TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Libur Maulid Nabi 2024, Penumpang Pelabuhan Bakauheni Naik 30 Persen

Didominasi penumpang dalam kendaraan

Suasana H+3 arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Minggu (14/4/2024). (IDN Times/ Martin L Tobing).

Intinya Sih...

  • Penumpang dan kendaraan meningkat 30% selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW 2024.
  • Mayoritas penumpang melakukan aktivitas penyeberangan dalam kendaraan, dengan jumlah mencapai 22-39 ribu per hari.
  • Pelayanan di pelabuhan tetap berjalan baik dan lancar, tanpa antrean panjang selama periode libur panjang tersebut.

Lampung Selatan, IDN Times - ASDP Cabang Bakauheni mencatat, penumpang dan kendaraan meningkat 30 persen selama periode libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW 2024.

Berdasarkan data produksi angkutan penyeberangan ASDP Cabang Bakauheni September 2024, tercatat sebanyak 96.220 penumpang melakukan aktivitas penyeberangan dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung menuju Pelabuhan Merak, Banten. Puncaknya, terjadi Senin (16/9/2024) dengan jumlah pergerakan 43.096 penumpang.

Sedangkan untuk arus kendaraan yang menyeberang di periode yang sama sebanyak 24.590 kendaraan, dengan kondisi puncak arus terjadi pada Senin (16/9/2024) sebanyak 11.080 kendaraan.

"Ya bila dilihat dari data hari biasanya kisaran 6 sampai 7 ribu, tetapi long weekend kemarin menjadi 11 ribu per hari. Peningkatan kira-kira 30 persen," ujar GM ASDP Bakauheni, Syamsudin dikonfirmasi, Selasa (17/9/2024).

Baca Juga: Diduga Sakit, ABK Meninggal di Atas Kapal Pelabuhan BBJ Bakauheni

1. Aktivitas penumpang didominasi dalam kendaraan

Kondisi lalu lintas di Pelabuhan Bakauheni pada H-4 Lebaran 2024. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Syamsudin menjelaskan, mayoritas penumpang melakukan aktivitas penyeberangan dari Pelabuhan Bakauheni menuju Merak di periode tersebut didominasi oleh penumpang dalam kendaraan, dibandingkan penumpang pejalan kaki.

"Untuk penumpang dalam kendaraan berkisar 22 sampai 39 ribu per hari, sedangkan penumpang pejalan kaki per harinya kisaran seribu hingga 3 ribu orang," terangnya.

2. Pastikan pelayanan penyeberangan selama libur panjang lancar

Kondisi lalu lintas di Pelabuhan Bakauheni pada H-4 Lebaran 2024. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Meski mengalami peningkatan aktivitas penyeberangan penumpang maupun kendaraan, Syamsudin memastikan, pelayanan di pelabuhan tetap berjalan dengan baik dan lancar selama periode libur panjang tersebut.

Para pengguna jasa penyeberangan di pelabuhan setempat, termasuk para penumpang dalam kendaraan tidak menemukan antrean panjang.

"Alhamdulillah, aktivitas pelabuhan kemarin aman lancar dan terkendali dengan baik, semuanya beraktivitas normal," ucap dia.

Berita Terkini Lainnya