Punya Karya Seni Rupa di Rumah? Kirim Ke Pameran Perupa Lampung Saja!

Ada pameran dari seniman Lampung Anshori Djausal, lho

Bandar Lampung, IDN Times - Pameran seni rupa memang sudah sering kita lihat, tapi pernahkah karya lukisan atau gambarmu menjadi salah satu karya seni yang dipajang dalam pameran?

Dewan Kesenian Lampung kini mengajak seluruh masyarakat berdomisili Lampung untuk ikut berpartisipasi menjadi perupa dalam Pameran Bersama Perupa Lampung 2022.

Jika kamu punya karya seni di rumah, jangan biarkan tergeletak disudut ruangan saja! Lebih baik kamu kirimkan karyamu ke pameran ini! Karena pameran se-Lampung ini terbuka untuk siswa, mahasiswa, dan umum.

1. Syarat dan ketentuan

Punya Karya Seni Rupa di Rumah? Kirim Ke Pameran Perupa Lampung Saja!Gedung Dewan Kesenian Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Syarat untuk mengikuti pameran bersama ini cukup mudah, selama kamu berdomisili di Lampung. Tema pameran adalah “Mengobarkan Semangat Berseni Rupa”.

Karya berupa lukisan, drawing, cat air, atau komik dengan tahun pembuatan tidak lebih dari 5 tahun. Setiap perupa boleh mengirimkan sampai paling banyak 3 karya dengan ukuran minimal 50x60 cm dan paling besar 1x1,5 m.

“Dan medianya bebas seperti kertas HVS itu boleh, kanvas malah lebih bagus. Nanti juga tidak ada seleksi dari kurator seperti pameran nasional. Dari kami hanya akan menyeleksinya dari segi etika saja, kalau mengandung SARA itu tidak boleh,” kata Toni, salah satu panitia Pameran Bersama Perupa Lampung.

Baca Juga: Nasib Pilu PPPK Balam, Sudah Terima SK Tapi Baru Digaji November 2022

2. Pendaftaran gratis

Punya Karya Seni Rupa di Rumah? Kirim Ke Pameran Perupa Lampung Saja!Pasar Seni dan Kreatif PKOR. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Jika kamu ingin bergabung dalam pameran ini, maka kamu wajib mendaftar terlebih dahulu di google form daftar Pameran Bersama Perupa Lampung setelah itu kamu dapat mengirimkan karyamu. Baik pengisian data dan pengiriman karya maksimal 31 Agustus 2022.

“Karyanya boleh dikirimkan langsung ke Gedung Dewan Kesenian Lampung di PKOR Wayhalim Bandar Lampung, atau jika jauh bisa kirim lewat paket,” jelasnya.

Karya yang dikirimkan juga harus siap pajang dan memenuhi kaidah estetika. Nantinya, jika gambarmu berhasil minat kolektor dan dibeli, fee karya akan masuk ke kantongmu setelah dipotong 15 persen untuk panitia.

3. Pameran dilaksanakan 9 hari

Punya Karya Seni Rupa di Rumah? Kirim Ke Pameran Perupa Lampung Saja!Lukisan di Pasar Seni dan Kreatif PKOR. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Pameran karya bersama akan dilaksanakan selama 9 hari yaitu 17-25 September 2022. Pameran ini akan dilaksanakan di gedung lobi Dewan Kesenian Lampung. Nantinya, pameran ini juga akan tersedia katalog (terbatas), e-katalog, dan tentunya sertifikat.

Selain itu pameran ini bukan menjadi satu-satunya karena bakal ada pameran tunggal dari seniman senior Lampung, Anshori Djausal. Lalu ada berbagai macam kegiatan lain seperti camping art, workshop, lomba melukis/kreasi, dan bazaar lukisan dan craft.

"Pembukaan (acara) kemungkinan 17 September 2022, sedangkan rundown untuk acara lainnya akan menyusul kami diberitahukan," katanya.

4. Syarat mengikuti bazaar

Punya Karya Seni Rupa di Rumah? Kirim Ke Pameran Perupa Lampung Saja!Karya seni di Pasar Seni dan Kreatif PKOR. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Bazaar lukisan dan craft boleh berupa lukisan bursa, kerajinan/craft, tote bag, souvenir, lukisan potret instan, dan lainnya. Harga pun diserahkan pada peserta bazaar dengan potongan 15 persen untuk panitia.

“Nanti dari panitia disediakan tenda ukuran 3x4m di halaman gedung DKL. Letak peserta juga nanti kami yang aturkan. Jadi peserta nanti kita berikan tahu lokasinya dan tinggal nyusun karya saja,” imbuhnya.

Sama seperti karya pameran, barang pada bazaar juga harus telah layak jual. Jika kamu mau ikut bazaar di pameran ini bisa mengisi tautan di sini: google form untuk Bazaar Lukisan dan Craft.

Baca Juga: 5 Petshop di Lampung Unik dan Antimainstream!

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya