Akuatik Indonesia Lampung Dorong Realisasi Kolam Renang Prestasi Atlet

Upaya maksimalkan latihan atlet renang Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Akuatik Indonesia mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung segera merealisasikan pembangunan Kolam Renang Prestasi di area venue Kolam Renang Pahoman, Kota Bandar Lampung.

Ketua Akuatik Indonesia Lampung, Ade Utami Ibnu mengatakan, rancangan penambahan kolam renang prestasi tersebut sudah rampung. Kini hanya tinggal menunggu realisasi pembangunan fisik dari Pemprov Lampung.

"Ini sudah jadi semangat kami semua, pak gubernur juga sudah semangat dan mudah-mudahan di tahun akan datang bisa cepat direalisasikan," ujarnya usai membuka Lampung OSC Gubernur Cup V 2023, Sabtu (25/11/2023).

Baca Juga: Ribuan Perenang Adu Cepat di Kejuaraan Lampung OSC Gubernur Cup V 2023

1. Fasilitas latihan atlet renang sudah tidak maksimal

Akuatik Indonesia Lampung Dorong Realisasi Kolam Renang Prestasi AtletKetua Akuatik Indonesia Lampung, Ade Utami Ibnu saat menghadiri kejuaraan Lampung OSC Gubernur Cup V 2023 di Kolam Renang Pahoman. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Ade menyampaikan, kolam renang prestasi itu nanti akan dimanfaatkan khusus para atlet daerah. Menurutnya, keberadaan fasilitas ini amat penting, untuk menunjang fasilitas latihan atlet-atlet Lampung, hingga bisa mencatatkan prestasi di kancah nasional.

Menurutnya, fasilitas latihan atlet renang Lampung kini dipusatkan di venue Kolam Renang Pahoman sudah tidak memungkinkan. Pasalnya, peruntukkan kolam renang sepanjang 50 meter itu bercampur dengan masyarakat umum.

"Sangking ramainya, atlet-atlet kita ini kalau latihan bisa kaki ketemu kaki karena semuanya campur satu di sini. Jadi latihan tidak maksimal," tukas Anggota DPRD Provinsi Lampung tersebut.

2. Janjikan sederet prestasi lewat kolam renang prestasi

Akuatik Indonesia Lampung Dorong Realisasi Kolam Renang Prestasi AtletLampung Open Swimming Championship (OSC) Gubernur Cup V 2023. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Seiring keberadaan kolam renang prestasi tersebut, Ade amat optimis, pihaknya akan memaksimalkan kemampuan atlet-atlet renang daerah, untuk menyumbangkan sederet prestasi mentereng bagi Provinsi Lampung lewat cabang olahraga renang.

Apalagi, potensi dan bakat atlet daerah di Provinsi Lampung saat ini amat luar biasa dan terbilang merata se-kabupaten/kota, bukan hanya di ibukota provinsi Bandar Lampung.

"Sekarang hampir semua kabupaten sudah punya atlet-atlet nya dan kemarin di Porwil yang mempersembahkan emas saja dari Lampung Timur, Pringsewu. Sudah merata, luar biasa antusiasnya," ucap politisi PKS tersebut.

3. Pembangunan masih dibahas dan berproses

Akuatik Indonesia Lampung Dorong Realisasi Kolam Renang Prestasi AtletKejuaraan Lampung OSC Gubernur Cup V 2023 di Kolam Renang Pahoman, Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Merespon realisasi kolam renang prestasi ini, Kadispora Provinsi Lampung, Descatama Paksi Moeda mengatakan, pembahasan pembangunan masih berproses. Kendati demikian, ia meyakini pemerintah daerah selalu berkomitmen terus memberikan terbaik untuk Provinsi Lampung.

Komitmen itu dibuktikan inisiasi Gubernur Arinal Djunaidi untuk membangun arena Sport Center, yang bakal mengintegrasikan pemusatan latihan para atlet daerah di berbagai cabang olahraga, khususnya diperlombakan dalam ajang PON.

"Kita tahu, pak gubernur sekarang menjabat ketua umum KONI. Artinya, beliau sangat konsen pada olahraga, soal bagaimana (kolam renang prestasi diminta) nanti kita lihat, tentunya, perlu dukungan dari masyarakat Lampung," tandas dia.

Baca Juga: 2 Perangkat Kampung di Way Kanan Korupsi Anggaran Desa Rp1,02 Miliar

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya