Comscore Tracker

Hore! Mahasiswa Unila Menang 2 Kategori Kompetisi Nasional Ikabi 2021

Diikuti 172 peserta dari 46 universitas se-Indonesia

Bandar Lampung, IDN Times – Pemenang Kompetisi Nasional Inovasi Kampus Berkelanjutan Indonesia (Ikabi) 2021 diumumkan, Sabtu (14/8/2021). Acara penilaian digelar di Gedung Rektorat Universitas Lampung (Unila) berlangsung sekira lima jam ini berjalan lancar dan penuh antusias.

Juara pertama kategori gagasan tertulis diketuai Akhdan Pangestuaji Widodo diraih tim dari Universitas Telkom. Mereka mengusung gagasan berjudul “Carbon Care: Social Mobile Platform Berbasis Carbon Footprint Calculator dalam Rangka Mengurangi Dampak Perubahan Iklim untuk Mendukung Inovasi Kampus Berkelanjutan di Lingkungan Telkom University”.

Juara kedua dimenangkan tim dari Universitas Lampung dengan judul “Konversi Limbah Masker menjadi Bahan Bakar Minyak dengan Teknologi Pirolisis di Universitas Lampung untuk Mendukung SDGs”. Tim ini diketuai Fatimah El Balqis.

Selanjutnya juara ketiga dari tim Universitas Negeri Padang dengan judul “Pup Pump: Pengolahan Tinja Manusia sebagai Bioenergi Alternatif Pembangkit Listrik Zero Waste” yang diketuai Nurul Pratiwi.

Ada juga juara favorit dimenangkan tim dari Universitas Gadjah Mada dengan judul “myBRANKAS: Inovasi Zero Waste Management sebagai Upaya Mengoptimalisasikan Implementasi Konsep Green Campus di Indonesia” diketuai Tri Prasetyo Dharma Yoga.

Baca Juga: Program Merdeka Belajar, ITERA dan Unila Ada Pertukaran Mahasiswa Tehnik

1. Pemenang mendapat hadiah uang pembinaan

Hore! Mahasiswa Unila Menang 2 Kategori Kompetisi Nasional Ikabi 2021IDN Times/Helmi Shemi

Kompetisi Nasional Ikabi 2021 juga ada kategori lomba videografi. Juara pertama dan kedua dimenangkan tim dari Universitas Budi Luhur dengan video berjudul “Upaya Implementasi Zero Waste di Universitas Budi Luhur” diketuai Andika Dwinata, dan video kedua berjudul “Inovasi Berkelanjutan Bank Sampah Universitas Budi Luhur” yang diketuai Karin Melinda.

Sedangkan juara ketiga, dari tim Universitas Lampung dengan video berjudul “GEUIGeBiCt (Green Energy Utilization Inside a Green)” yang diketuai Aldhi Apriand S.

Untuk juara favorit lomba videografi dimenangkan tim dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dengan video berjudul “MoBe (Mobil Beneng)” yang diketuai Didi Maulana.

Juara pertama lomba gagasan tertulis Kompetisi Mahasiswa Nasional Ikabi 2021 mendapatkan hadiah sebesar Rp3 juta; juara kedua Rp2 juta; dan juara ketiga senilai Rp1.000.000.

Sedangkan juara pertama lomba videografi mendapatkan hadiah senilai Rp1,5 juta; juara kedua Rp1 juta; dan juara ketiga Rp750 ribu. Untuk juara favorit masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp500 ribu.

2. Diikuti 172 peserta dari 46 universitas

Hore! Mahasiswa Unila Menang 2 Kategori Kompetisi Nasional Ikabi 2021Pemenang Kompetisi Nasional Inovasi Kampus Berkelanjutan Indonesia (Ikabi) 2021 diumumkan, Sabtu (14/8/2021). (IDN Times/Istimewa).

Kompetisi Nasional Ikabi 2021 saat proses penilaian terpilih 12 gagasan tertulis terbaik dan 10 video terbaik. Tahap final ini dilangsungkan secara virtual melalui zoom meeting dengan juri-juri yang kompeten di bidangnya sebagai penyeleksi.

Ketua panitia Ikabi 2021, Mahrus Ali, mengatakan, antusiasme peserta Ikabi Unila 2021 sangat terlihat. Terhitung enam minggu sejak pengumuman hingga batas waktu penutupan upload proposal tercatat 172 peserta perwakilan dari 46 universitas se-Indonesia turut berpartisipasi pada ajang nasional ini.

Selama tahap presentasi finalis berlangsung, setiap peserta menunjukkan bakat piawainya. Beragam ide dan gagasan terbarukan muncul. Seperti pada videografi mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dengan gagasan Mobil Beneng (mobil berbahan dasar biodiesel dari talas beneng).

3. Menciptakan kehidupan kampus lebih bersih dan berkelanjutan

Hore! Mahasiswa Unila Menang 2 Kategori Kompetisi Nasional Ikabi 2021IDN Times/Silviana

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unila, Asep Sukohar, mengatakan, kegiatan digelar secara daring atas kerja sama Universitas Lampung GreenMetric dan Universitas Indonesia GreenMetric.

Kegiatan ini bertujuan mendorong para mahasiswa untuk ikut menuangkan pemikirannya dalam menciptakan kehidupan kampus lebih bersih dan berkelanjutan.

“Dengan maraknya kondisi degradasi lingkungan saat ini, terdapat peran penting sivitas akademika untuk ikut ambil bagian dalam proses mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs). Adanya kegiatan ini (Ikabi 2020) , salah satu manifestasi dari penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi yang berkualitas telah dilaksanakan bersama,” papar pria berkacamata ini.

Baca Juga: Kompetisi Ikabi Unila, Juri Nilai 100 Karya Mahasiswa 35 Universitas

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya