Comscore Tracker

Peserta Lolos SBMPTN Unila & Itera Diminta Proaktif Periode Registrasi

Ingat! Tidak registrasi batal jadi mahasiswa baru PTN

Bandar Lampung, IDN Times – Peserta yang lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 saat pengumuman 14 Agustus lalu pukul 15.00 WIB diminta memerhatikan beberapa hal. Itu terkait proses administrasi yang harus dilalui pascadinyatakan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Universitas Lampung (Unila) dan Institut Teknologi Sumatera (Itera).

Humas Penerimaan Mahasiswa Baru Unila, M Komarudin, menjelaskan peserta yang dinyatakan lolos SBMPTN 2020 diwajibkan mengisi data pokok mahasiswa untuk menentukan uang kuliah tunggal mulai tanggal 19-31 Agustus 2020. Pengisian melalui situs sidakma.unila.ac.id. "Selain itu, peserta KIP-Kuliah yang lulus melalui jalur tes serupa, wajib mengirimkan berkas pada tanggal 15-25 Agustus 2020 melalui pos," ujarnya, Sabtu (15/8/2020).

Pengiriman via pos ditujukan pengelola KIP Kuliah, Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Gedung Rektorat Lantai 1 Universitas Lampung, Jalan Soemantri Bojonegoro Nomor 1 Bandar Lampung 35145. Berkas yang harus dikirim dapat di lihat di laman bak.unila.ac.id, dan call center KIP Kuliah di nomor 082371141094.

1. Tidak registrasi batal jadi mahasiswa Unila

Peserta Lolos SBMPTN Unila & Itera Diminta Proaktif Periode RegistrasiGedung Rektorat Universitas Lampung (Unila). (IDN Times/Istimewa)

Humas Penerimaan Mahasiswa Baru Unila, M Komarudin, menyatakan, peserta yang lolos SBMPTN hingga 19 September 2020 tidak melakukan registrasi atau gagal registrasi seperti tidak dapat mengunduh KTM sementara, maka hak untuk menjadi mahasiswa Unila dibatalkan. Ia menilai, sangat penting bagi calon mahasiswa selalu update informasi terkait prosedur registrasi, informasi selalu kami sampaikan di situs Unila mulai dari unila.ac.id; bak.unila.ac.id; dan simanila.unila.ac.id.

Ia menambahkan, registrasi mahasiswa baru dilaksanakan 10-19 September 2020 melalui laman registrasi.unila.ac.id. Peserta yang dinyatakan berhasil daftar ulang apabila sudah mengunduh kartu tanda mahasiswa sementara dari laman tersebut. Khusus bagi peserta yang lulus pada fakultas kedokteran, wajib mengirimkan persyaratan penerimaan berupa surat hasil tes kesehatan dan bebas buta warna dari instansi yang berwenang. Berkas lainnya surat hasil tes kejiwaan atau minnesota multiphasic personality inventory (MMPI) dari instansi yang berwenang.

Terkait besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT), Komarudin mengatakan, pengumuman digelar 8 September 2020 pada akun masing-masing calon mahasiswa baru. Calon mahasiswa dapat mengakses laman sidakma.unila.ac.id. Selanjutnya, pembayaran UKT dapat dilakukan 10- 18 September 2020 pada bank yang telah ditentukan.

Baca Juga: Hei Gen Z, Itera Buka Prodi Baru S1 Teknik Perkeretaapian, Mau Daftar?

2. Calon mahasiswa baru diminta proaktif proses registrasi di Itera

Peserta Lolos SBMPTN Unila & Itera Diminta Proaktif Periode RegistrasiInstitut Teknologi Sumatera (Itera). (IDN Times/Istimewa)

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Itera Irfanianta Arif Setiawan, S.Farm., M.Sc., Apt, menjelaskan, para calon mahasiswa dinyatakan lulus SBMPTN, harus melakukan registrasi Data Induk Mahasiswa (DIM) melalui laman dim.itera.ac.id. Registrasi dimulai 16-19 Agustus. Kemudian dilanjutkan membayar uang kuliah tunggal (UKT) dan menjalani verifikasi berkas fisik untuk dapat terdaftar ulang serta mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa Itera.

Ia mengimbau, para calon mahasiswa baru harap proaktif memperhatikan alur dan tanggal-tanggal penting SBMPTN melalui website resmi pmb.itera.ac.id. Tujuannya, agar tidak ada informasi kegiatan yang terlewat.

“Kami juga meminta  para peserta yang lolos SBMPTN di Itera segera melengkapi berkas dokumen sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan. Jika menemui kendala atau terdapat hal yang perlu ditanyakan dapat menghubungi helpdesk atau pusat bantuan penerimaan mahasiswa Itera melalui website PMB Itera,” jelas Arif.

3. Unila terima 3.311 mahasiswa jalur SBMPTN 2020

Peserta Lolos SBMPTN Unila & Itera Diminta Proaktif Periode RegistrasiPengumuman SBMPTN 2020 (Twitter.com/ltmptofficial)

Calon mahasiswa baru Institut Teknologi Sumatera (Itera) jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang lolos sebanyak 3.064 orang.  Sedangkan Unila, menerima 3.311 mahasiswa jalur SBMPTN 2020.

Wakil Rektor Bidang Akademik Itera, Prof Mitra Djamal, menjelaskan, 3.064 calon mahasiswa yang diterima  tersebar di 34 program studi yang dibuka Itera pada jalur SBMPTN. Termasuk tiga program studi terbaru yaitu Teknik Biomedis, Sains Lingkungan dan Kelautan, serta Prodi Sains Data.

Menurutnya, para peserta telah mengikuti seleksi yang cukup ketat, dan bersaing dengan 8.719 pendaftar lainnya. “Selamat kepada para peserta yang dinyatakan lolos dan segera gikuti tahapan selanjutnya sesuai jadwal,” katanya.

Baca Juga: Wow, Lulusan Unila Mencapai 110.819 Orang!

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya