CEK FAKTA: Pemprov Lampung akan Bangun Lima Pelabuhan Baru

Ada rute Mesuji-Bangka?

Intinya Sih...

  • Pemerintah Provinsi Lampung merencanakan pembangunan lima pelabuhan baru, termasuk Pelabuhan Mesuji, Menggala, Labuhan Maringgai, Sebalang, dan Teluk Betung.
  • Pelabuhan Mesuji akan melayani rute penyeberangan langsung dari Mesuji ke Bangka dan sebaliknya untuk penyeberangan orang dan perdagangan.
  • Pemerintah daerah berharap pelabuhan-pelabuhan baru tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dijadikan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) baru.

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung merencanakan pembangunan lima pelabuhan baru meliputi Pelabuhan Mesuji, Menggala, Labuhan Maringgai, Sebalang, dan Teluk Betung.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo mengatakan, keberadaan kelima pelabuhan itu diharapkan menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) baru. Target awal pembangunan Pelabuhan Sebalang.

"Pelabuhan Mesuji, Menggala, Maringgai, Sebalang dan Teluk Betung. Nah, lima pelabuhan ini nanti akan kita kelola dan kita operasionalkan," ujarnya saat dimintai keterangan, Kamis (4/1/2023).

Baca Juga: Kabar Gembira! Bandara Radin Inten II Buka Rute Tujuan Bali dan Jogja

1. Akan ada rute penyeberangan Mesuji - Bangka

CEK FAKTA: Pemprov Lampung akan Bangun Lima Pelabuhan BaruKepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dijelaskan Bambang, pelabuhan Mesuji nanti akan melayani rute penyeberangan langsung dari Mesuji ke Bangka dan sebaliknya. Penyeberangan ini tidak hanya melayani penyeberangan orang, tapi juga bisa diperuntukkan sebagai pelabuhan perdagangan.

"Ini upaya pemerintah daerah, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khusus di Kabupaten Mesuji dan sekitarnya," ucapnya.

Kemudian Pelabuhan Sebalang juga akan dijadikan sebagai pelabuhan umum. Artinya, dapat difungsikan sebagai penyeberangan logistik hingga penumpang. "Yang jelas, di situ logistik seperti batu bara, batu split, pasir bisa hingga nanti komoditi-komoditi ini bisa dibawa kemana-mana," tambah Bambang.

2. Pelabuhan Teluk Betung diperuntukkan sebagai pelabuhan penghubung pariwisata

CEK FAKTA: Pemprov Lampung akan Bangun Lima Pelabuhan BaruTeluk Kiluan (instagram.com/smileventure420)

Pelabuhan Teluk Betung, kata Bambang, pelabuhan dari zaman Belanda ini diharapkan menjadi pelabuhan penghubung pariwisata hingga wisata kuliner dari atau ke ibukota provinsi, Bandar Lampung.

"Jadi wisatawan yang ingin ke Sebalang, Tegal Mas, Pantai Kiluan bisa dari Pelabuhan Teluk Betung. Itu tinggal kita normalisasi sungai saja, nanti pasti bisa dikembangkan kemana-mana dan dekat dengan Bandar Lampung," harapnya.

3. Realisasi pembangunan ditargetkan 2027

CEK FAKTA: Pemprov Lampung akan Bangun Lima Pelabuhan BaruPenampakan tepi dermaga Pelabuhan Sebalang. (Instagram/@bpkadprovlampung).

Ihwal realisasi rencana pembangunan kelima pelabuhan baru tersebut, Bambang menyampaikan, pemerintah daerah telah melimpahkan rencana pembangunan itu ke kementerian terkait. Nanti baru akan dilanjutkan penyusunan dokumen kajian sebelum akhirnya dimulai pembangunan.

Terkait urusan pendanaan, pemerintah daerah akan menggandeng investor alias pihak ketiga, untuk ikut andil menyokong dana agar proses pembangunan dapat lebih cepat dan ringan.

"Target, satu sampai dua tahun ini kita menyiapkannya, tiga tahun kedepan mudah-mudahan rencana pembangunan ini sudah terealisasi," tandas kadishub.

Baca Juga: Pemprov Lampung akan Punya Kapal Eksekutif Layani Rute Bakauheni-Merak

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya