Erlangga Giat Literasi 2024 di Lambar: Tingkatkan Minat Baca Anak

Diisi aktivitas menarik dari mewarnai sampai story telling

Intinya Sih...

  • Erlangga Giat Literasi Keliling Nusantara 2024 sukses digelar di Lampung Barat, diikuti oleh 200 anak TK hingga SD
  • Kegiatan ini bertujuan meningkatkan minat baca dan kreativitas anak-anak melalui story telling dan mewarnai
  • Program Erlangga Giat Literasi Keliling Nusantara telah diikuti oleh 1.700 anak dari 11 kabupaten di Indonesia sejak dimulai pada 2023

Lampung Barat, IDN Times - Erlangga Giat Literasi Keliling Nusantara 2024 sukses digelar di Lampung, Senin (29/1/2024). Kegiatan ini disambut antusias dan dihadiri sekitar 200 anak-anak dari kelompok usia TK sampai SD di Lampung Barat.

Kegiatan bekerja sama dengan Gerakan Literasi Daerah (GLD) Lampung Barat ini digelar di Balai Pekon Karang Agung dan merupakan lokasi kedua dari tur keliling nusantara setelah Kota Cianjur.

Erlangga Giat Literasi ini memiliki berbagai aktivitas menarik bertujuan untuk meningkatkan minat baca, kreativitas, dan ekspresi anak-anak melalui kegiatan story telling dan mewarnai.

Baca Juga: Kampanye di Lampung, Surya Paloh: NasDem Bukan Partai Cari Masalah

1. Giat literasi memang harus dilaksanakan secara rutin

Erlangga Giat Literasi 2024 di Lambar: Tingkatkan Minat Baca AnakErlangga Giat Literasi 2024 di Lampung Barat. (IDN Times/Istimewa)

Ketua GLD Lampung Barat Partinia menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara acara karena giat literasi khususnya di Lampung memang sangat penting dan harus secara rutin dilaksanakan.

“Kami berharap dengan kegiatan ini, masyarakat khususnya anak-anak di Lampung bisa meningkatkan kecintaannya terhadap buku dan literasi, serta gemar membaca,” ujarnya.

Kepala Cabang Penerbit Erlangga Lampung, Linggom berharap, kegiatan literasi ini bisa menambah semangat anak-anak untuk meningkatkan minat baca dan kreativitas.

“Sejak dimulai pada 2023 sampai saat ini, Erlangga Giat Literasi telah diikuti oleh sebanyak 1.700 anak dari 11 kabupaten di seluruh Indonesia,” tuturnya.

2. Tak hanya membaca buku, anak-anak juga bisa ikut lomba mewarnai

Erlangga Giat Literasi 2024 di Lambar: Tingkatkan Minat Baca AnakIlustrasi seseorang yang sedang mewarnai (pixabay.com/ponce_photography)

Setelah itu anak-anak pun mengikuti kegiatan mewarnai bersama. Dengan lembar kertas yang sudah disediakan oleh pihak penyelenggara. Anak-anak terlihat sangat antusias memberi aneka warna pada kertas bergambar tersebut.

Meski begitu, kegiatan mewarnai ini juga akan dipilih beberapa hasil terbaiknya untuk diberikan hadiah di akhir acara. Selain itu, Erlangga juga melakukan penyerahan piagam penghargaan dan donasi kepada pihak GLD.

“Jadi anak yang datang ke sini tidak hanya bisa membaca buku, kita juga ada lomba mewarnai. Untuk kertas gambar dan krayonnya disiapkan oleh pihak kami jadi anak bisa mewarnai dengan bebas,” kata Partinia.

3. Bertujuan menumbuhkan minat baca anak dan mutu pendidikan Indonesia

Erlangga Giat Literasi 2024 di Lambar: Tingkatkan Minat Baca Anakfreepik

Pada acara utama, anak-anak juga mendengarkan story telling yang dibawakan oleh pendongeng terkenal Lampung, Jarwo Songha dan teman bonekanya Bruno. Sesi story telling terlihat semakin meriah ketika Bruno mengajak anak-anak berkomunikasi.

“Anak-anak cukup antusias ya dengan story telling yang dibawakan oleh Kak Jarwo dan tentunya cerita yang dibawakan sesuai dengan tema yang sedang kita bawakan yakni cinta literasi,” jelasnya.

Partinia melanjutkan mereka juga melakukan aksi penanaman pohon di area kegiatan dan penyerahan hadiah pada pemenang lomba mewarnai dan peserta berprestasi.

Diketahui, Program Erlangga Giat Literasi Keliling Nusantara telah ada sejak 2023 lalu. Bertujuan mewujudkan pembangunan berkelanjutan, Erlangga berupaya untuk menumbuhkan minat baca anak dan mutu pendidikan Indonesia.

Baca Juga: 22 Brimob Terlibat Kerusuhan dengan Suporter Tarkam di Lampung Tengah

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya