TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jelang Akhir 2023 Pemkot Baru Terima DBH PKB saja dari Pemprov Lampung

Pemkot Bandar Lampung tak pernah terima SK DBH di awal

Ilustrasi dana bagi hasil. (Pinterest)

Bandar Lampung, IDN Times - Sudah mendekati akhir 2023, Pemerintah Provinsi Lampung baru menyerahkan Dana Bagi Hasil milik Pemerintah Kota Bandar Lampung dari pajak kendaraan bermotor saja.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Bandar Lampung, Muhammad Nur Ramdhan, Minggu (22/10/2023).

“Sampai minggu lalu belum ada yang disalurkan sama sekali. Padahal ini sudah akhir tahun jadi seharusnya yang sudah masuk sampai triwulan ketiga. Ini kemarin baru masuk ke kami sebagian,” kata Ramdhan.

Baca Juga: Sosok Wanita Sipil Diduga Terlibat Pencurian Mobil Dilakukan 2 Polisi

1. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, DBH PKB 2023 hanya Rp8 miliar

Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Ramdhan menyampaikan, DBH itu jenisnya ada banyak sekali. Namun pembayaran DBH oleh Pemprov Lampung per 20 Oktober 2023 tersebut hanya pembayaran DBH untuk pajak kendaraan bermotor (PKB) saja.

“DBH itu kan ada banyak macamnya, tapi yang baru dibayarkan itu baru PKB saja, 8 miliar. Kalau mau dibandingkan dengan yang kemarin-kemarin ya cukup kecil ya karena biasanya sih 20 M-an,” ujarnya.

Diketahui sumber-sumber DBH di antaranya adalah Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), pajak bawah tanah, pajak rokok, dan sebagainya.

2. SK DBH selalu keluar saat atau setelah pencairan dilakukan

Kepala BPKAD Bandar Lampung, M Ramdhan. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Ramdhan mengatakan, pihaknya selalu tak pernah menerima SK DBH sebelum pembayaran dilakukan. SK tersebut biasanya akan keluar bersamaan atau setelah pencairan DBH.

“Masalahnya kita tidak pernah terima SK kewajiban provinsi untuk bayar ke kita. Jadi gak tahu nilainya. Kayak gini nih kalau (uangnya) sudah keluar 8 M baru nanti dia keluarin SK 8 M gitu,” jelasnya.

Ramdan menyampaikan, pihaknya pernah mempertanyakan kendala apa sehingga DBH tersebut tak kunjung di bayarkan, namun pihak pemprov hanya menjawab dengan pernyataan tak berarti.

“Pernah lah nanya, tapi mereka bilangnya iya nanti disalurin. Gitu terus dan sampai sekarang gak jelas kendalanya apa,” katanya.

Baca Juga: Istri Kerja di Jawa Suami Malah Menikah Lagi, Berujung Rumah Dibakar

Berita Terkini Lainnya