Baseball dan Softball Lampung Semifinal, Ini Skema Lolos Final PON

Ada peluang keduanya lolos final dan raih medali emas?

Bandar Lampung, IDN Times - Tim baseball dan softball Lampung menjejakkan kaki ke semifinal Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua. Menariknya, dua tim ini menyandang status pemuncak klasemen alias rangking satu di fase penyisihan.

Baseball Lampung berada di posisi teratas dan berturut-turut diikuti DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Tim Baseball Lampung peringkat pertama lantaran menyapu bersih lima laga penyisihan selalu menang. Tim ini mengatasi perlawanan Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, tuan rumah Papua, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

Sedangkan Tim Softball Lampung peringkat pertama lantaran mencatat empat kemenangan dan satu kali kalah. Tim besutan Yolly Maristo mengandaskan juara bertahan Sulawesi Tenggara, tuan rumah Papua, Banten, dan Kalimantan Timur. Satu kekalahan kala melawan tim DKI Jakarta.

Bagaimana peluang dua cabor ini menghadapi lawan di semifinal dan peluang lolos babak final? Pelatih softball dan baseball angkat bicara terkait peluang itu.

1. Babak semifinal baseball Lampung lawan Banten

Baseball dan Softball Lampung Semifinal, Ini Skema Lolos Final PONpexels.com/Erick Contreras

Tim baseball Lampung masih menyisakan satu pertandingan terakhir melawan Banten, Kamis (30/9/2021). Uniknya, apapun hasil pertandingan ini, tak menggoyahkan posisi Tim Baseball Lampung di puncak.

“Apapun hasilnya (melawan Banten) kita tetap rangking satu. Ini ibarat pertandingan pemanasan sebelum semifinal. Kita anggap ujicoba latihan sebelum semifinal,” kata Pelatih Baseball Lampung, Rully Nugroho Parnanto, Rabu (29/9/2021).

Menariknya lagi, babak semifinal, Baseball Lampung berada di rangking satu kembali akan menghadapi tim peringkat empat yaitu Banten. “Apabila menang kita akan melangkah ke final,” ujar Rully.

Baca Juga: Update Laga Keempat Baseball dan Softball Lampung PON, Lawan Dilibas!

2. Peluang tim softball masuk grand final terbuka lebar?

Baseball dan Softball Lampung Semifinal, Ini Skema Lolos Final PONTim Softball Putra Lampung menang 11-3 melawan tim Sulawesi Tenggara di PON Papua 2021, Rabu (22/9/2021). (Instagram.com/perbasasilampung).

Bagaimana dengan Tim Softball Lampung? Tim ini berada di peringkat pertama dan berturut-turut diikuti DKI Jakarta, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Hasil ini sekaligus menempatkan Tim Softball Lampung berada di pagesystem atas. Pelatih Tim Softball Putra Lampung, Yolly Maristo menjelaskan, babak semifinal timnya akan menghadapi DKI Jakarta berstatus rangking 2.

“Jika menang atas DKI Jakarta kita akan langsung ke grand final memperebutkan medali emas. Namun, seandainya kalah, kita juga masih tetap berpeluang ke grand final menghadapi pemenang antara tim rangking tiga (Sulawesi Tenggara) dan rangking empat (Papua),” jelas Yolly.

Ia menambahkan, timnya saat ini fokus menghadapi DKI Jakarta di semifinal. Menurutnya, kekalahan di fase penyisihan dari DKI Jakarta dijadikan evaluasi untuk berbenah sehingga bisa meraih hasil terbaik saat di babak empat besar.

“Melawan DKI Jakarta nanti, Lampung harus bisa membuat revans dan memenangkan pertandingan berapapun skornya. Saat ini yang dibenak kami hanya main dan menang. Tak ada yang lain,” tegas Yolly.

3. Mengenal page system pertandingan softball

Baseball dan Softball Lampung Semifinal, Ini Skema Lolos Final PONIlustrasi softball. (keloland.com)

Cabor softball ajang PON Papuan 2021 menerapkan page system empat tim peringkat terbaik. Tim Lampung akan melawan DKI Jakarta di babak empat besar, sementara Sulawesi Tenggara melawan Papua.

Pemenang Lampung versus DKI Jakarta otomatis lolos ke grand final. Sementara yang kalah, masih menunggu pemenang antara rangking ketiga melawan keempat, yakni Sultra versus Papua.

Pemenang Sultra versus Papua akan berhadapan dengan tim yang kalah antara DKI Jakarta dan Lampung. Pemenang partai ini akan bertarung kembali untuk memperebutkan medali emas di cabang Softball putra ini.

Alhasil, keempat tim putaran empat besar ini mempunyai peluang sama bisa merebut medali emas cabang olahraga ini.

4. Ternyata ada grand final dan final

Baseball dan Softball Lampung Semifinal, Ini Skema Lolos Final PONTim Softball putra Lampung jalani pertandingan perdana melawan Sultra di lapangan Universitas Cendrawasih Kota Jayapura, Papua, Rabu (22/9/2021). (Instagram.com/perbasasilampung).

Terkait hal itu, Yolly Maristo mengatakan, page system semua kemungkinan bisa terjadi. Tim pelatih Softball Lampung berharap seluruh pemain mengeluarkan semua kemampuan terbaiknya untuk babak ini.

“Kami sangat bangga bisa melangkah sejauh ini. Karena babak ini menggunakan page system, maka kita seluruh tim harus fokus ke sini,” jelasnya.

Yolly mengatakan, ada dua istilah cabor softball yakni final dan grand final. “Pada babak grand final ini akan diperebutkan juara satu, dan pada babak final itu akan diperebutkan juara tiga atau medali perunggu,” katanya.

Baca Juga: Menakar Peluang Softball dan Baseball Lampung Raih Medali PON Papua

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya