TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Mirza Djausal, Eks Anggota DPRD Kini Hijrah jadi Cagub Lampung

Lahir 44 tahun silam di Kotabumi Lampura, dulu pengusaha

Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, Rahmat Mirzani Djausal - Jihan Nurlela saat konferensi pers usai pendaftaran di KPU Lampung, Kamis (29/8/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Intinya Sih...

  • Rahmat Mirzani Djausal resmi mendaftar ke KPU Provinsi Lampung sebagai calon gubernur, berpasangan dengan dr. Jihan Nurlela.
  • Mirza diusung dan didukung 9 gabungan partai politik, serta memiliki rekam jejak politik yang panjang sejak duduk di bangku perkuliahan.
  • Selain aktif dalam dunia politik, Mirza juga sukses memimpin Persatuan Baseball dan Softball Indonesia (Perbasasi) Lampung periode 2012-2022 serta menjadi Ketua Umum Persatuan Golf Indonesia (PGI) Lampung periode 2023-2027.

Bandar Lampung, IDN Times - Rahmat Mirzani Djausal, satu dari dua calon gubernur Lampung telah resmi mendaftar ke KPU Provinsi Lampung. Mirza, sapaan akrabnya, berlaga di kontestasi Pilkada Lampung 2024 berpasangan dengan Calon Wakil Gubernur dr. Jihan Nurlela.

Pencalonan Mirza dan Jihan diusung dan didukung 9 gabungan partai politik (Parpol) meliputi PKB, Gerindra, Golkar, NasDem, PKS, PAN, Demokrat, PSI dan Partai Buruh. Koalisi ini menamakan diri sebagai "Koalisi Lampung Maju".

Lantas siapa sosok Rahmat Mirzani Djausal? Bagaimana rekam jejak politiknya? Berapa harta kekayaan Mirza? Melalui artikel ini akan mengulas lebih dalam

1. Anak dari pengusaha konstruksi besar sekaligus Ketua TKD Prabowo-Gibran

Bakal Calon Gubernur Lampung dan Wakil Gubernur Lampung, Rahmat Mirza Djausal dan Jihan Nurlela menggelar media gathering bersama awak media. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Rahmat Mirzani Djausal lahir di Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara 18 Maret 1980. Mirza merupakan putra pertama pasangan suami istri Faisol Djausal dan Yurtati.

Sang ayah diketahui pengusaha besar di bidang konstruksi alias kontraktor, sekaligus Ketua Tim Kemenangan Lampung Prabowo-Gibran semasa Pilpres 2024. Mirza menikahi seorang perempuan bernama Purnama Wulan Sari.

Keduanya kini telah dikaruniai tiga anak M Rafi Djausal, Rahmat Rasya Djausal, dan M Riffat Djausal. Masa kecil Mirza banyak dihabiskan di kampung halamannya Kotabumi, Lampung Utara.

Ia menempuh jenjang pendidikan SD Teladan Kotabumi dan SMPN 5 Kotabumi. Memasuki jenjang pendidikan sekolah atas, ia baru bertolak ke Bandar Lampung dan menjadi siswa di SMAN 2 Bandar Lampung.

Mirza melanjutkan jenjang pendidikan perguruan tinggi di Teknik Mesin pada Universitas Trisakti dan berhasil merengkuh gelar Strata-1 (S1) pada 2005. Lalu dirinya mengambil gelar Strata 2 (S2) di Universitas Lampung pada prodi Magister Manajemen lulus 2012 lalu.

Baca Juga: Eks Wagub Lampung Bachtiar Basri Didapuk Ketua Pemenangan Mirza-Jihan

2. Karier politik berawal dari Anggota DPRD Lampung

Bakal calon Gubernur Lampung, Rahmat Mirzani Djausal. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Kiprah politik Mirza diakui telah dimulai sejak duduk di bangku perkuliahan tergabung dalam berbagai organisasi. Pascamengantongi gelar sarjana, ia turut berkecimpung di banyak organisasi mulai HIPMI, KNPI, HKTI, Kadin, PP-Persatuan Insinyur Indonesia, hingga bergabung ke Partai Gerindra.

Bersama Gerindra, Mirza menapaki awal karier politik dengan mencalonkan diri Caleg DPRD Provinsi Lampung Dapil 1 Bandar Lampung pada Pileg 2019. Ia berhasil terpilih dan dipercaya sebagai Ketua Fraksi Gerindra dan duduk di Komisi V DPRD Provinsi Lampung.

Sejak saat itu, perjalanan karier politik Mirza terus meroket. Terlebih, sejak dirinya ditetapkan menjadi Ketua DPD Gerindra Lampung pada Maret 2022. Sejak saat itu, nama Mirza terus mendapatkan sorotan oleh publik

Di masa Pileg 2024, Mirza kembali maju di dapil yang sama dan kembali terpilih sebagai Anggota DPRD Lampung 2024-2029. Kemudian memilih mengundurkan diri dan tidak mengikuti pelantikan setelah memastikan diri menjadi calon gubernur Lampung di Pilkada 2024.

3. Aktif menggeluti organisasi olahraga

Ketua DPD Gerindra Lampung, Rahmat Mirzani Djausal. (Instagram/@gerindralampung).

Selain bergelut di dunia politik, Mirza juga aktif dalam dunia olahraga. Ia adalah Ketua Umum Persatuan Baseball dan Softball Indonesia (Perbasasi) Lampung periode 2012-2022. Di masa kepemimpinannya, Mirza sukses memoles prestasi olahraga Baseball dan Softball Lampung di level nasional.

Di tingkat nasional, cabang olahraga baseball dan softball Lampung tak pernah lepas menjadi langganan finalis Pekan Olahraga Nasional (PON). Mulai dari PON 2012 di Riau, PON 2016 Jawa Barat, hingga PON 2021 Papua, cabang baseball Lampung selalu sukses melangkah ke final.

Puncaknya, tim Softball Lampung sukses mendulang medali emas pada PON 2021 di Papua. Sukses di Perbasasi, Mirza kini menjadi Ketua Umum Persatuan Golf Indonesia (PGI) Lampung periode 2023-2027.

Berita Terkini Lainnya