5 Eks Liverpool Kini Bermain di Saudi Pro League 2023/2024

Banyak juga ya, eks pemain Liverpool di Liga Arab Saudi

Saudi Pro League (SPL) dalam dua tahun terakhir menjadi destinasi baru bagi pesepak bola bermain di Eropa untuk melanjutkan karier di Asia. Kedatangan mereka ke negara kaya minyak itu semakin banyak usai kepindahan Cristiano Ronaldo dari Manchester United ke Al-Nassr.

Faktor gaji tinggi menjadi alasan banyaknya pesepak bola untuk pindah ke SPL. Kepindahan itu didominasi oleh para pemain yang pernah bermain di Liga Inggris. Apabila dilihat dari faktor usia, banyak dari mereka telah menginjak usia kepala tiga.

Dari banyaknya eks pemain Liga Inggris di Saudi Pro League, lima di antaranya adalah mantan pemain Liverpool. Nah, berikut ini lima eks pemain Liverpool sekarang bermain di Saudi Pro League 2023/2024.

1. Fabinho, gelandang tangguh pengatur serangan asal Brasil

5 Eks Liverpool Kini Bermain di Saudi Pro League 2023/2024Fabinho bersama Al-Ittihad. (instagram.com/ittihadclub.sa)

Setelah lima musim membela The Reds, Fabinho memutuskan untuk bermain di Saudi Pro League bersama Al-Ittihad. Diboyong dari Liverpool dengan biaya lebih dari Rp811 miliar, pemain asal Brasil itu akan bermain di SPL hingga 2026. Saat masih di Liverpool, Fabinho memainkan 219 pertandingan dengan kontribusi sebelas gol dan sepuluh assist.

Saat ini, pemain pernah berseragam Real Madrid Castilla itu telah diturunkan dalam sebelas pertandingan di tiga kompetisi berbeda dan mencetak satu assist. Di Al-Ittihad, Fabinho bermain satu tim dengan N’Golo Kante, rivalnya saat masih bermain di Liga Inggris. Selama membela Al-Ittihad, Fabinho mendapatkan gaji £692,000 atau Rp13,4 miliar per pekan.

2. Sadio Mane, masih belum habis dalam mencetak gol

5 Eks Liverpool Kini Bermain di Saudi Pro League 2023/2024Sadio Mane di Al-Nassr. (instagram.com/alnassr)

Tawaran gaji £650,000 atau Rp12,6 miliar per pekan mampu membuat Sadio Mane yang baru semusim di Bundesliga untuk meninggalkan Bayern Munich dan bergabung dengan Al-Nassr. Bersama Bayern Munich, Mane melakoni 38 pertandingan dan mencetak 12 gol serta enam assist.

Sebelum bergabung Die Roten, Mane pernah bersama Liverpool selama enam musim dari 2016—2022 dengan catatan 269 penampilan, 120 gol, dan 48 assist. Sadio Mane diboyong dengan mahar lebih dari Rp520 miliar dan akan berada di AlAwwal Park Stadium selama tiga musim mendatang.

Di Al-Nassr, pemain 31 tahun itu bermain dengan para eks pemain Liga Inggris seperti Aymeric Laporte, Alex Telles, dan Cristiano Ronaldo. Saat ini, pemain berpaspor Senegal itu sudah memainkan 12 pertandingan di Saudi Pro League dan menyumbangkan enam gol dan dua assist.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Berpotensi jadi Andalan Timnas Inggris

3. Roberto Firmino, mengasah ketajaman di tanah Arab

5 Eks Liverpool Kini Bermain di Saudi Pro League 2023/2024Roberto Firmino di Al-Ahli. (instagram.com/roberto_firmino)

Didatangkan dengan bebas transfer usai menolak memperpanjang kontrak bersama Liverpool, Roberto Firmino memilih bergabung Al-Ahli. Pemain yang berposisi sebagai penyerang itu mendapatkan upah £326,000 atau Rp6,3 miliar per pekan dari klub yang bermarkas di Jeddah tersebut.

Di Al-Ahli, Firmino bermain satu tim dengan rekrutan baru lainnya seperti Riyad Mahrez dan Edouard Mendy. Selama delapan musim bermain bersama Liverpool, Firmino telah memainkan 362 pertandingan dengan 111 gol dan 79 assist.

Pemain 32 tahun itu juga banyak memenangkan gelar bersama Liverpool seperti Liga Champions, Liga Inggris, Piala FA, hingga Piala Dunia Antar Klub. Bersama Al-Ahli, Firmino saat ini sudah bermain dalam 12 laga dengan mencetak tiga gol dan tiga assist.

4. Georginio Wijnaldum, mencoba peruntungan baru setelah lama di Eropa

5 Eks Liverpool Kini Bermain di Saudi Pro League 2023/2024Georginio Wijnaldum di Al-Ettifaq. (instagram.com/ettifaq)

Sempat selama semusim dipinjamkan PSG ke AS Roma, Georginio Wijnaldum akhirnya berlabuh ke Al-Ettifaq. Pemain yang pernah berseragam Liverpool itu direkrut Al-Ettifaq dengan biaya Rp139 miliar dan bayaran £286,000 atau Rp5,5 miliar per pekan.

Selama lima musim bersama The Reds, Wijnaldum mencatatkan 237 penampilan dengan 22 gol dan 16 assist. Kini, pemain asal Belanda tersebut dilatih oleh Steven Gerrard, legenda Liverpool yang juga didatangkan Al-Ettifaq pada Juli 2023.

Sejauh ini, Wijnaldum bersama Al-Ettifaq telah melakoni sembilan pertandingan dengan capaian lima gol dan satu assist. Wijnaldum mengawal lini tengah Al-Ettifaq bersama Jordan Henderson yang juga didatangkan dari The Reds.

5. Jordan Henderson, legenda Liverpool menjadi kapten di klub barunya

5 Eks Liverpool Kini Bermain di Saudi Pro League 2023/2024Jordan Henderson bermain bersama Al-Ettifaq. (instagram.com/jordanhenderson)

Berstatus legenda Liverpool karena 12 musim bermain di Anfield, Jordan Henderson menyusul Steven Gerrard yang juga legenda Liverpool untuk bergabung Al-Ettifaq. Pemain 33 tahun itu diboyong Al-Ettifaq dengan biaya Rp243 miliar dan dikontrak hingga 2026.

Bersama Al-Ettifaq, Henderson mandapatkan penghasilan £692,000 atau Rp13,4 miliar per pekan. Saat masih bermain untuk Liverpool, Jordan Henderson telah memainkan 492 pertandingan dengan 33 gol dan 61 assist.

Pemain asal Inggris itu juga banyak menyumbangkan gelar bagi The Reds. Saat ini, Henderson yang juga menjabat sebagai kapten Al-Ettifaq, sudah memainkan 13 pertandingan di Saudi Pro League dan King’s Cup dengan torehan lima assist.

Meskipun usia sudah menginjak 30 tahun, namun dengan fisik yang masih bagus, mereka masih bisa berkontribusi untuk tim. Tawaran gaji tinggi ternyata mau menyilaukan mata para bintang pesepak bola Eropa untuk datang ke tanah Arab.

Baca Juga: Agar Nyaman Bergerak, Cek 6 Hal Sebelum Membeli Legging Olahraga

Moh Ikhsani Photo Community Writer Moh Ikhsani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya