TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Diduga Sakit, ABK Meninggal di Atas Kapal Pelabuhan BBJ Bakauheni

Jenazah korban dievakuasi ke RS Bob Bazar Kalianda

Proses evakuasi jenazah korban Giyatno dari atas Kapal JNW di Pelabuhan BBJ Bakauheni. (Dok. Polres Lampung Selatan).

Intinya Sih...

  • Anak buah kapal (ABK) ditemukan meninggal dunia di kamar ABK Kapal JNW di Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Lampung Selatan.
  • Korban Giyatno (53) warga asal Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, diduga sakit dan dievakuasi ke RS Bob Bazar Kalianda untuk dilakukan visum.
  • Pihak kepolisian memastikan prosedur evakuasi dan investigasi berjalan lancar serta berkoordinasi dengan keluarga korban.

Lampung Seletan, IDN Times - Seorang anak buah kapal (ABK) ditemukan meninggal dunia dalam kamar ABK Kapal JNW di Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ), Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Pria tersebut meninggal akibat sakit.

Korban Giyatno (53) warga asal Desa Gedong, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Ia merupakan Masinis III di Kapal JNW tersebut.

"Benar, kepolisian bersama pihak kesehatan telah melakukan evakuasi korban Giyatno dan memastikan prosedur berjalan sesuai protokol. Korban diduga sakit," ujar Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah Astutik, Senin (16/9/2024).

Baca Juga: Dua Kecamatan Bandar Lampung Dibidik Tempat Wisata dan Industri Laut

1. Korban sempat terlihat masuk kamar setelah bertugas

Berdasarkan keterangan saksi rekan korban sesama ABK, Umi menjelaskan, saksi Hadi Ismari sempat melihat korban masuk ke kamar setelah menjalankan tugasnya sebagai Masinis III kapal, tepatnya ketika kapal bersandar di Pelabuhan BBJ sekitar pukul 10.40 WIB.

Kemudian saksi Hadi berusaha membangunkan korban Giyanto, namun tidak memberikan respons. Khawatir akan kondisi korban tersebut, Hadi segera memanggil rekan saksi lainnya Viki Alwi untuk melihat keadaan korban.

"Saksi melaporkan kejadian tersebut kepada Mualim I kapal yang kemudian menghubungi pihak pelabuhan. Polisi dan petugas kesehatan langsung dikerahkan ke lokasi," ungkap kabid humas.

2. Polisi evakuasi korban ke RS Bob Bazar

Setibanya di lokasi kejadian, Umi melanjutkan, Polsek Bakauheni segera mengamankan Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan berkoordinasi dengan pihak kesehatan pelabuhan, untuk memastikan langkah-langkah medis yang dibutuhkan.

"Setelah memeriksa kondisi korban, jenazah langsung dibawa ke RS Bob Bazar Kalianda, agar dilakukan visum guna mengetahui penyebab pasti kematian," jelas Umi.

Kepolisian juga telah menghubungi pihak keluarga korban ihwal meninggalnya Giyatno. "Sudah diberitahu mengenai kejadian ini dan tengah dalam proses untuk dihubungi lebih lanjut," sambungnya.

Berita Terkini Lainnya