TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lampung Mulai Diguyur Hujan, Ternyata Begini Penjelasan BMKG

Awal musim penghujan diprediksi akhir September-awal Oktober

Suasana hujan di Kota Makkah, Senin (17/6/2024). IDN Times/Faiz Nashrillah

Bandar Lampung, IDN Times - BMKG Stasiun Klimatologi Lampung memprediksi Provinsi Lampung baru memasuki musim penghujan akhir September atau awal Oktober 2024 meski sebagian besar wilayah Lampung beberapa hari ini telah terakhir diguyur hujan.

Kepala Stasiun Klimatologi Lampung, Indra Purna mengatakan, kondisi hujan melanda Provinsi Lampung terjadi beberapa hari terakhir lantaran memasuki kondisi periode peralihan atau pancaroba dari musim kemarau menuju hujan.

"Kondisi sekarang ini memang biasanya hujan beberapa hari disertai angin kencang. Tapi untuk Lampung diprediksi awal musim hujan pada akhir September atau awal Oktober 2024," ujarnya dikonfirmasi, Rabu (11/9/2024).

Baca Juga: Atlet Muaythai Sumbang Emas ke-9 Kontingen Lampung PON 2024 

1. Hujan tidak berlangsung lama

Meski terjadi intensitas hujan, Indra Purna melanjutkan, kondisi cuaca tersebut tidak berlangsung lama, sebab, Provinsi Lampung sebagian besar masih dalam kondisi cuaca kemarau.

"Benar, namun nanti biasanya tidak hujan selama beberapa hari, karena kemarau basah jadi ada suatu ketika hujan turun," ujarnya.

2. Imbau masyarakat waspada dan tak terkecoh

Petani padi di Banyuasin terima pendampingan (Dok. PT WPI)

Seiring masa pancaroba ini, Indra mengimbau masyarakat Lampung untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi cuaca selama periode peralihan atau pancaroba. Terutama angin kencang bisa terjadi di wilayah lokal atau tidak mencakup luas.

Selain itu, para petani diminta tidak terkecoh dengan kondisi hujan beberapa hari terakhir. "Kami ingatkan, biasanya cuaca seperti ini akan diikuti oleh beberapa hari tidak hujan dan curah hujan yang terjadi beberapa hari ini masih dalam kategori rendah," ucapnya.

Berita Terkini Lainnya