Comscore Tracker

Ingat Ya! Masuk Bandar Lampung Mulai 6 Mei Harus Penuhi Syarat Ini 

Jika tidak sesuai syarat, ini bakal dialami pendatang

Bandar Lampung, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung menyiapkan 1.000 alat rapid test antigen. Itu akan digunakan untuk mengecek para pelaku perjalanan yang berasal dari luar Lampung.

Kepala Dinas Kesehatan Bandar Lampung, Edwin Rusli, mengatakan, 1.000 alat tersebut akan digunakan dalam waktu satu pekan di setiap posko COVID-19 perbatasan di Kota Bandar Lampung.

"Tidak semua yang masuk Bandar Lampung dirapid, gak mungkin cukup. Jadi kita acak siapa yang paling panas suhunya atau keliatan paling lemas kita rapid," kata Edwin, Rabu (14/4/2021).

1. Minta surat rapid test antigen pelaku perjalanan

Ingat Ya! Masuk Bandar Lampung Mulai 6 Mei Harus Penuhi Syarat Ini Petugas Satgas COVID-19 Kota Bandar Lampung membuka posko gratis di perbatasan kota/kabupaten pemeriksaan rapid test gratis bagi pengendara, Senin (26/10/2020). (IDN Times/Istimewa).

Menurut Edwin, rapid test tersebut akan dimulai 6 Mei 2021. Selain melakukan rapid test, tim satgas COVID-19 juga akan meminta surat rapid test antigen pada pelaku perjalanan.

"Harapan kita semua masyarakat yang masuk Bandar Lampung dalam keadaan sehat jadi jangan membuat klaster baru," terangnya.

2. Tim satgas buka lima posko

Ingat Ya! Masuk Bandar Lampung Mulai 6 Mei Harus Penuhi Syarat Ini Petugas Satgas COVID-19 Kota Bandar Lampung membuka posko gratis di perbatasan kota/kabupaten pemeriksaan rapid test gratis bagi pengendara, Senin (26/10/2020). (IDN Times/Silviana).

Pantauan IDN Times sejak hari ini, Rabu (14/4/2021) Satuan Tugas Penanganan COVID-19 sudah mulai membuka lima posko penyekatan pembatasan di Kota Bandar Lampung.

Menurut Juru Satgas COVID-19 Kota Bandar Lampung, Ahmad Nurizki, lima posko tersebut berada di Lapangan Baruna Panjang, Perumahan BKP Kemiling, Tugu Radin Inten Rajabasa, Polsek Sukarame, dan di Jalan Ir Sutami Lematang.

Baca Juga: Eva Dwiana Izinkan Salat Tarawih dan Jualan Takjil selama Ramadan

3. Jika tak membawa surat rapid antigen pengendara diminta putar balik

Ingat Ya! Masuk Bandar Lampung Mulai 6 Mei Harus Penuhi Syarat Ini IDN Times/Dini Suciatiningrum

Rizki mengatakan, pelaksanaan razia penegakan protokol kesehatan itu dibagi menjadi dua shift yaitu sejak pukul 18.00-16.00 WIB dan 16.00-24.00 WIB.

"Kalau masuk Bandar Lampung wajib membawa hasil swab PCR negatif dan rapid testnya antigen 3 x 24 jam dari keberangkatan," terangnya.

Jika tidak melengkapi persyaratan tersebut pelaku perjalanan akan diminta putar balik atau tidak diperbolehkan masuk Bandar Lampung.

4. Bandar Lampung harus steril

Ingat Ya! Masuk Bandar Lampung Mulai 6 Mei Harus Penuhi Syarat Ini Lampung Elephant Park. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan, pihaknya tidak bermaksud menghalangi para pendatang yang akan masuk Kota Bandar Lampung.

Peraturan tersebut menurutnya sebagai upaya untuk membuat Kota Bandar Lampung aman dari penyebaran COVID-19. Namun pihaknya juga tak menampik, adanya pendatang atau wisatawan tentu akan menambah pemasukan pelaku usaha si Kota Tapis Berseri ini.

"Kita hanya sesuai prosedur karena Bandar Lampung mau masuk zona hijau jadi harus steril. Kita harus sambut pendatang dengan senyum terbaik," ujar Eva.

5. Sediakan alat swab

Ingat Ya! Masuk Bandar Lampung Mulai 6 Mei Harus Penuhi Syarat Ini Ilustrasi Swab Test. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Menurut wali kota, untuk pendatang yang masuk Kota Bandar Lampung nanti akan diminta surat vaksinasi. Jika tidak  memiliki surat tersebut maka akan dilakukan tes swab PCR.

"Kita sudah sediakan alatnya (rapid test antigen. Tapi kalau mereka tidak ada surat vaksin dan tidak mau dites, akan kita putar balik. Kalau sesuai syarat ya boleh saja masuk Bandar Lampung," jelas Eva.

Baca Juga: Kala Wagub Nunik dan Wali Kota Eva Kompak Tinjau Sampel Makanan di Pasar

Topic:

  • Silviana
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya