowok

Kamu pernah nggak sih ngalamin hal yang bikin bete pas lagi makan bareng pacar? Misalnya, pas udah selesai makan, kamu mau bayar tagihan makanan kamu sendiri, tapi pacar kamu malah ngotot buat bayar semuanya.

Atau sebaliknya, pas kamu mau bayar tagihan makanan kalian berdua, pacar kamu malah minta bayar masing-masing. Nah, kenapa sih cowok bisa punya sikap kayak gitu? Apa alasan di balik keengganan mereka buat split bill dengan pacarnya? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

1. Ingin menunjukkan keseriusan dan ketertarikan

5 Alasan Mengapa Cowok Enggan Split Bill dengan Pasangannyailustrasi berbincang (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Salah satu alasan mengapa cowok enggan split bill dengan pasangannya adalah karena mereka ingin menunjukkan keseriusan dan ketertarikan mereka pada pasangan. Menurut seorang dating coach bernama Nelly, yang juga dikenal dengan akun TikTok @ask.nelly, tingkat ketertarikan seorang cowok terhadap pasangannya bisa dilihat dari tingkat usaha yang dia lakukan.

Jika cowok mau membayar tagihan makan secara penuh, itu berarti dia menghargai dan menganggap pasangannya sebagai hadiah yang harus dia rebut. Sebaliknya, jika cowok minta split bill, itu bisa berarti dia tidak terlalu tertarik, tidak sopan, pelit, tidak mampu, atau tidak menghormati pasangannya.

2. Ingin menjaga tradisi dan kebiasaan

5 Alasan Mengapa Cowok Enggan Split Bill dengan Pasangannyailustrasi berbincang (pexels.com/cottonbro studio)

Alasan lain mengapa cowok enggan split bill dengan pasangannya adalah karena mereka ingin menjaga tradisi dan kebiasaan yang sudah ada sejak dulu. Menurut Faisa Stafford, presiden dan CEO dari Life Happens, sebuah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang asuransi jiwa, pandangan cowok bahwa mereka harus membayar segalanya dalam hubungan bisa berasal dari ide tradisional cowok harus menjadi pencari nafkah dan penyedia bagi keluarganya, seperti yang sudah diteladankan dari generasi ke generasi.

Dengan demikian, cowok merasa memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk membayar tagihan makan, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk pasangannya.

Baca Juga: 5 Tata Krama dalam Asmara Hanya Dilakukan Pribadi Bermutu

3. Ingin menyatakan dominasi dan kekuasaan

5 Alasan Mengapa Cowok Enggan Split Bill dengan Pasangannyailustrasi berbincang (pexels.com/cottonbro studio)

Alasan ketiga mengapa cowok enggan split bill dengan pasangannya adalah karena mereka ingin menyatakan dominasi dan kekuasaan mereka dalam hubungan. Menurut seorang psikolog bernama Dr. Nikki Goldstein, yang juga merupakan penulis buku Single But Dating, cowok membayar tagihan makan bisa merasa lebih superior dan berkuasa daripada pasangannya.

Hal ini bisa berdampak pada dinamika hubungan, di mana cowok cenderung lebih mengontrol dan menentukan keputusan, sementara pasangan mereka cenderung lebih pasif dan mengikuti. Dengan kata lain, cowok membayar tagihan makan bisa merasa lebih berhak untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dari pasangannya.

4. Ingin menghindari konflik dan rasa canggung

5 Alasan Mengapa Cowok Enggan Split Bill dengan Pasangannyailustrasi pasangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Alasan keempat mengapa cowok enggan split bill dengan pasangannya adalah karena mereka ingin menghindari konflik dan rasa canggung yang mungkin timbul akibat hal itu. Menurut seorang penulis bernama Jessica Wakeman, yang juga merupakan kontributor untuk The Frisky, sebuah situs web yang membahas tentang hubungan dan seksualitas, cowok yang minta split bill dengan pasangannya bisa menimbulkan kesan negatif, seperti tidak romantis, tidak peduli, atau bahkan tidak suka dengan pasangannya.

Hal ini bisa menyebabkan pasangan mereka merasa tersinggung, kecewa, atau marah, yang kemudian bisa memicu pertengkaran atau perpisahan. Oleh karena itu, cowok lebih memilih untuk membayar tagihan makan secara penuh untuk menjaga suasana hati dan hubungan mereka.

5. Ingin memberikan kenyamanan dan kebahagiaan

5 Alasan Mengapa Cowok Enggan Split Bill dengan Pasangannyailustrasi pasangan (pexels.com/cottonbro studio)

Alasan kelima dan terakhir mengapa cowok enggan split bill dengan pasangannya adalah karena mereka ingin memberikan kenyamanan dan kebahagiaan kepada pasangan mereka. Menurut seorang wanita bernama Sarah, yang juga merupakan pengguna TikTok dengan akun @sarahjanebetts, cowok yang membayar tagihan makan bisa membuat pasangan mereka merasa dihargai, dicintai, dan diperhatikan.

Hal ini bisa meningkatkan rasa percaya diri dan kepuasan pasangan mereka, yang kemudian bisa berpengaruh pada kualitas hubungan mereka. Selain itu, cowok yang membayar tagihan makan juga bisa memberikan kesempatan kepada pasangan mereka untuk menghemat uang atau menggunakannya untuk hal lain yang lebih penting.

Nah, itu dia lima alasan yang bisa jadi jawaban buat pertanyaan kamu, kenapa sih cowok nggak mau split bill dengan pacarnya. Tapi, inget ya, alasan-alasan ini gak berlaku buat semua cowok. Ada juga kok cowok yang mau split bill dengan pacarnya, dan itu nggak berarti mereka gak sayang atau nggak serius sama pacarnya.

Baca Juga: 7 Kiat Agar Tidak Kebingungan Saat Dighosting Teman

Muhamad Aldifa Photo Community Writer Muhamad Aldifa

Menulis disaat senggang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya