Diduga Rem Blong, Truk Senggol 2 Pemotor di Bandar Lampung

Rem tidak berfungsi

Bandar Lampung, IDN Times - Rekaman CCTV memperlihatkan truk Fuso warna hijau diduga ugal-ugalan saat melintas di jalan sempit. Akibat kejadian ini truk menyenggol beberapa pesepeda motor dan viral di media sosial (medsos) akun Instagram.

Kejadian viral tersebut diketahui berlangsung di Jalan Kebersihan, Kelurahan Gedong Air, Kota Bandar Lampung tepat di depan Masjid Nurul Huda, Selasa (16/8/2022) sekitar pukul 06.36 WIB.

Dari video viral diterima IDN Times, terlihat sebuah truk di jalanan sempit padat kendaraan bermotor melintas kecepatan tinggi. Mobil nopol BK 9758 TK tersebut bahkan sempat menyenggol dua sepeda motor, satu di antaranya membuat pemotor tersungkur di jalan.

Melihat truk berkecepatan tinggi, sontak sejumlah pengendara dari lawan arah memilih keluar dari jalan raya. Tampak seorang bocah penumpang sepeda motor masih mengenakan seragam sekolah melompat ke tepi jalan.

Baca Juga: Kecelakaan Maut Motor Vs Truk Pertamina! Mahasiswa Lampung Meninggal

1. Rem tidak berfungsi saat menuruni tikungan tajam

Diduga Rem Blong, Truk Senggol 2 Pemotor di Bandar LampungSopir Truk Fuso warna hijau, Syamsuddin. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Berdasarkan pengakuan sang sopir, Syamsudin (67), truk mengangkut muatan platik tersebut diketahui berangkat dari Medan, Sumatera Utara menuju Kota Bandar Lampung hendak mengantarkan sebagian pesanan pada muatan.

Dari arah Jalan Imam Bonjol truk menuju ke gudang berada di Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Kelapa Tiga, Tanjungkarang Barat. Tapi saat melintas turunan dan tikungan tajam di Gedong Air, truk diduga kehilangan fungsi rem

"Dari atas (turunan pada tikungan tajam) rem mobil sudah membatu (tidak berfungsi). Kemudian saya tabrakan mobil ke taman agar memperlambat laju," ucapnya.

2. Sopir pilih tabrak taman hindari kerumunan warga

Diduga Rem Blong, Truk Senggol 2 Pemotor di Bandar LampungRekaman CCTV memperlihatkan sebuah Truk Fuso warna hijau berkendara diduga ugal-ugalan di jalan sempit hingga menyenggol beberapa pesepeda motor di Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Meski insiden rem blong sempat terjadi, Syamsuddin mengaku bersyukur peristiwa nahas tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan hanya menyerempet kendaraan sepeda motor. Ia pun telah menghubungi pihak perusahaan.

"Jarak mobil melintas dari turunan ada sekitar 100 meter. Saya terpaksa banting stir ke sisi kanan, beruntung ada taman untuk menghentikan laju mobil," imbuh dia.

3. Tidak ada korban jiwa

Diduga Rem Blong, Truk Senggol 2 Pemotor di Bandar LampungRekaman CCTV memperlihatkan sebuah Truk Fuso warna hijau berkendara diduga ugal-ugalan di jalan sempit hingga menyenggol beberapa pesepeda motor di Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Kanit Gakkum Satlantas Polresta Bandar Lampung, Ipda Gunawan membenarkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan hanya terdapat dua pengendara sepeda motor mengalami luka lecet.

Menurutnya, sopir juga membuang lajur untuk menghindari kerumunan warga tengah menggelar resepsi hajatan, sehingga truk masuk ke jalan Sultan Badarudin dan mobil terhenti setelah menabrak taman.

"Korban tidak ada, kerugian materil akibat kerusakan diperkirakan 2 juta Rupiah. Sopir truk sudah dimintai keterangan," tandas dia.

Baca Juga: Duh! Truk Pengangkut Paket Terbakar di Jalan Tol Lampung Selatan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya