Dies Natalis Unila Ke 59, Kirab Bendera Merah Putih Terpanjang

3.000 mahasiswa usung 2.500 Meter bendera merah putih

Intinya Sih...

  • 3.000 mahasiswa Unila membawa Bendera Merah Putih sepanjang 2.500 meter dalam kirab kebangsaan Dies Natalis Universitas Lampung (Unila) ke-59.
  • Kirab merah putih dianggap sebagai simbol persatuan dan kebanggaan nasional, dengan tema "Pentingnya Persatuan dan Kesatuan dalam Membangun Bangsa yang Kuat dan Berdaya Saing".
  • Seminar Unila Kampus Bela Negara dihadiri Letkol Tituler Deddy Corbuzier sebagai pembicara utama, menekankan peran generasi muda dalam mempertahankan kedaulatan bangsa melalui pendidikan bela negara.

Bandar Lampung, IDN Times -Dies Natalis Universitas Lampung (Unila) ke-59 kembali mengadakan kirab kebangsaan. Sebanyak 3.000 mahasiswa berjalan mengelilingi kampus membawa Bendera Merah Putih sepanjang 2.500 meter.

Kemeriahan dan semangat para peserta kirab menggetarkan area kampus, mereka membawa bendera merah putih sembari diiringi marching band menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.

"Kirab bendera ini diusung oleh seluruh mahasiswa dan akademika. Ini kirab merah putih terpanjang, karena tahun lalu itu 2.000 meter, kalau tahun ini lebih banyak yang mengusung jadi benderanya lebih panjang sekitar 2,5 meter," kata Rektor Unila, Prof. Lusmeilia Afriani, Kamis (19/9/2024).

Baca Juga: Teknologi Aqtiadta, Inovasi Mahasiswa Unila untuk Nelayan Tangkap Ikan

1. Ajak generasi muda tanamkan cinta bangsa

Dies Natalis Unila Ke 59, Kirab Bendera Merah Putih TerpanjangPembukaan Kirab Merah Putih Dies Natalis Unila ke-59 (instagram/bem.unila)

Mengusung tema kirab "Pentingnya Persatuan dan Kesatuan dalam Membangun Bangsa yang Kuat dan Berdaya Saing" Rektor Unila menganggap kirab merah putih sebagai simbol persatuan dan kebanggaan nasional.

"Kami ingin mengajak kita semua, khususnya generasi muda terus menanamkan cinta dan kebanggaan pada bangsa Indonesia," kata rektor perempuan pertama Unila itu.

2. Usai kirab mahasiswa diajak seminar bela negara

Dies Natalis Unila Ke 59, Kirab Bendera Merah Putih TerpanjangPotret Kirab Merah Putih Dies Natalis Unila ke-59 (instagram/bem.unila)

Usai menggelar kirab merah putih, acara Dies Natalis Unila dilanjutkan Seminar Unila Kampus Bela Negara di GSG Unila. Seminar menghadirkan Letkol Tituler Deddy Corbuzier sebagai pembicara utama, dengan topik sentral mengenai peran generasi muda dalam mempertahankan kedaulatan bangsa melalui pendidikan bela negara.

"Unila berkomitmen untuk terus mendorong partisipasi aktif generasi muda dalam menjaga kelestarian bangsa melalui pendidikan dan pelatihan karakter," ujarnya.

Ia berharap, acara tersebut menjadi salah satu langkah penting dalam membentuk mahasiswa yang berintegritas, berwawasan kebangsaan, serta siap menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks. 

3. Hadirkan Deddy Corbuzier dan Kemenhan

Dies Natalis Unila Ke 59, Kirab Bendera Merah Putih TerpanjangPembukaan Kirab Merah Putih Dies Natalis Unila ke-59 (instagram/bem.unila)

Menurut rektor, seminar ini juga menjadi wadah diskusi bagi para mahasiswa untuk memahami lebih lanjut mengenai kontribusi mereka terhadap negara.

Seminar diawali dengan Rektor Unila serta Direktur Bela Negara dari Kementerian Pertahanan, yang menekankan pentingnya kesadaran bela negara di kalangan mahasiswa.

Letkol Deddy Corbuzier juga akan menyampaikan materi terkait pentingnya mempersiapkan diri, baik secara fisik maupun mental, untuk menghadapi tantangan global yang mengancam stabilitas negara.

Baca Juga: Menuju PTN-BH 2024, Unila Terapkan SOP Pengelolaan Limbah B3 Kampus

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya