Comscore Tracker

Pertamina Pasok BBM Dex dan Avtur Latihan Tempur TNI dan US Army

Latihan 1- 14 Agustus 2021 di Baturaja, Sumatera Selatan

Bandar Lampung, IDN Times - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) Sumbagsel mendukung suksesnya kegiatan Latma (Latihan Bersama) Garuda Shield Tahun 2021. Latma digelar 1- 14 Agustus 2021 di Baturaja, Sumatera Selatan.

Pjs Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Agustina Mandayati mengatakan, dukungan Pertamina akan menyalurkan kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamina Dex, Avtur dan Pelumas.

"Rencananya Pertamina akan menyalurkan kebutuhan BBM jenis Pertamina Dex sebesar 71,6 KL," jelasnya dalam keterangan tertulis diterima IDN Times, Sabtu (31/7/2021).

Baca Juga: Pertamina Tambah Stok LPG 3 Kg 853 Metrik Ton di  Lampung

1. Sediakan fasilitas alat pengisian ke tangki

Pertamina Pasok BBM Dex dan Avtur Latihan Tempur TNI dan US ArmyPT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) Sumbagsel mendukung suksesnya kegiatan Latma (Latihan Bersama) Garuda Shield Tahun 2021. (IDN Times/Istimewa).

Agustina menjelaskan, pihaknya juga sudah menyalurkan avtur sebesar 128 KL. Penyaluran melalui DPPU SMB II dari rencana kebutuhan sebesar 453,4 KL.

Selain itu, Pertamina menyediakan fasilitas refueler sebagai alat pengisian ke tangki dan refueler US Army serta menyediakan dua unit bridger.

"Pertamina siap untuk memenuhi kebutuhan suplai BBM, avtur dan pelumas baik untuk TNI maupun US Army hingga selesai kegiatan Latma Garuda Shield ini," jelas Agustina.

2. Program Latma ke-15

Pertamina Pasok BBM Dex dan Avtur Latihan Tempur TNI dan US ArmyTentara Amerika Serikat mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Agustina menjelaskan, Latma Garuda Shield merupakan program latihan bersama antara TNI AD dengan US Army. Tahun ini merupakan program Latma Garuda Shield ke-15 dengan materi latihan terdiri dari latihan lapangan, menembak, medis dan penerbangan.

Kegiatan Latma bertujuan meningkatkan kerja sama antara TNI dengan Divisi Infanteri ke-25 Amerika Serikat (US Army).

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan keamanan regional dan menyiapkan sarana capacity building bagi negara pengirim pasukan PBB. Program ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan bilateral kedua negara.

3. Kerahkan 4.528 personel

Pertamina Pasok BBM Dex dan Avtur Latihan Tempur TNI dan US ArmyTentara Amerika Serikat mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Latihan gabungan kedua negara menjadi momen latihan gabungan terbesar ke dua negara. Pasalnya, ada sekitar 4.528 personel kedua belah pihak. Untuk TNI AD ada sekitar 2.246 personel, sedangkan US Army sekitar 2.282 personel.

Tujuan dari latihan bersama ini adalah untuk meningkatkan kerjasama dan kemampuan prajurit TNI AD dengan AD Amerika Serikat dalam pelaksanaan tugas operasi," jelas dia.

Latihan ini nantinya akan berlangsung di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) tepatnya di Kota Baturaja. Sedangkan dua lokasi lain berada di Amborawang Kalimantan Timur dan Makalisung Sulawesi Utara. Adapun materi latihan bersama mengenai, Staff Exercise, Field Training Exercise, Live Fire Exercise, Medical Exercise, dan Aviation.

Baca Juga: Pertashop Jadi Peluang Usaha bagi Mitra Pertamina di Pesisir Barat

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya